Senin, November 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

10 Penyebab Jerawat Merah Yang Perlu Anda Ketahui

NettCyber.com | 10 Penyebab Jerawat Merah Yang Perlu Anda Ketahui. Kemerahan pada jerawat bukanlah luka, melainkan sebagai bentuk peradangan. Jerawat merah meradang diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel kulit. Di dalam pori-pori, sebelum bercampur dengan sel kulit mati, di mana ini menyebabkan penyumbatan pori-pori.

jerawat merah hd 2

Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berkembang, sedangkan sisa-sisa radikal bebas akan merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan warna kemerahan pada kulit Jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah ini tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat.

Penyebab Jerawat Merah Yang Perlu Anda Ketahui

1. Stress yang Berlebihan

Kondisi psikologis ternyata sangat mempengaruhi pertumbuhan jerawat di wajah lho. Misalnya seseorang yang sedang stress lebih rentan terkena jerawat. Pada kondisi ini, hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Salah satu penyebab jerawat merah muncul di wajah adalah pengaruh hormon. Nah, jika stress ini tidak kunjung reda, maka jangan heran pula jerawat tidak berhenti muncul di wajah.

2. Sinar Matahari

Buat Anda yang punya banyak aktivitas di luar ruangan, pasti kulitnya lebih mudah terserang jerawat. Anda pasti sudah tidak asing dengan bahaya sinar matahari untuk kulit, bukan? Inilah penyebab jerawat ada terus di wajah yang wajib untuk dihindari. Bahaya sinar matahari yang langsung mengenai kulit wajah bisa menimbulkan banyak masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, hingga penuaan dini. Cara mencegahnya adalah dengan menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit saat akan keluar rumah.

3. Faktor Keturunan

Kalau kulit Anda cenderung ditumbuhi jerawat merah yang parah, coba lihat anggota keluarga yang lain. Apa mereka juga punya kulit yang berjerawat? Apabila jawabannya adalah iya, berarti jerawat merah di wajah Anda disebabkan oleh faktor genetik. Lakukan langkah pencegahan dengan merawat wajah secara alami untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Merawat kulit secara rutin bisa menurunkan resiko jerawat tumbuh di wajah, lho.

4. Makanan Pedas

Apa yang Anda makan bisa membuat jerawat merah tumbuh di wajah. Ada jenis jenis makanan penyebab jerawat makin parah yang harus dihindari, termasuk makanan pedas. Rasa peda memang menjadi cita rasa tersendiri yang khas pada masakan Indonesia. Tetapi cabai yang menciptakan rasa pedas ternyata bisa merangsang produksi minyak wajah meningkat.

5. Makanan Berlemak

Satu lagi makanan penyebab jerawat meradang yang sebaiknya dihindari adalah makanan berlemak. Buat Anda yang suka gorengan, hentikan memakan makanan ini untuk sementara karena bisa membuat jerawat semakin parah. Sama halnya seperti makanan pedas, makanan berlemak bisa menyebabkan minyak di wajah menjadi semakin banyak.

6. Kosmetik

Tidak semua kosmetik yang Anda gunakan bersahabat untuk wajah. Ada kosmetik yang justru membuat jerawat di wajah bermunculan. Kenali ciri jerawat karena kosmetik yang hanya muncul saat Anda menggunakan kosmetik tertentu. Saat jerawat sedang tumbuh, hentikan penggunaan kosmetik agar kondisi kulit netral dan bisa fokus untuk menyembuhkan jerawat.

7. Memencet Jerawat

Banyak orang mengira jerawat akan cepat hilang dengan dipencet. Pemahaman ini tentu saja salah kaprah karena bisa membuat jerawat semakin parah dan bisa membuat jerawat semakin menyebar. Lakukan berbagai cara menghilangkan kebiasaan memencet jerawat sekarang juga. Semakin jerawat dipencet maka jerawat justru semakin parah dan meradang.

8. Jerawat Meradang

Salah satu ciri ciri jerawat meradang yang harus Anda ketahui adalah warnanya menjadi sangat merah. Pada fase ini pertumbuhan jerawat sedang mencapai puncaknya. Berbagai efek samping yang mungkin dirasakan saat jerawat meradang adalah kulit terasa nyeri dan menjadi lebih sensitif. Jangan memencet dan menyentuh jerawat yang sedang meradang karena akan membuat kondisinya menjadi lebih parah.

jerawat merah hd 1

9. Kulit Sensitif

Jika kulit Anda sensitif, maka kulit akan menjadi sangat merah saat ditumbuhi jerawat. Kulit yang sensitif biasanya cenderung lebih tipis sehingga mudah meradang saat berjerawat. Gunakan gel lidah buaya untuk mengurangi peradangan pada kulit serta meredakan kemerahannya. Gel lidah buaya bisa menenangkan kulit dan membuat kulit terasa dingin dan sejuk

10. Jerawat Berisi Darah

Jerawat yang tumbuh di wajah bisa berwarna merah karena terdapat darah merah di dalamnya. Darah tersebut adalah darah kotor yang berisi banyak bakteri. Lakukan cara mengatasi jerawat berdarah yang tepat agar jerawat bisa cepat sembuh.

Cara Mengatasi Jerawat Merah Pada Wajah

1. Salep Jerawat

Salep jerawat menjadi solusi yang paling cepat untuk menghilangkan jerawat merah di wajah. Pilih salep yang memiliki kandungan benzoil peroksida di dalamnya. Zat kimia tersebut akan melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Salep jerawat memiliki kadar benzoil peroksida yang berbeda-beda, tergantung dari tingkat parahnya jerawat di wajah. Jangan menggunakan salep ini sembarangan tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

cara mengatasi dan penyebab jerawat merah hd

2. Pelembab Wajah Berjerawat

Salah satu cara mengatasi jerawat merah yang tidak terduga adalah dengan pelembab khusus wajah berjerawat. Cara ini memang tidak efektif seperti salep jerawat, namun bisa membantu menjaga kesehatan kulit berjerawat. Kulit berjerawat cenderung mudah iritasi dan kering. Dengan menggunakan pelembab, kulit akan tetap ternutrisi meski sedang berjerawat.

3. Krim Penghilang Jerawat

Selain salep, krim khusus untuk menghilangkan jerawat juga bisa digunakan. Krim semacam ini biasanya ada dalam rangkaian skincare yang Anda gunakan. Cara ini sebenarnya cukup aman jika Anda berkonsultasi lebih dulu dengan ahlinya. Krim penghilang jerawat tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat saja, tetapi menyembuhkan tanpa meninggalkan bekas.

jerawat merah hd

4. Kompres Es Batu

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan es batu sudah terbukti keampuhannya. Suhu es batu yang dingin memang bisa menghentikan pertumbuhan bakteri yang ada di dalam jerawat. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Anda bisa membuat es batu dari madu atau air lemon untuk menambah manfaatnya.

5. Masker Jeruk Nipis

Karena jeruk nipis sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat, maka cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis secara alami banyak dilakukan. Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan mempunyai kadar asam yang tinggi. Tidak hanya menghilangkan jerawat merah, masker dari air jeruk nipis bisa mencerahkan wajah secara alami.

Demikian artikel tentang penyebab jerawat merah pada wajah. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.