Jumat, Agustus 23berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Sehat

NettCyber.com | Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut – Pada artikel berikut ini membahas mengenai manfaat lidah buaya. Tanaman lidah buaya sangat mudah di jumpai di wilayah Indonesia. Tanaman ini sudah akrab dan mudah untuk dikenali.

lidah buaya memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan perawatan tubuh. Selain itu manfaat lidah buaya ini sering digunakan sebagai alternative perawatan baik bagian luar tubuh maupun bagian dalam tubuh.

manfaat Lidah Buaya

A. Kandungan Gizi Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.  Dengan kandungan gizi yang sangat baik tentu tidak heran jika lidah buaya sering sekali menjadi bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh dan kesehatan.  Adapun kandungan gizi lidah buaya per 100 gramnya adalah sebagai berikut :

manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Kandungan gizi lidah buaya per 100 gram :

·      Energi4,00 kal
·      Protein0.10 g
·      Lemak0.20 g
·      Serat0.30 g
·      Abu0.10 g
·      Kalsium85.00 mg
·      Fosfor186.00 mg
·      Besi0.80 mg
·      Vitamin C3,476 mg
·      Vitamin A4,594 iu
·      Vitamin B 10,01 mg
·      Kadar Air99,20 g

Baca Juga : Klasifikasi Lidah Buaya dan Kandungan Nutrisi dan Gizi Lidah Buaya Lengkap

B. Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Pada dasarnya banyak sekali manfaat lidah buaya baik untuk kesehatan di dalam tubuh maupun untuk perawatan pada bagian luar tubuh.  Namun pada artikel ini yang akan dibahas adalah manfaat lidah buaya untuk rambut.

Ada beberapa manfaat lidah buaya yang sangat berguna bagi kesehatan dan perawatan rambut. Beberapa manfaat itu adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

lidah buaya mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam lidah buaya mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi.

Peran lidah buaya di sini adalah untuk menghilangkan/memecah sebum dan sel mati yang terdapat pada kulit kepala, dan memungkinkan untuk pertumbuhan rambut lebih lanjut. Sifat alkalizing lidah buaya dapat membantu membawa kulit kepala dan pH rambut ke tingkat yang lebih baik, sehingga proses pertumbuhan rambut dapat maksimal. Selain itu ia juga dapat membantu rambut menjaga air dan kelembaban.

2. Sebagai antipruritus pada kulit kepala dan rambut

Anti-pruritus adalah suatu sifat yagn dapat meringankan gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi dalam kulit kepala. Penyakit Pruritus dapat terjadi pada kulit termasuk kulit kepala tentunya. Psoriasis adalah penyakit auto-imun ditandai dengan produksi yang berlebihan dari sel-sel kulit. Sifat enzimatik lidah buaya memungkinkan untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan. Herbal ini juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan lidah buaya menunjukkan perbaikan yang signifikan.

 3. Sebagai anti inflamasi/peradangan

Lidah Buaya merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga kulit kepala dari inflamasi atau peradangan terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala sensitif dan rentan terhadap iritasi. Ada berbagai zat yang dapat melakukan hal ini seperti Bradykinase, dan enzim analesgic anti-inflammatic, serta asam salisilat, yang merupakan senyawa aspirin, analgesik, dan anti-bakteri.

 4. Untuk mengurangi ketombe pada kulit kepala

Manfaat lidah buaya juga telah lama digunakan secara herbal oleh penduduk Indonesia untuk pengobatan ketombe. Ketombe mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti kulit mati yang telah kita informasikan pada poin kedua. Namun ada beberapa penyebab lain dari ketombe seperti terdapatnya Malassezia danjamur lemak makan yang dapat hidup pada kulit kepala. Lidah buaya selain menghilangkan sel-sel kulit mati, ia juga memiliki sifat anti-jamur. Hal ini karena jamur tumbuh subur di lingkungan asam, dan sifat alkalizing dari Aloe Vera akan menyebabkan jamur tidak dapat bertumbuh dengan baik

 5. Sebagai bahan conditioning

Gel Lidah Buaya  dapat digunakan untuk conditioning, manfaat lidah buaya untuk rambut adalah sebagai gel pendingin yang luar biasa. Zat seperti gel yang ada pada lidah buaya terdapat komposisi kimia yang mirip dari keratin, protein yang terjadi secara alami terdapat dalam sel-sel rambut.

 6. Untuk mencegah rambut rontok

Menggunakan Lidah Buaya  untuk shampo dan conditioner akan membantu menjaga kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok tentunya.

 7. Meredakan gatal pada kulit kepala

Manfaat lidah buaya lainnya untuk rambut dan kulit kepala adalah lidah buaya mampu meredakan gatal pada kulit kepala. Lidah buaya dapat digunakan untuk meringankan gatal dan kekeringan. Penyakit gatal pada kulit kepala termasuk masalah yang sangat menjengkelkan, seperti psoriasis dan eksim. Psoriasis adalah penyakit auto-imun yang ditandai dengan produksi sel kulit berlebihan. Sifat enzimatik Aloe Vera, memungkinkannya untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan.

Poduksi sel kulit berlebih adalah awal dari masalah Psoriasis (kulit bersisik karena radang), Aloe vera sangat berguna untuk menyelesaikan masalah ini. Aloe Vera dapat mengurangi kemerahan, kulit bersisik, gatal dan radang kulit kepala psoriasis.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80% dari pasien psoriasis diobati dengan Aloe Vera menunjukkan perbaikan.

8. Menambah kekuatan dan luster pada rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang sudah banyak dibuktikan secara turun temurun. Rambut yang hitam saja tidak cukup, tetapi rambut juga harus menunjukkan kilau alaminya sehingga terlihat sangat sehat dan tidak kusam.

 9. Penyeimbang pH pada kulit kepala

Manfaat Lidah Buaya untuk rambut salah satunya adalah sebagai penyeimbang Ph pada permukaan kulit rambut. Dengan seimbangnya Ph pada kulit kepala maka kulit kepala akan terasa dingin dan sehat dan kulit kepala akan terhindar dari kotombe.

 10. Manfaat Lidah Buaya membantu sirkulasi darah di kulit kepala

Lidah Buaya  juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang bekerja untuk merangsang produksi minyak pelembab. Minyak pelembab tersebut beguna untuk menyeimbangkan kelembaban kulit yang terlalu kering. Lidah Buaya  dapat membawa senasi menyegarkan dan dingin ke kulit kepala.

 11. Sebagai nutrisi untuk rambut dan kulit kepala

Manfaat Lidah Buaya untuk rambut dan kulit kepala adalah sebagai asupan nutrisi. Kandungan Nutrisi dan gizi lidah buaya yang sangat bermanfaat bagi rambut dan kepala membuat lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan sampho dan conditioner rambut serta juga sebagai bahan vitamin untuk rambut.

 12. Mencegah dan menghilangkan gatal dan ketombe

Manfaat lidah buaya bagi rambut yaitu dapat digunakan sebagai obat anti ketombe dan pencegah ketombe.  Seperti yang kita ketahui, aloe vera biasa digunakan untuk melembabkan kulit kering dari luka bakar cahaya matahari. Aloe vera dapat juga digunakan untuk melembabkan kulit kepala yang kering dan menghilangkan ketombe. Lidah buaya membantu mengobati kulit kepala yang terkelupas.

 13. Membantu rambut dalam menjaga kelembapan

Kandungan dalam lidah buaya bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada rambut. Dengan asupan nutrisi yang diberikan Lidah Buaya  pada rambut akan membuat rambut terjaga kelembapanya.