Kamis, Mei 23berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon

NettCyber.com | Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon. Jerawat karena hormon yang tidak seimbang pada pria maupun wanita menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. Ditambah dengan ketidak-tahuan cara menstabilkan hormon penyebab jerawat, menambah masalah semakin rumit.

cara mengatasi jerawat karena hormon hd

Sehingga banyak orang yang ingin mengurangi hormon yang tak stabil dengan membeli obat pengendali hormon secara sembarangan tanpa tahu komposisi dan kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab dari jerawat yang timbul karena hormon antara lain :

1. Keturunan

Faktor pertama menjadi penyebab dari timbulnya jerawat karena hormon adalah genetik. Faktor genetik terjadi karena pertalian darah yang masih sama dari ayah dan ibu. Jadi saat ayah dan ibu pernah memiliki riwayat jerawat, maka ini juga akan diwarisi oleh anaknya dan lebih beresiko dibandingkan anak yang tidak memiliki riwayat genetik dari orang tuanya pada masalah jerawat.

2. Bakteri

Faktor kedua dari timbulnya jerawat karena hormon adalah bakteri penyebab jerawat. Nama bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium acnesBakteri ini hidup pada kulit bagian atas dan senang dengan kulit yang tidak terjaga kebersihannya. Jika bakteri ini sudah terlibat dengan jerawat pada kulit, jerawat dapat bernanah dan menyebar kebagian kulit lainnya lebih cepat.

3. Stres

Faktor ketiga adalah stress yang berkaitan dengan kondisi jiwa seseorang. Beberapa penyebab stres dapat terjadi karena masaah ekonomi dan beban pekerjaan yang banyak. Stres membuat kulit memproduksi kelenjar minyak lebih banyak dari biasanya. Dan tentu ini dapat mengakibatkan pori pada wajah menjadi tersumbat sehingga ada baiknya untuk mencoba menghindari stres dan mengelola stres yang Anda alami.

4. Produksi minyak berlebihan

Keempat faktor penyebab jerawat karena hormon adalah minyak yang diproduksi oleh kulit yang bertujuan untuk melembapkan kulit. Namun karena terlalu banyak kulit wajah dapat sangat berminyak sekali dan meningkatkan resiko tumbuhnya jerawat pada wajah.

5. Debu

Terakhir faktor penyebab dari timbulnya jerawat adalah sebu yang bertebaran diudara. Debu memang mudah ditemui dimana saja baik itu didalam ruangan dan diluar ruangan. Namun debu yang menempel pada wajah memiliki resiko untuk menutupi pori-pori pada wajah dan memunculkan jerawat. Faktor penyebab jerawat karena hormon ini juga biasanya akan hilang setelah hormon didalam tubuh menjadi stabil.

Cara Mengatasi Jerawat Karena Hormon

Jerawat pada wajah dapat diatasi dengan cara yang tepat dengan menerapkan kebiasaan yang baik ini, akan ikut membuat kulit wajah menjadi baik. Berikut ini cara untuk mengatasi jerawat karena hormon antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membersihkan wajah dua kali sehari

Cara mengatasi jerawat karena hormon yang pertama adalah membersihkan wajah dua kali sehari. Wajah yang sudah dibersihkan akan melunturkan debu dan minyak yang berlebihan pada wajah. Ada baiknya jika kulit sedang berjerawat jangan terlalu sering untuk membersihkannya. Karena membersihkan wajah secara berlebihan dapat mengakibatkan wajah menjadi kering dan untuk mengatasi ini kulit memproduksi kelenjar minyak secara berlebihan. Jadi baiknya membersihkwan wajah pada pagi hari dan malam hari saja.

Baca Juga : Cara Mengempeskan Jerawat Yang Membengkak  

2. Pilih produk yang tepat

Bersihkan wajah dengan menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Sebelum membeli produk ada baiknya melihat kandungan yang terdapat didalam produk dan perhatikan juga masa habis dari suatu produk. Produk yang tepat merupakan cara kedua untuk mengatasi jerawat karena hormon. Produk pembersih untuk wajah berjerawat pilihlah yang tidak membuat wajah menjadi kering setelah mencuci wajah.Tapi produk yang membuat kulit tetap terasa berminyak namun bersih.

3. Kurangi makanan dengan lemak

Cara mengatasi jerawat karena hormon yang ketiga adalah kurangi makanan. Makanan yang wajib untuk dikurangi buka dihindari adalah makanan dengan kandunga lemak. Makanan tinggi lemak membuat kulit wajah memproduksi minyak secara berlebih. Namun di satu sisi menghindari makanan berlemak juga tidak baik karena lemak tetap diperlukan oleh tubuh. Disini perlu diatur takarannya saja jangan terlalu berlebihan. Contoh makanan dengan kandungan lemak yang tinggi adalah makanan dengan kandungan santan, jeroan dan junk food.

4. Minum air putih

Penelitian menyatakan bahwa minum air putih juga efektif untuk membantu mengatasi jerawat karena hormon pada wajah Anda. Minum air putih dianjurkan sebanyak delapam gelas setiap harinya. Air putih membantu untuk melembapkan kulit dan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh secara bertahap melalui urine. Air putih dikenal juga dengan air dokter karena manfaat dari air ini yang sangat baik bagi kesehatan karena tidak megandung zat kimia apapun. Jadi jangan ragu untuk minum air putih secukupnya untuk mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Pada laki Laki  Dan Penyebabnya

5. Minum teh hijau

Cara mengatasi jerawat karena hormon yang kelima adalah dengan minum teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan yang baik bagi kulit. Antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas yang teroksidasi diudara. Antioksidan juga dapat membantu mencegah datangnya keriput terlalu dini. Banyak yang percaya bahwa wanita-wanita cantik di China rutin mengonsumsi teh hijau setiap harinya untuk mendapatkan kulit yang sehat. Minum teh hijau juga dipercaya dapat mengatasi jerawat pada wajah.

Kalau Anda ingin mengonsumsi teh hijau baiknya minum teh hijau yang berupa matcha. Disini matcha adalah teh hijau yang sudah dijadikan sebagai bubuk sehingga lebih praktis saat akan dikonsumsi. Berbeda sekali dengan teh hijau yang masih berupa daunnya karena ini hanya memerlukan proses perendaman saja.

6. Harus Tidur cukup

Cara mengatasi jerawat karena hormon yang ketujuh adalah dengan tidur yang cukup. Tidur diperlukan oleh tubuh untuk mengistirahatkan seluruh anggota badan setelah beraktifitas seharian. Selain itu tidur pada malam hari merupakan hal yang tepat bagi kulit untuk melakukan regenerasi. Regenerasi kulit memiliki pengertian bahwa kulit mengalami pergantian sela kulit yang mati dengan sel kulit yang baru.

Dan jam yang paling efektif untuk regenerasi kulit adalah jam sepuluh malam, ada baiknya sebelum jam ini Anda sudah dalam kondisi terlelap. Agar proses regenerasi kulit dapat bekerja optimal dan hal ini mampu mengatasi jerawat dan bekas jerawat yang terdapat pada kulit Anda.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Jerawat Pada Pria Secara Alami 

7. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang melibatkan fisik untuk bergerak. Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah didalam tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat dan tampil awet muda. Olahraga yang dapat Anda lakukan dapat disesuaikan dengan hobi Anda. Contohnya bersepeda, berenang, berlari dan tread mill. Jika Anda malas untuk berolahraga sendirian sekarang ini sudah terdapat banyak tempat fitnes yang menawarkan kemudahan dalam berolahraga karena ada berbagai macam alat yang dapat Anda gunakan. Ditambah lagi ada juga instruktur yang akan membantu Anda jika mengalami kesulitan dalam melakukan fitnes. Jadi tidak ada lagi istilah untuk malas melakukan olahraga demi mendapatkan tubuh dan kulit yang sehat.

8. Mengkonsumsi buah

Cara mengatasi jerawat karena hormon yang kedelapan adalah dengan mengonsumsi buah. Buah mengandung antioksidan, vitamin c dan vitamin e yang baik untuk memberikan nutrisi bagi kulit. Selain itu buah juga membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Konsumsi buah dapat Anda lakukan satu jam sebelum makan atau satu jam sesudah makan. Waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah-buahan.

Untuk menghindari kebosanan dalam mengonsumsi buah secara rutin, Anda dapat membuat jus, sup buah dan mencampurkan buah dengan buah lainnya sehingga rasanya lebih enak dan lezat. Namun dalam membuat sup buah dan campuran buah pilih cara yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh.

9. Bahan alami

Cara terakhir untuk membantu mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami yang dapat digunakan bisa seperti masker timun, bengkuang, lidah buaya dan lemon. Bahan alami banyak dijadikan sebagai pilihan karena hampir tidak memiliki efek samping sama sekali untuk kulit. Disisi lain bahan alami yang digunakan mudah untuk didapatkan dan tidak membuat Anda harus mengeluarkan uang yang banyak.

Sekali lagi dalam mengatasi jerawat karena hormon semua cara tergantung pada pemilihan Anda. Terapkan pola hidup yang sehat sudah ikut berperan untuk menyehatkan kulit dan membantu Anda untuk mengatasi jerawat karena hormon. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.