Senin, November 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Masker Gelatin Komedo

Nettcyber.com | Cara menghilangkan Komedo dengan masker gelatin Komedo – pada artikel berikut ini akan mengulas mengenai cara menghilangkan komedo dengan masker gelatin komedo yang dapat dibuat sendiri dirumah, namun sebelum menjelaskan mengenai masker gelatin komedo ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa itu komedo? jenis komedo dan penyebab dari komedo. hal ini akan menambah wawasan kita mengenai cara menghilangkan komedo.

masker gelatin komedo

Apa Itu Komedo?

Kulit wajah merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari hari, terutama untuk para wanita, wajah merupakan sesuatu yang sangat diperhatikan. Wajah yang sehat dan berseri serta bebas dari jerawat dan komedo merupakan impian setiap wanita. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai komedo. Apa itu komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo serta cara mencegah komedo timbul di wajah silahkan simak artikel ini.

Pengertian Komedo

Penegertian komedo adalah benjolan (papula) yang kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam, komedo merupakan pori pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo termasuk kedalam jenis jerawat yang tergolong ringan yang pada umumnya muncul di wajah. Namun selain di wajah komedo juga dapat muncul di leher, dada, bahu lengan dan punggung.

Penyebab Komedo

Setelah mengetahui pengertian komedo dan apa itu komedo?. Maka berikutnya mengetahui penyebab komedo. Komedo timbul disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Disebabkan kulit atas komedo terbuka dan terpapar udara maka warna komedo tampak menjadi hitam.

Selain penyebab komedo secara umum diatas ada beberapa faktor berikut ini yang dapat memicu timbulnya komedo :

  1. Mengkonsumsi obata obatan tertentu seperti pil kb, Lithium dan steroid
  2. Kulit yang terlalu kering sebelum masa menstruasi yang disebabkan oleh pemakaian pelembab kulit atau berada pada keadaan cuaca yang lembab.
  3. Memakai produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang dapat memicu timbulnya komedo seperti, penggunaan cat rambut, gel rambut, dll
  4. Mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu timbulnya komedo seperti produk susu dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi / kandungan gula dan lemak tinggi
  5. Rontoknya folikel rambut dikarenakan cedera yang dapat disebabkan oleh memencet jerawat, efek samping dari penggunaan perawatan laser pada wajah dan efek samping dari chemical peerls ( teknik membersihkan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia).
  6. Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit juga dapat menjadi penyebab timbulnya komedo.
  7. Perubahan hormon, perubahan hormon juga dapat menjadi penyebab timbulnya komedo. perubahan hormon pada saat pubertas, menstruasi, ataupun stress berkepanjangan dapat memicu hormon androgen memproduksi banyak minyak di kelenjar sebasea yang akan menyebabkan risiko penyumbatan pori pori.
  8. Menumpuknya sel sel kulit mati pada permukaan kulit juga menjadi penyebab timbulnya komedo, hal ini disebabkan sel kulit mati tersebut menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.

 

Gejala komedo

Namun bagaimana mengetahui gejala dan tanda tanda dari komedo? Komedo dapat diteahui dengan Gejala timbulnya komedo berupa benjolan yang berukuran sangat kecil dan berwarna hitam pada permukaan kulit. Benjolan komedo ini mudah terlihat oleh mata. Pada umumnya komedo tidak terasa sakit disebabkan karena tidak terjadinya inflamasi, namun komedo juga dapat mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk denga tangan yang tidak steril.

 

Jenis Komedo

Ada beberapa jenis komedo yang perlu diketahui. jenis komedo ini pada umumnya sering dijumpai dan dialami. Mengetahui jenis komedo merupakan bagian awal untuk mengatasi komedo di wajah. Dengan mengenal jenis komedo maka nantinya akan mengetahui bagaimana cara mengatasi dan mencegah komedo. Adapun jenis komedo adalah sebagai berikut :

1. Komedo Terbuka (blackheads) / komedo hitam

Jenis komedo pertama adalah komedo terbuka (blackheads) atau juga sering disebut komedo hitam. apa itu Komedo Terbuka (blackhead) / komedo hitam? Komedo Terbuka (Blackhead) / komedo hitam adalah benjolan (papula) yang disebabkan oleh pori pori yang tersumbat dengan terbuka dan teroksidasi oleh udara maka akan membuat warna komedo menjadi hitam serta folikel kulit yang membesar disebabkan oleh sebum dan penumpukan sel kulit mati

2. Komedo Tertutup ( Whiteheads) / komedo putih

Jenis komedo kedua adalah komedo tertutup (whiteheads) / komedo putih. apa itu Komedo tertutup (whiteheads) / komedo putih? Komedo tertutup (whiteheads) / komedo putih adalah benjolan (papula) yang disebabkan oleh pori pori yang tersumbat, letak komedo tertutup ini berada dibawah epidermis kulit sehingga tidak teroksidasi oleh udara maka warnanya putih. Pada umumnya bentuk komedo tertutup (whiteheads) adalah benjolan putih yang berukuran kecil dan meruncing.

3. MikroKomedo

Jenis Komedo berikutnya adalah mikrokomedo. apa itu mikrokomedo? Mikrokomedo adalah komedo yang berukuran sangat kecil dan pada umumnya tidak tampak oleh mata. Pada umumnya mikrokomedo terjadi sebelum terjadinya komedo terbuka dan komedo tertutup. Dengan sangat kecilnya mikro komedo ini maka mikrokomedo hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop.

4. MakroKomedo

Jenis komedo berikutnya adalah makrokomedo. apa itu makrokomedo? Makrokomedo adalah komedo yang besar dengan diameter rata rata 2-3 cm komedo ini sangat mudah terlihat di wajah disebabkan ukurannya yang besar.

5. Komedo Raksasa

Jenis komedo berikutnya adalah komedo raksasa. apa itu komedo raksasa? Komedo raksasa adalah komedo yang sejenis kista dimana terdapat ujung yang terbuka bewarna hitam diatasnya. Komedo rksasa ini juga berukuran besar seperti makrokomedo.

6. Komedo Solar

Jenis komedo terakir adalah komedo solar. apa itu komedo solar? Komedo solar adalah komedo yang pada umumya sering dijumpai pada pipi dan dagu lansia. Komedo solar ini dipercayai disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengenai bagian pipi dan dagu pada lansia umumnya.

 

Cara Menghilangkan Komedo dengan masker gelatin komedo

Gelatin mengandung Glycine, yang merupakan  1/3 dari asam amino berfungsi sebagai anti-inflamasi, mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Selain itu, gelatin juga dapat memberikan nutrisi dan mengencangkan kulit karena ada kandungan kolagen.

masker gelatin komedo hd

Saat ini sedang menjadi hangat diperbincangkan adalah menggunakan masker gelatin untuk mengangkat komedo atau menghilangkan komedo dengan masker gelatin komedo. nah bagaimana membuat masker gelatin komedo untuk mengangkat dan menghilangkan komedo? berikut ini adalah cara membuat masker gelatin komedo, sebelumnya persiapkan dahulu bahan bahan untuk membuat masker gelatin komedo. adapun bahan banhannya adalah :

  1. Bubuk gelatin
  2. 1 sendok teh bubuk gelatin
  3. 2 atau 3 sendok teh susu cair
  4. Air panas secukupnya, jangan terlalu banyak nanti tidak kental

Cara membuat masker gelatin komedo :

  1. Campurkan 1 sendok teh bubuk gelatin dengan 2 atau 3 sendok teh susu cair di dalam tempat yang anti panas.
  2. Aduk rata adonan masker gelatin komedo tersebut sampai rata dan berbentuk pasta
  3. Kemudian masukan adonan masker gelatin komedo tersebut kedalam microwave dan diamkan selama 5 – 10 menit.
  4. Kemudian setelah itu pastikan adonan masker gelatin komedo tidak terlalu panas untuk digunakan pada wajah, ada baiknya di coba rasa dulu di tangan.
  5. Setelah suhunya pas di wajah (tidak terlalu panas) Masker gelatin komedo siap digunakan.

 masker gelatin komedo hd 1

Nah demikian cara membuat masker gelatin komedo untuk menghilangkan komedo dan mengangkat komedo di wajah. Namun apabila tidak memiliki microwave untuk memanaskan adonan masker gelatin komedo tersebut dapat diganti dengan air panas. Caranya adalah adonan gelatin yang dicampur susu tadi dicampur dengan air panas dan diaduk perlahan. Dan perhatikan kekentalan adonan tersebut.

 

Mencegah Timbulnya Komedo

Setelah komedo berhasil diangkat pada wajah ada baiknya menjaga dan mencegah komedo timbul lagi pada wajah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah komedo timbul pada wajah antara lain adalah sebagai berikut :

1. Cara Mencegah Komedo dengan mencuci muka secara teratur

Cara mencegah komedo yang pertama adalah dengan mencuci muka secara teratur. Mencegah komedo dengan Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang menjadi penyebab komedo, terutama jika sebelumnya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan minyak yang tinggi. Makanan makanan yang mengandung minyak yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Dalam mencegah komedo dengan mencuci muka gunakanlah sabun yang ringa dan lembut, kemudia usahakan untuk tidak mencuci muka terlalu sering dalam sehari, hal ini akan menimbulkan resiko memperburuk jerawat dan komedo yang dapat mengakibatkan kulit mengalami iritasi. Sebaiknya lakukanlah pencucian muka untuk mencegah komedo dua kali seharipada waktu sebelum dan setelah tidur.

2. Cara Mencegah Komedo mencuci rambut setiap hari

Cara mencegah komedo berikutnya adalah dengan mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut setiap hari dapat mencegah komedo, terutama ketika rambut anda berminyak atau menggunakan minyak rambut yang mengandung minyak yang banyak. Minyak rambut dapat menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya menyembabkan timbulnya komedo di wajah.

3. Cara Mencegah Komedo menggunakan produk pembersih wajah

Cara mencegah komedo selanjutnya dalah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang tepat sesuai dengan karakteristik kulit. Gunakanlah produk pembersih wajah seperti scrub dan masker untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Pemilihan produk ini disesuaikan dengan kulit anda yang cocok dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Mengenai produk yang aman dan sesuai dengan kulit sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai produk yang aman dan sesuai dengan kulit anda.

4. Cara Mencegah Komedo tidak menggunakan make up, lotion dan produk kecantikan yang mengandung minyak

Cara berikutnya mencegah komedo adalah memilih produk make up, lotion dan produk kecantikan lainnya yang tidak mengandung minyak dan senyawa kimia yang berbahaya. Perlu diperhatikan hal tersebut disebabkan saat ini banyak produk produk tersebut yang mengandung minyak dan senyawa kimia yang tidak cocok dan sesuai dengan kulit, oleh sebab itu selalu konsultasikan kepda dokter mengenai produk yang cocok dengan kulit anda dan aman.

5. Cara Mencegah Komedo dengan memperbaiki pola makan

Cara berikutnya dalam mencegah komedo adalah dengan memperbaiki pola makan. Perbaikilah pola makan yang sesuai dengan kandungan nutrisi dan gizinya. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak tinggi, sebab hal ini dapat menimbulkan penyumbatan pori pori kulit yang dapat menyebabkan komedo.

Selain itu mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi dan kadar gula tinggi dapat memperlambat pergantian sel sehingga dapat menyebabkan timbulnya komedo. cobalah mengurangi makanan makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak.

6. Cara Mencegah Komedo konsumsi air putih yang cukup

Cara berikutnya untuk mencegah komedo adalah dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup seharinya. Secara idealnya konsumsi air putih 8 -12 gelas sehari dapat menjaga kesehatan tubuh dan membantu metabolisme nutrisi pada tubuh menjadi lebih stabil.