Senin, November 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Komedo, Pengertian, Penyebab, Jenis Dan Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Sehat

Apa Itu Komedo?

Kulit wajah merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari hari, terutama untuk para wanita, wajah merupakan sesuatu yang sangat diperhatikan. Wajah yang sehat dan berseri serta bebas dari jerawat dan komedo merupakan impian setiap wanita. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai komedo. Apa itu komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo serta cara mencegah komedo timbul di wajah silahkan simak artikel ini.

cara menghilangkan komedo hd

Pengertian Komedo

Pengertian komedo adalah benjolan (papula) yang kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam, komedo merupakan pori pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo termasuk kedalam jenis jerawat yang tergolong ringan yang pada umumnya muncul di wajah. Namun selain di wajah komedo juga dapat muncul di leher, dada, bahu lengan dan punggung.

Penyebab Komedo

Setelah mengetahui pengertian komedo dan apa itu komedo?. Maka berikutnya mengetahui penyebab komedo. Komedo timbul disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Disebabkan kulit atas komedo terbuka dan terpapar udara maka warna komedo tampak menjadi hitam.

Selain penyebab komedo secara umum diatas ada beberapa faktor berikut ini yang dapat memicu timbulnya komedo :

  1. Mengkonsumsi obat obatan tertentu seperti pil kb, Lithium dan steroid
  2. Kulit yang terlalu kering sebelum masa menstruasi yang disebabkan oleh pemakaian pelembab kulit atau berada pada keadaan cuaca yang lembab.
  3. Memakai produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang dapat memicu timbulnya komedo seperti, penggunaan cat rambut, gel rambut, dll
  4. Mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu timbulnya komedo seperti produk susu dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi / kandungan gula dan lemak tinggi
  5. Rontoknya folikel rambut dikarenakan cedera yang dapat disebabkan oleh memencet jerawat, efek samping dari penggunaan perawatan laser pada wajah dan efek samping dari chemical peerls ( teknik membersihkan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia).
  6. Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit juga dapat menjadi penyebab timbulnya komedo.
  7. Perubahan hormon, perubahan hormon juga dapat menjadi penyebab timbulnya komedo. perubahan hormon pada saat pubertas, menstruasi, ataupun stress berkepanjangan dapat memicu hormon androgen memproduksi banyak minyak di kelenjar sebasea yang akan menyebabkan risiko penyumbatan pori pori.
  8. Menumpuknya sel sel kulit mati pada permukaan kulit juga menjadi penyebab timbulnya komedo, hal ini disebabkan sel kulit mati tersebut menyumbat pori-pori dan menimbulkan komedo.

Gejala komedo

Namun bagaimana mengetahui gejala dan tanda tanda dari komedo? Komedo dapat diteahui dengan Gejala komedo berupa benjolan yang berukuran sangat kecil dan berwarna hitam pada permukaan kulit. Benjolan komedo ini mudah terlihat oleh mata. Pada umumnya komedo tidak terasa sakit disebabkan karena tidak terjadinya inflamasi, namun komedo juga dapat mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk denga tangan yang tidak steril.

Jenis Komedo

Ada beberapa jenis komedo yang perlu diketahui. jenis komedo ini pada umumnya sering dijumpai dan dialami. Mengetahui jenis komedo merupakan bagian awal untuk mengatasi komedo di wajah. Dengan mengenal jenis komedo maka nantinya akan mengetahui bagaimana cara mengatasi dan mencegah komedo. Adapun jenis komedo adalah sebagai berikut :

jenis komedo

1. Komedo Terbuka (blackheads) / komedo hitam

Jenis komedo pertama adala komedo terbuka (blackheads) atau juga sering disebut komedo hitam. apa itu Komedo Terbuka (blackhead) / komedo hitam? Komedo Terbuka (Blackhead) / komedo hitam adalah benjolan (papula) yang disebabkan oleh pori pori yang tersumbat dengan terbuka dan teroksidasi oleh udara maka akan membuat warna komedo menjadi hitam serta folikel kulit yang membesar disebabkan oleh sebum dan penumpukan sel kulit mati

2. Komedo Tertutup ( Whiteheads) / komedo putih

Jenis komedo kedua adalah komedo tertutup (whiteheads) / komedo putih. apa itu Komedo tertutup (whiteheads) / komedo putih? Komedo tertutup (whiteheads) / komedo putih adalah benjolan (papula) yang disebabkan oleh pori pori yang tersumbat, letak komedo tertutup ini berada dibawah epidermis kulit sehingga tidak teroksidasi oleh udara maka warnanya putih. Pada umumnya bentuk komedo tertutup (whiteheads) adalah benjolan putih yang berukuran kecil dan meruncing.

3. MikroKomedo

Komedo berikutnya adalah mikrokomedo. apa itu mikrokomedo? Mikrokomedo adalah komedo yang berukuran sangat kecil dan pada umumnya tidak tampak oleh mata. Pada umumnya mikrokomedo terjadi sebelum terjadinya komedo terbuka dan komedo tertutup. Dengan sangat kecilnya mikro komedo ini maka mikrokomedo hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop.

4. MakroKomedo

Jenis komedo berikutnya adalah makrokomedo. apa itu makrokomedo? Makrokomedo adalah komedo yang besar dengan diameter rata rata 2-3 cm komedo ini sangat mudah terlihat di wajah disebabkan ukurannya yang besar.

5. Komedo Raksasa

Jenis komedo berikutnya adalah komedo raksasa. apa itu komedo raksasa? Komedo raksasa adalah komedo yang sejenis kista dimana terdapat ujung yang terbuka bewarna hitam diatasnya. Komedo rksasa ini juga berukuran besar seperti makrokomedo.

6. Komedo Solar

Jenis komedo terakir adalah komedo solar. apa itu komedo solar? Komedo solar adalah komedo yang pada umumya sering dijumpai pada pipi dan dagu lansia. Komedo solar ini dipercayai disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengenai bagian pipi dan dagu pada lansia umumnya.

 

Cara Menghilangkan Komedo

Ada dua langkah dalam menghilangkan komedo yang ada pada wajah dan daerah lainnya pada tubuh. Langkah pertama cara menghilangkan komedo adalah secara medis dengan dilakukan oleh dokter spesaialis kulit atau dermatolog. Sedangkan langkah kedua menghilangkan komedo adalah dengan cara alami dan bahan bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker dan metode perawatan alternatif untuk menghilangkan komedo.

komedo

cara menghilangkan Komedo secara medis

1. Cara menghilangkan Komedo secara manual dengan peralatan medis

Cara pertama melalui pengobatan medis adalah dengan menghilangkan komedo secara menual dengan menggunakan peralatan medis. Pada cara ini dokter spesialis kulit atau dermatolog akan menggunakan alat khusus yang terbuat dari logam steril dengan bentuk lingkaran kecil dibagian ujungnya untuk mengangkat penyumbatan yang menyebabkan komedo.

2. Cara menghilangkan komedo dengan terapi laser dan cahaya

Cara berikutnya untuk menghilangkan komedo secara medis adalah dengan melakukan terapi laser dan cahaya. Terapi laser dan cahaya untuk menghilangkan komedo ini akan menurunkan produksi minyak berlebih pada kulit dan membunuh bakteri penyebab komedo. pada dasarnya terapi ini bisa menghilangkan komedo dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar.

3. Cara menghilangkan komedo dengan Chemical Peels

Cara selanjutnya untuk menghilangkan komedo secara medis adalah dengan melakukan chemical peels. Pada cara ini dokter spesialis akan menggunakan bahan kimia untuk mengelupas sel sel kulit mati yang telah mati dan menumpuk serta menyumbat. Setelah dilakukan pengelupasan sel kulit mati tersebut maka kulit akan lebih halus.

4. Cara menghilangkan komedo dengan mikrodermabrasi 3

Cara berikutnya yang sering digunakan secara medis dalam menghilangkan komedo adalah dengan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah metode pembersihan kulit dari sumbatan penyebab komedo dengan menggunakan sebuah alat khusus seperti tabung yang memiliki tekstur kasar pada permukaan ujungnya.

 

cara menghilangkan Komedo secara alami

A. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan putih telur

Bahan putih telur telah lama diketahui sangat baik untuk perawatan wajah yaitu, salah satunya untuk cara menghilangkan komedo dengan putih telur. Komedo ini tak lain adalah Bintik hitam di wajah. Berikut ini cara menghilangkan komedo secara alami di wajah dengan masker putih telur:

a. Putih Telur Saja

Oleskan seluruh wajah dengan putih telur dan diamkan sampai agak mengering atau selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih. Cara ini juga bisa dilakukan setiap hari sampai komedo tidak tampak lagi.

b. Putih Telur dan Madu

Ambil putih telur dan pisahkan dari kuningnya, kemudian campur putih telur itu dengan sedikit madu. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh bagian wajah secara merata. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Manfaat madu untuk masker wajah telah banyak diketahui bisa memutihkan, mengurangi minyak, menyembuhkan jerawat dan menghilangkan komedo.

c. Putih Telur dan Tisu

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah dengan putih telur bisa dikombinasikan dengan tisu wajah. Bersihkan wajah terlebih dulu, kemudian siapkan putih telur dan tisu wajah. Oleskan putih telur ke kulit wajah seluruhnya sampai rata, lalu tempelkan tisu ke wajah yang telah diolesi putih telur tersebut. Biarkan sampai kering atau diamkan sampai 30 menit. Lepaskan tisu dari wajah, lihatlah apakah komedo sudah terangkat, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Bisa dilakukan setiap hari sampai wajah bersih dari komedo.

d. Putih Telur dan Jeruk Lemon

Manfaat jeruk lemon untuk wajah sangat baik digunakan mengatasi jerawat dan kulit wajah berminyak yang juga menjadi penyebab komedo. Campur putih telur dan perasan air jeruk lemon sampai merata, lalu pakailah di kulit wajah. Biarkan dulu selama 20 hingga 30 menit. Kemudian bersihkan menggunakan air hangat, lalu lanjutkan dengan air dingin. Cara ini juga bisa dilakukan setiap hari agar komedo hilang.

e. Putih Telur dan Lidah Buaya

Perawatan tradisional untuk kulit wajah sudah lama menggunakan manfaat lidah buaya untuk kecantikan, salah satunya manfaat lidah buaya untuk kulit dan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah. Gunakan campuran putih telur dan lidah buaya untuk mengatasi komedo. Caranya dengan mencampur putih telur dan gel lidah buaya secukupnya sampai merata,lalu oleskan ke wajah selama 15-20 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

f. Putih Telur dan Alpukat

Ambil buah alpukat matang lalu kupas dan potong daging buahnya, kemudian haluskan. Setelah halus campurkan dengan putih telur secukupnya. Pakailah di wajah sampai agak mengering, lalu bilas dengan air hangat, setelah itu basuh dengan air dingin.

g. Putih Telur dan Mentimun

Gunakan mentimun ukuran sedang, kemudian cuci bersih dan parut. Campurkan putih telur dan parutan mentimun sampai rata, lalu oleskan ke wajah secara merata. Setelah didiamkan selama beberapa menit, cuci wajah sampai bersih. Manfaat mentimun untuk wajah adalah mengatasi wajah yang berminyak, berjerawat serta berkomedo.

h. Putih Telur dan Jeruk Nipis

Jeruk nipis menjadi salah satu untuk menghilangkan flek atau komedo di wajah. Peras air jeruk nipis secukupnya, lalu campurkan dengan putih telur. Oleskan ke seluruh wajah sampai rata, kemudian biarkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih sesudahnya.

 

B. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan kayu manis

Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan menggunakan kayu manis

  • Siapkan kayu manis bubuk sebanyak 2 sendok atau 30 gram bubuk kayu manis.
  • Sediakan lemon atau jeruk nipis yang akan menjadi bahan campuran pasta.
  • Campurkan 2 sendok kayu manis dan perasan lemon atau jeruk nipis dengan sedikit madu agar tercipta pasta yang kental dan lengket.
  • Oleskan pasta kayu manis merata ke seluruh wajah agar semua komedo yang membandel bisa diangkat.
  • Diamkan dalam waktu 20 menit atau sesuai dengan keinginan anda maka komedo yang ada di wajah akan bersih.
  • Sapu wajah dengan menggunakan handuk hangat agar pengangkatan komedo berjalan dengan lebih maksimal.
  • Keringkan kembali wajah anda dengan menggunakan handuk halus atau tissue.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami satu ini bisa anda melakukan perawatan alami ini dengan rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Perawatan dengan menggunakan kayu manis ini sangat cocok untuk kulit berminyak, normal atau kulit kombinasi antara keduanya. Dengan menggunakan kayu manis wajah anda akan terlihat lebih bersih, bercahaya dan kesehatan kulit wajah terjaga. Untuk itu segera pakai masker alami kayu manis untuk membersihkan komedo Anda.

 

C. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan lidah buaya

Sudah sejak lama, lidah buaya dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo di wajah kita. Nah, bagi anda yang belum mengetahui cara menghilangkan komedo dengan menggunakan lidah buaya, ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo dengan lidah buaya. Berikut ini adalah cara menhilangkan komedo dengan lidah buaya :

I. Mengoleskan daging lidah buaya pada bagian wajah yang mengalami komedo

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dengan lidah buaya adalah dengan cara mengoleskan daging lidah buaya tersebut ke bagian wajah yang berkomedo. Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  • Ambil dan siapkan lidah buaya secukupnya
  • Buang bagian luar dan juga kulit dari lidah buaya
  • Ambil daging dari lidah buaya tersebut, lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo
  • Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari hingga wajah benar – benar bersih dan juga terlihat cerah.

II. Mencampurkan lidah buaya dengan pasta gigi

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dengan lidah buaya adalah dengan cara mencampurkan lidah buaya dengan pasta gigi. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan lidah buaya dan pasta gigi :

  • Ambil beberapa lidah buaya yang masih segar
  • Potong lidah buaya tersebut, lalu ambil getahnya
  • Campurkan getah lidah buaya tersebut dengan pasta gigi hingga merata
  • Oleskan campuran getah lidah buaya dengan pasta gigi tersebut pada bagian wajah yang berkomedo
  • Tunggu hingga beberapa menit hingga terasa agak panas
  • Setelah terasa agak panas, bilas dengan air hanga, bisa juga dibilas denga menggunakan air garam.

D. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan kunyit

Berikut adalah cara menghilangkan komedo dengan menggunakan kunyit :

  • Parut kunyit sampai halus
  • Gunakan parutan kunyit yang sudah halus sebagai masker
  • Oleskan merata di wajah sekitar area komedo
  • Diamkan 20-30 menit
  • Sapu dengan menggunakan handuks hangat
  • Keringkan dengan menggunakan handuk halus
  • Lakukan perawatan 2-3 hari sekali dengan rutin agar anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

E. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan lemon dan yogurt

Cara menghilangkan komedo dilakukan dengan mengoleskan yogurt pada wajah yang berkomedo atau merata pada seluruh wajah. Diamkan masker tersebut dalam 15 menit hingga mengering. Selama proses pengeringan tersebut kulit akan meresap vitamin dan nutrisi dari yogurt yang nantinya akan mengangkat dan mengeluarkan komedo dari pori-pori. Untuk hasil yang lebih maksimal anda bisa menambahkan bubuk oatmeal atau madu.

 

F. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan gula dan kopi

Karena banyaknya manfaat yang dapat digunakan sebagai menghilangkan komedo, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat dan mengaplikasikan masker kopi dan gula ke wajah anda. Nah berikut ini langkah-langkah membuat masker kopi dan gula untuk wajah yang berkomedo bersih yang anda idamkan.

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 3 sdm bubuk kopi, 1/2 sdm gula, dan air hangat. Untuk kopi, usahakan menggunakan kopi yang memang benar-benar murni sehingga khasiatnya bisa anda rasakan.
  • Untuk membuatnya mudah, anda hanya perlu mencampurkan kopi dan gula tersebut ke dalam wadah mangkok.
  • Setelah itu tuangkan air hangat ke dalam wadah mangkok, secukupnya saja jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit. Dan kemudian biarkan beberapa saat.
  • Untuk mengaplikasikan ke wajah, pastikan terlebih dahulu jika kondisi wajah sudah bersih dan kering.
  • Oleskan masker secara menyeluruh dan merata  dan diamkan hingga kurang lebih 20 menit agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Bilas dengan menggunakan air bersih dan setelah itu lap wajah hingga mengering dengan menggunakan handuk bersih.
  • Anda bisa menggunakan 4-5 kali dalam seminggu. Hal ini karena kandungannya yang cukup aman meskipun digunakan sesering mungkin.

G. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan uap

Berikut Cara Menghilangkan Komedo Dengan Uap Air Panas

  • Rebus air secukupnya hingga mendidih. Sementara menunggu ari mendidih, bersihkan wajah Anda dengan pembersih wajah harian yang biasanya Anda gunakan. Saat air telah mendidih tuangkan pada baskom yang diameternya pas dengan wajah.
  • Arahkan wajah di atas baskom tersebut dan usahakan agar uap air panas rata mengenai wajah Anda sehingga hasil yang Anda peroleh dari cara menghilangkan komedo ini optimal. Fungsi dari uap panas adalah untuk membuka pori-pori agar komedo mudah dikeluarkan dengan alat khusus.
  • Setelah beberapa menit, Anda dapat mulai mengeluarkan komedo pada wajah dengan alat yang bentuknya seperti pena dan pada ujungnya adalah kawat atau logam yang berbentuk lingkaran. Pastikan bahwa alat ini cukup bersih sehingga tak memicu infeksi pada kulit. Anda dapat melakukan sterilisasi terlebih dahulu dengan merendam alat pada air mendidih. Saat menggunakan alat ini Minasan tidak akan merasa terlalu kesakitan karena pori-pori kulit yang telah terbuka. Lakukan hingga seluruh komedo pada wajah dapat dikeluarkan.
  • Bilas wajah dengan air hangat hingga seluruh kotoran terbasuh.
  • Setelah seluruh cara menghilangkan komedo ini Anda lakukan, Anda dapat melanjutkan perawatan dengan mengoleskan masker yang sesuai dengan jenis kulit. Selain masker, Anda juga dapat mengoleskan serum agar kulit menjadi sehat dan mendapat nutrisi.

H. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan tomat

Berikut cara menghilangkan komedo dengan buah tomat:

Bahan-Bahan
1 sdt garam
2 sdm tomat yang sudah dihancurkan

Langkah-Langkah

  • Campurkan kedua bahan.
  • Bersihkan hidung, lalu aplikasikan kedua bahan tersebut di area hidung sambil dipijat lembut dengan gerakan memutar.
  • Diamkan 5-10 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

Bila dilakukan secara rutin, besar kemungkinan masalah komedo di hidung bisa teratasi. Hanya saja hasilnya mungkin akan berbeda pada setiap orang ya, mengingat kondisi kulit dan masalah komedo yang dimiliki bisa berbeda pada setiap orang.

I. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan strobery

Berikut Cara menghilangkan komedo dengan stroberi:

  • Siapkan satu buah stroberi segar, ½ sendok teh madu dan ½ sendok teh air perasan lemon.
  • Hancurkan stroberi dan tambahkan kedua bahan lain ke dalamnya, campur dengan baik hingga membentuk pasta kasar.
  • Oleskan pasta ini ke permukaan kulit wajah Anda dan biarkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Bila sudah, bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Selain cocok untuk diterapkan pada semua jenis kulit wajah, perawatan menggunakan stroberi ini juga bisa Anda ulang beberapa hari sekali bila memang hasilnya cukup memuaskan untuk Anda.

J. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan pepaya

  • Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk melakukan perawatan ini adalah daging buah pepaya masak secukupnya yang telah dikupas dan dipotong-potong, dan madu murni kira-kira 2 sendok teh.
  • Haluskan daging buah pepaya dengan blender atau diparut lalu tambahkan madu dan aduk sampai rata.
  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan sabun pembersih muka yang biasa Anda gunakan, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.
  • Oleskan ramuan ke seluruh wajah hingga merata dan aplikasikan masker sedikit lebih tebal pada area kulit yang berkomedo.
  • Diamkan selama setengah jam kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Perawatan wajah yang dilakukan secara alami akan memberi hasil yang lebih lambat. Oleh karena itu Anda harus melakukan perawatan wajah cara menghilangkan komedo ini secara teratur, sekitar 1 atau 2 kali seminggu.

K. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan madu

Madu alami tanpa campuran sudah cukup ampuh untuk mengatasi komedo. Caranya:

  • Aplikasikan madu mentah organik ke wajah, fokuskan ke area berkomedo. Anda bisa menghangatkan madu untuk hasil lebih baik.
  • Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat, diikuti air dingin.
  • Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Anda juga dapat mendiamkan madu di area berkomedo semalaman. Caranya cukup bubuhkan sedikit madu, lalu tutupi dengan perban kecil, bilas hingga bersih keesokan harinya.

L. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan susu

Menerapkan susu sambil memberikan gosokan lembut pada area kulit dengan komedo bisa membantu menyingkirkannya. Susu mengandung asam laktat yang dapat memeceh sel kulit mati di permukaan kulit dan membersihkannya.

  • Cara menghilangkan komedo dengan susu:
  • Siapkan susu mentah (RAW milk)
  • Usapkan susu ke daerah yang kulit dengan komedo dan gosok perlahan
  • Jika dirasa cukup, bilas menggunakan air hangat

Cara ini cocok diterapkan untuk sebagian besar jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari sampai komedo berkurang atau hilang. Namun perlu diingat untuk menghindari perawatan ini jika alergi terhadap produk susu.

M. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan teh hijau

Teh Hijau adalah tanaman atau minuman yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu membersihkan kulit serta membuatnya tampak lebih bercahaya. Ia dapat menyerap kotoran dan membersihkan komedo dengan cepat.

Cara menghilangkan komedo dengan teh hijau:

  • Siapkan 1 sendok daun teh hijau kering dan air secukupnya
  • Haluskan daun teh hijau sampai menjadi bubuk lalu tambahkan dengan air secukupnya sampai membentuk pasta
  • Oleskan pasta teh hijau ke wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit
  • Bilas wajah Anda dengan air suam-suam kuku, tepuk-tepuk untuk mengeringkan kemudian gunakan pelembab.

Anda bisa mengulangi perawatan kulit wajah dengan teh hijau ini seminggu sekali atau sesuai kebutuhan Anda. Selain itu perawatan ini juga cocok untuk semua jenis kulit, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir akan efek samping.

N. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan minyak kelapa

Siapa yang menyangka, minyak kelapa bisa menjadi bahan pembersih komedo secara alami. Selain itu minyak kelapa juga akan memberikan nutrisi pada kulit Anda dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati lebih cepat sehingga kulit tampak bersih dan bersinar.

Cara menghilangkan komedo dengan minyak kelapa:

  • Siapkan beberapa tetes minyak kelapa murni (VCO)
  • Oleskan minyak kelapa ke area wajah yang berkomedo dan pijat dengan lembut
  • Biarkan minyak kelapa terserap secara alami ke dalam kulit.

Perawatan kulit menggunakan minyak kelapa ini baik digunakan setiap sebelum tidur dan cocok untuk jenis kulit kering atau kombinasi.

O. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan kacang kedelai

Kacang kedelai dikenal sebagai kacang yang sehat karena menjadi sumber protein nabati, selain itu ia juga mengandung vitamin A, B kompleks, E, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi.

Kacang kedelai juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah proses penuaan dini. Karenanya, menggunakan kacang kedelai sebagai masker wajah secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit berminyak dan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai:

  • Siapkan kacang kedelai secukupnya lalu rendam selama 1 hari
  • Bersihkan kacang kedelai yang sudah direndam lalu blender sampai halus tanpa air
  • Aplikasikan kacang kedelai yang sudah diblender sebagai masker wajah
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bersihkan wajah menggunakan air hangat

P. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan baking soda

Baking soda bisa menjadi exfoliant kulit yang baik untuk mengangkat kotoran di permukaan wajah, selain itu baking soda bisa bertindah sebagai antibakter dan antijamur. Menggunakan baking soda merupakan salah satu cara menghilangkan komedo hitam atau putih yang bisa Anda coba.

Cara menghilangkan komedo dengan baking soda:

  • Siapkan satu sendok makan baking sodan dan 1 sendok makan air.
  • Campurkan kedua bahan tersebut sampai membentuk pasta.
  • Terapkan pasta baking soda yang sudah dibuat pada area yang berkomedo.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat.

Anda bisa menambahkan perasan air lemon ke dalam pasta baking soda untuk menambah manfaat pasta yang dibuat. Untuk frekuensinya, perawatan ini dapat Anda ulangi setiap hari sampai komedo benar-benar hilang dari wajah. Perawatan menggunakan baking soda ini cocok di aplikasikan pada jenis kulit wajah berminyak dan kombinasi.

Q. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan air garam

Bagi Anda yang cukup sabar dalam membersihkan komedo, cobalah air garam. Selain dapat mengangkat komedo jika dilakukan secara rutin, mencuci kulit wajah menggunakan air asin juga dapat menghilangkan kelebihan minyak. Air garam juga memiliki sifat antibakteri ringan sehingga wajah bisa benar-benar bersih dari kotoran dan bakteri.

Cara menghilangkan komedo dengan air garam:

  • Siapkan 1-2 sendok makan garam dan air secukupnya
  • Larutkan garam ke dalam air dan cuci wajah Anda.

Anda bisa mencuci wajah menggunakan air garam beberapa kali sehari, cara ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan kombinasi. Apabila Anda memiliki jenis kulit kering dan ingin mencoa perawatan ini, gunakan pelembab setelah mencuci wajah.

Perlu diperhatikan untuk menghindari bagian mata atau bagian sensitif lain pada wajah agar tidak menimbulkan iritasi. Jika terkena mata bilas menggunakan air mengalir hingga bersih.

R. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan cuka apel

Cuka apel memang menjadi solusi alternatif untuk mengatasi sejumlah masalah kulit. Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang akan membunuh bakteri pada kulit serta memberihkan pori-pori dan mengurangi komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan cuka apel:

  • Siapkan beberapa tetes cuka apel dan bola kapas
  • Oleskan cuka apel ke wajah menggunakan bola kapas dan biarkan mengering
  • Bilas wajah Anda menggunakan air hangat

Perawatan kulit wajah ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari. Jika Anda memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, encerkan cuka apel dengan menambahkan air secukupnya.

S. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan pasta gigi

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi mungkin menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan. Pasta gigi dinilai mampu membantu membersihkan komedo, mint pada pasta gigi akan membuka pori-pori wajah yang tersumbat dan membunuh bakteri yang ada.

Anda juga akan memerlukan es batu untuk melakukan perawatan ini, gunanya untuk menutup pori-pori yang sudah bersih untuk mencegah kotoran masuk.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi:

  • Siapkan pasta gigi mint, air dan es batu secukupnya.
  • Oleskan pasta gigi ke bagian yang berkomedo, biasanya hidung lalu tunggu hingga kering.
  • Lalu oleskan berikan beberapa tetes air di atas pasta gigi yang mengering sambil memijat lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.
  • Bila dirasa cukup, bilas wajah Anda dengan air kemudian gosokan es batu ke area tersebut.

Pastikan untuk menggunakan pelembab kulit setelah melakukan perawatan ini. Perawatan ini cocok di aplikasikan pada semua jenis kulit dan dapat Anda ulangi setiap hari sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

T. cara menghilangkan Komedo secara alami dengan jeruk nipis

Berikut beberapa cara  untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan jeruk nipis yang dapat Anda Lakukan dirumah :

I. Masker Jeruk Nipis dan Madu

Kandungan alami dalam jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo seperti vitamin C, antioksidan alami dan juga mineral. Vitamin dalam jeruk nipis akan masuk ke dalam pori kulit terdalam lalu mengangkat komedo sekaligus mengecilkan ukuran pori.

1. jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras sarinya lalu campur dengan sedikit madu alami.

2. Cuci wajahPotong sampai bersih dan oleskan campuran madu serta jeruk nipis pada wajah dan lakukan pijatan ringan selama 5 menit.

3. Diamkan masker sampai mengering dan bilas dengan air hangat lalu tepuk tepuk dengan handuk untuk mengeringkan.

II. Jus Jeruk Nipis

Jus jeruk nipis merupakan anti bakteri baik sekaligus akan mengelupas kulit secara alami dan juga membersihkan jerawat serta komedo membandel. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi komedo dalam waktu terbilang singkat.

1. Bersihkan wajah dengan sabun ringan dan keringkan.

2. Peras beberapa buah jeruk nipis dan rendam kapas dalam jus tersebut.

3. Terapkan langsung kapas yang sudah direndam pada wajah dan biarkan hingga mengering selama 10 sampai 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

III. Jeruk Nipis dan Kulit Delima

Kombinasi jeruk nipis dan delima sangat baik untuk menarik keluar komedo sekaligus mengeringkan jerawat.

1. Keluarkan isi buah delima lalu panggang kulit buah delima dalam oven dengan suhu 375 derajat selama 20 sampai 25 menit.

2. Sesudah dingin, haluskan kulit delima panggang sampai membentuk tepung.

3. Pindahkan tepung kulit delima dalam wadah dan tambahkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis lalu aduk rata sampai menyerupai pasta.

4. Oleskan pasta tersebut pada area komedo dan biarkan mengering hingga 20 menit lalu bilas dengan air dingin.

IV. Jeruk Nipis dan Susu

Sari jeruk nipis dan susu sangat baik untuk memperbaiki kondisi kulit dengan cara membersihkan jerawat dan juga komedo sekaligus mengatasi kulit retak karena kering.

1. Rebus 1 gelas susu lalu campur dengan sari dari satu buah jeruk nipis dan biarkan sampai dingin.

2. Gunakan campuran ini sebagai pengganti sabum dan air selama 2 sampai 3 hari dan bersihkan dengan air hangat.

V. Jeruk Nipis dan Garam

Kandungan antioksidan kuat dalam jeruk nipis sangat baik untuk menghambat bakteri oembentuk komedo dan jerawat. Sementara garam sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang tertinggal pada pori kulit.

1. Campurkan sari perasan jeruk nipis dan garam sampai rata

2. Oleskan campuran ini pada area komedo dan biarkan sampai mengering selama 15 sampai 20 menit.

3. Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan.

4. Gunakan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

VI. Jeruk Nipis dan Gula Pasir

Gula pasir sudah sejak lama digunkan sebagai scrub alami yang akan mengangkat penumpukkan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori.

1. Campurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan gula pasir.

2. Aduk rata dan oleskan pada wajah sambil digosok secara lembut.

3. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air dingin sampai bersih dan keringkan.

VII. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Putih telur juga memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk kulit seperti mencerahkan, meremajakan, mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan kotoran penyumbat kulit.

1. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan putih telur sampai rata.

2. Aplikasikan campuran ini pada wajah khususnya area komedo dan diamkan sampai mengering.

3. Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan.

VIII. Jeruk Nipis dan Olive Oil

Kombinasi jeruk nipis dan olive oil tidak hanya baik untuk membersihkan jerawat dan komedo, namun juga akan menjaga keelastisitasan kulit, meremajakan dan mengatasi kulit kering atau retak.

1. Campurkan air perasan jeruk nipis dengan olive oil sampai rata.

2. Oleskan campuran ini pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

3. Bilas bersih dengan air dingin dan lakukan secara teratur minimal 2 kali seminggu.

IX. Jeruk Nipis dan Pasta Gigi

Gabungan jeruk nipis dan pasta gigi sangat baik untuk mengangkat komedo dan kotoran penyumbat pori. Sedangkan kandungan vitamin C berkhasiat untuk mengecilkan pori, mengurangi minyak berlebih sekaligus mencerahkan kulit.

1. Campur 1 sendok air perasan jeruk nipis dengan pasta gigi dan aduk sampai rata.

2. Oleskan campuran ini pada hidung yang terdapat komedo dan diamkan selama 15 menit.

3. Lakukan pijatan lembut kemudian bilas bersih dengan air dan keringkan.

X. Irisan Jeruk Nipis

1. Iris iris satu buah jeruk nipis lalu aplikasikan langsung pada wajah khususnya pada bagian komedo.

2. Diamkan selama 3 menit lalu bilas sampai bersih dan lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil memuaskan.

 

XI. Jeruk Nipis dan Air Mawar

Gabungan air perasan jeruk nipis dan juga air mawar juga menjadi cara ampuh untuk mengangkat komedo di area wajah anda. Selain membasmi komedo, campuran ini juga akan memberikan kesegaran pada kulit karena kandungan alami yang terdapat di dalam air mawar.

1. Campur beberapa tetes air mawar dan air perasan jeruk nipis dan aduk sampai rata.

2. Rendam kapas dalam campuran ini dan oleskan di area hidung yang penuh dengan komedo.

3. Diamkan selama 3 sampai 4 menit dan bilas sampai bersih dengan air dingin.

XII. Jeruk Nipis, Gliserin dan Minyak Almond

Untuk mengatasi komedo, anda juga bisa menggunakan lotion yang terbuat dari bahan alami yakni campuran jeruk nipis, gliserin dan juga minyak almond.

1. Campurkan air perasan jeruk nipis, minyak almond dan juga gliserin lalu aduk sampai rata.

2. Oleskan lotion tersebut pada wajah khususnya pada area komedo dan lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

Kandungan alami dari beberapa bahan ini tidak hanya berguna untuk menyingkirkan komedo, namun juga membuat wajah terlihat lebih cerah, menjaga kekenyalan kulit sekaligus menenangkan karena aroma air mawar yang menyegarkan.

U. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan kulit jeruk

Dalam kulit jeruk nipis segar yang baru dikupas terdapat kandungan antioksidan tinggi dan juga vitamin C yang sangat baik digunakan untuk menghilangkan komedo pada bagian pipi, hidung dan juga dagu.

  • Siapkan kulit jeruk nipis segar berwarna kuning atau hijau.
  • Haluskan dengan blender lalu terapkan langsung pada area komedo pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Tambahkan dengan pijatan lembut lalu diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

V. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan air hangat

Untuk menghilangkan komedo dengan air hangat, beberapa tahapan yang harus dilakukan antara lain:

Pertama, siapkan 2 buah baskom atau wadah air yang cukup besar sehingga memuat masuknya kepala Anda.

Kedua, isi 2 baskom tersebut dengan 2 jenis air panas. Baskom pertama diisi dengan air yang agak hangat dengan suhu sekitar 45 derajat Celcius, sedangkan baskom kedua diisi dengan air yang lebih panas dengan suhu sekitar 58 derajat Celcius. Dalam hal ini, penambahan garam tidak dianjurkan karena akan membuat mata menjadi perih ketika dicelupkan ke dalam air.

Ketiga, masukan bagian wajah dan hidung Anda yang berkomedo ke dalam air di baskom pertama. biarkan hingga 5 menit sembari dipijat menggunakan tangan yang sudah dibersihkan. Setelah 5 menit, angkat wajah Anda dan bersihkan area di sekitar kulit yang berkomedo dengan tisu atau handuk kering.Jangan tunggu lama, setelah itu masukan kembali wajah Anda ke dalam baskom 2, biarkan hingga 5 menit lagi, kemudian angkat, dan bersihkan kembali menggunakan handuk kering.

Perlu diketahui bahwa treatment perbedaan suhu air ini berguna agar sel kulit Anda tidak kaget. Jika Anda memaksa langsung memasukan kulit wajah ke dalam air panas, ini bisa berisiko menyebabkan luka bakar atau kulit menghitam.

Keempat, setelah kulit hidung dan wajah dikeringkan, Anda sebetulnya dapat langsung menempelkan bahan-bahan lain yang dapat menyerap sisa komedo di hidung dan wajah Anda. Beberapa bahan yang dapat digunakan antara lain ampas kopi, sisa teh celup, atau scrub sayuran dan buah. Namun jika bahan-bahan itu tidak ada, Anda bisa langsung melakukan tahapan selanjutnya.

Kelima, setelah kering, segeralah gunakan es batu untuk mengecilkan kembali pori-pori kulit Anda yang melebar karena suhu tinggi. Es batu digunakan dengan ditempel-tempelkan ke seluruh bagian kulit wajah yang terasa panas dan porinya melebar.

Keenam, ulangi treatment serupa setiap sore ata malam hari selama 1 minggu, dan bedakan hasilnya.

W. Cara menghilangkan Komedo secara alami dengan tepung gandum

Gandum memiliki kandungan vitamin B1 yang bermanfaat untuk kulit wajah. Vitamin B1 dipercaya memiliki kemampuan untuk membersihkan pori-pori wajah dari kandungan minyak berlebih dan sekaligus mengangkat komedo di wajah.

Alat dan bahan:

  • Gandum
  • Wadah
  • Air hangat

Cara membuat:

  • Siapkanlah gandum dengan kualitas terbaik di dalam wadah.
  • Campurkan air hangat ke wadah berisi gandum, sedikit demi sedikit.
  • Aduk hingga merata, sampai adonan gandum berubah menjadi pasta.
  • Jika sudah, diamkan beberapa saat.
  • Selanjutnya, oleskan pasta gandum di bagian yang berkomedo atau ke seluruh permukaan wajah.
  • Tunggu dan biarkan selama 20 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih dengan air hangat dan keringkan

 

Mencegah Timbulnya Komedo

1. Cara Mencegah Komedo dengan mencuci muka secara teratur

Cara mencegah komedo yang pertama adalah dengan mencuci muka secara teratur. Mencegah komedo dengan Mencuci muka sebelum dan setelah tidur dapat membuang penumpukan minyak yang menjadi penyebab komedo, terutama jika sebelumnya anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula dan minyak yang tinggi. Makanan makanan yang mengandung minyak yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori.

Dalam mencegah komedo dengan mencuci muka gunakanlah sabun yang ringa dan lembut, kemudia usahakan untuk tidak mencuci muka terlalu sering dalam sehari, hal ini akan menimbulkan resiko memperburuk jerawat dan komedo yang dapat mengakibatkan kulit mengalami iritasi. Sebaiknya lakukanlah pencucian muka untuk mencegah komedo dua kali seharipada waktu sebelum dan setelah tidur.

2. Cara Mencegah Komedo mencuci rambut setiap hari

Cara mencegah komedo berikutnya adalah dengan mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut setiap hari dapat mencegah komedo, terutama ketika rambut anda berminyak atau menggunakan minyak rambut yang mengandung minyak yang banyak. Minyak rambut dapat menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya menyembabkan timbulnya komedo di wajah.

3. Cara Mencegah Komedo menggunakan produk pembersih wajah

Cara mencegah komedo selanjutnya dalah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang tepat sesuai dengan karakteristik kulit. Gunakanlah produk pembersih wajah seperti scrub dan masker untuk mengangkat sel kulit mati dari wajah. Pemilihan produk ini disesuaikan dengan kulit anda yang cocok dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Mengenai produk yang aman dan sesuai dengan kulit sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai produk yang aman dan sesuai dengan kulit anda.

4. Cara Mencegah Komedo tidak menggunakan make up, lotion dan produk kecantikan yang mengandung minyak

Cara berikutnya mencegah komedo adalah memilih produk make up, lotion dan produk kecantikan lainnya yang tidak mengandung minyak dan senyawa kimia yang berbahaya. Perlu diperhatikan hal tersebut disebabkan saat ini banyak produk produk tersebut yang mengandung minyak dan senyawa kimia yang tidak cocok dan sesuai dengan kulit, oleh sebab itu selalu konsultasikan kepda dokter mengenai produk yang cocok dengan kulit anda dan aman.

5. Cara Mencegah Komedo dengan memperbaiki pola makan

Cara berikutnya dalam mencegah komedo adalah dengan memperbaiki pola makan. Perbaikilah pola makan yang sesuai dengan kandungan nutrisi dan gizinya. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak tinggi, sebab hal ini dapat menimbulkan penyumbatan pori pori kulit yang dapat menyebabkan komedo.

Selain itu mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi dan kadar gula tinggi dapat memperlambat pergantian sel sehingga dapat menyebabkan timbulnya komedo. cobalah mengurangi makanan makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak.

6. Cara Mencegah Komedo konsumsi air putih yang cukup

Cara berikutnya untuk mencegah komedo adalah dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup seharinya. Secara idealnya konsumsi air putih 8 -12 gelas sehari dapat menjaga kesehatan tubuh dan membantu metabolisme nutrisi pada tubuh menjadi lebih stabil.