Minggu, Desember 9berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah

NettCyber.Com | Manfaat madu untuk wajah. Tahukah anda madu itu bermanfaat tidak hanyak untuk kesehantan, tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan wajah.  Madu yang dihasilkan oleh lebah menawarkan banyak manfaat kesehatan, baik itu untuk kesehatan organ dalam tubuh, kesehatan rambut, hingga kesehatan kulit tubuh dan wajah.

manfaat madu untuk wajah hd

manfaat dan cara menggunakan madu untuk wajah

Madu yang murni dan organik jauh lebih berkhasiat dan sudah dipercaya sebagai pengobatan dan perawatan alami sejak ratusan tahun lalu. Tanpa efek samping berbahaya, setiap orang dapat menggunakannya secara aman dan inilah berbagai manfaat madu untuk wajah. Berikut manfaat dan cara menggunakan madu untuk wajah.

1. Manfaat madu Untuk Wajah yang Berisiko Tinggi Mengalami Jerawat

Bagi kamu yang sedang menjalani masa pubertas atau memiliki kulit wajah yang berminyak secara berlebihan, wajahmu berisiko lebih tinggi untuk ditumbuhi jerawat.

Untungnya, salah satu keunggulan madu adalah kemampuannya menyerap minyak berlebih. Kelebihan ini dapat meminimalkan terjadinya jerawat pada wajah berminyakmu.

Kamu bisa membuat masker dari madu dengan mudah. Bahan-bahan dan cara membuat masker tersebut adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 3 sendok teh madu murni dan ½ sendok teh bubuk kayu manis.
  • Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama maksimal 30 menit.
  • Bilas wajahmu hingga bersih dengan air dingin.

Sebelum mengaplikasikan masker ini pada kulit wajah yang berjerawat, cobalah mengoleskan sedikit campuran madu dan kayu manis pada kulit tanganmu dan diamkan beberapa menit untuk mengantisipasi terjadinya alergi. Disarankan untuk menggunakan masker ini seminggu sekali saja.

2. Manfaat Madu Untuk Wajah yang Kering dan Kusam

Kulit kusam tentu membuatmu kurang percaya diri. Sebelum mengatasi hal tersebut, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan kulitmu terlihat kusam. Berikut ini rinciannya:

  • Penumpukan sel-sel kulit mati di area wajah.
  • Kulit wajah kering.
  • Kemampuan regenerasi kulit menurun seiring pertambahan usia dan membuat sel-sel kulit mati menumpuk.
  • Mengabaikan pentingnya pelembap wajah.
  • Tidak mampu mengelola stres dengan baik.
  • Sering kali mengabaikan tahap perawatan wajah guna mengelupas sel-sel kulit mati.
  • Jadwal tidur yang tidak teratur.
  • Penggunaan produk perawatan kulit yang salah.

Setelah mengetahui rincian penyebabnya, kini saatnya kamu mengatasi kulit kering dan kusam dengan masker madu alami. Kamu dapat menggunakan masker untuk wajah kusam berupa campuran madu, alpukat dan yoghurt. Bahan-bahan dan cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Campurkan 1 sendok teh madu murni, 1 sendok teh alpukat yang telah dilumatkan, dan 1 sendok teh yoghurt murni.
  • Oleskan campuran pada wajahmu secara merata dan diamkan selama maksimal 30 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

Kamu bisa menggunakan masker ini beberapa kali dalam seminggu dengan aman karena bahan-bahan dan dampaknya bersifat lembut terhadap kulit wajah. Berikut kandungan yang dimiliki oleh masker di atas:

  • Asam lemak dan susu dari alpukat dan yoghurt mampu melembapkan sekaligus menutrisi kulit wajahmu.
  • Asam laktat dari yoghurt menjadikan pori-pori wajah lebih sehat dan memicu produksi kolagen baru pada wajah.

Selain itu, masker dengan bahan-bahan ini mengandung nutrisi lain yang tinggi manfaat, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, magnesium, mangan, zinc, dan kalsium.

3. Manfaat Madu Untuk Wajah yang Sensitif

Untuk perawatan kulit wajah yang sensitif memang membutuhkan penanganan khusus. Hal ini dikarenakan, kulit jenis ini rentan dan sulit cocok dengan berbagai perawatan kulit dibandingkan jenis-jenis kulit lainnya. Maka dari itu bahan dasar untuk dijadikan masker harus dipilih secara hati-hati.

manfaat madu untuk wajah

Lidah buaya (aloe vera) adalah jawaban yang tepat. Manfaat madu untuk wajah saat dicampurkan dengan lidah buaya akan memberikan beberapa keuntungan, seperti:

  • Menenangkan kulit dan meredakan radang atau inflamasi.
  • Menenangkan kulit terbakar ringan akibat paparan sinar matahari.
  • Mempercepat proses penyembuhan ruam, eksim, dan kulit yang mengelupas.
  • Mencegah terbentuknya bekas luka.

Bagaimana cara menjadikannya masker wajah untuk kulit sensitifmu? Berikut bahan-bahan dan cara menggunakannya:

  • Campurkan 2 sendok teh madu murni dan 1 sendok teh gel lidah buaya
  • Oleskan pada wajahmu dan diamkan selama maksimal 20 menit.
  • Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih.

Masker madu dan lidah buaya ini aman untuk digunakan setiap hari.

4. Manfaat Madu Untuk Wajah dengan Bekas Luka dan Bercak-bercak Hitam

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah untuk mengatasi bekas luka dan bercak-bercak hitam pada wajah. Cukup mencampurkan madu murni dengan perasan jeruk nipis bisa menjadi cara yang tepat.

Perasan jeruk nipis dapat mencerahkan bercak-bercak hitam dan menyamarkan bekas luka. Efek ini didapatkan berkat kemampuannya untuk mengeksfoliasi (mengelupas) permukaan kulit wajah terluar.

Bagaimana cara membuat masker madu dan perasan jeruk nipis? Berikut bahan-bahan dan cara menggunakannya:

  • Siapkan 2 sendok teh madu murni dan ½ sendok teh perasan jeruk nipis.
  • Campurkan dan aduk-aduk hingga merata.
  • Oleskan secara merata pada wajahmu dan diamkan selama 20-30 menit.
  • Setelah itu, bersihkan secara menyeluruh dengan air dingin.

Gunakan masker madu dan perasan jeruk nipis cukup 1-2 kali saja seminggu dikarenakan jeruk nipis adalah bahan yang keras bagi kulit.

Hasil nyata baru akan terlihat setelah melakukan pemakaian rutin dalam waktu beberapa minggu hingga dua bulan bagi kamu yang ingin menyamarkan bekas luka dan bercak-bercak hitam pada wajah.

5. Manfaat Madu Untuk Wajah yang Memerah dan Iritasi

Madu telah banyak diteliti memiliki efek anti peradangan yang kuat. Sebuah penelitian bahkan mengatakan, bahan alami ini dapat digunakan untuk mengatasi eksim, dermatitis, hingga alergi.

Wajah memerah karena iritasi mungkin akan memiliki tekstur tidak rata dan terasa gatal layaknya ruam kulit. Beberapa orang mungkin merasa kemerahan pada wajah mereka akan semakin parah jika terkena paparan sinar matahari.

Untuk mengatasinya secara alami, kamu dapat membuat masker madu yang bisa juga dikombinasikan dengan bahan lain seperti masker mentimun dan lidah buaya. Selain itu, jika kulit memerahmu disebabkan oleh rosacea, kamu juga perlu menghindari konsumsi makanan pedas dan kafein serta berhenti merokok.

6. Manfaat Madu Untuk Wajah Ibu Hamil

Beberapa wanita dan mungkin kamu salah satunya, bisa mengalami masalah kulit pada masa kehamilan. Permasalahan tersebut juga sangat beragam jenisnya, mulai dari kulit kering, kusam, hingga munculnya jerawat.

Peningkatan hormon androgen selama trimester pertama dan kedua, dapat menyebabkan kelenjar di kulit menghasilkan lebih banyak sebum. Sebum dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan kulit meradang dan ditumbuhi jerawat.

Demi pertumbuhan janin yang sehat, kamu kerap kali mengurungkan niat melakukan perawatan tertentu. Maka, perawatan alami adalah salah satu pilihan minim efek samping yang dapat kamu terapkan.

Madu dapat kamu gunakan sebagai masker wajah pada masa kehamilan. Bahan alami ini memiliki sifat antibakteri dan anti peradangan. Berikut cara mudah untuk menggunakan masker madu selama hamil:

  • Pertama-tama pahami dan lakukan cara mencuci muka yang benar dan gunakan sabun cuci muka yang sesuai.
  • Kemudian, bilas dengan air hangat. Hal ini berfungsi untuk membuka pori-pori wajahmu.
  • Oleskan madu di seluruh area wajah.
  • Biarkan selama 20-30 menit.
  • Kemudian bilas kembali dengan air hangat, dan kemudian air dingin untuk kembali mengecilkan pori-pori di wajah.
  • Ingat! Pastikan kamu sudah mengetahui bahwa kulitmu tidak alergi atau hipersensitif terhadap madu.

7. Manfaat Madu Untuk Kerutan pada Kulit Wajah

Sebuah studi menunjukkan efek madu terhadap kulit. Salah satu yang disebutkan adalah menghambat terbentuknya kerutan pada kulit wajah. Kabar ini tentu baik bagi kamu yang ingin mencegah terjadinya penuaan dini.

Memang, cara menghilangkan kerutan di wajah tidak bisa hanya melibatkan penggunaan masker alami seperti madu. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu juga melakukan perawatan jenis ini dan mencegah kerutan itu muncul lebih cepat dan lebih parah.

Masker madu yang digunakan untuk mencegah pembentukan kerutan biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti susu, pepaya, alpukat, dan yoghurt. Penggunaan masker juga tidak boleh melebihi 30 menit.

Kamu bisa memijat wajah secara perlahan sambil mengaplikasikan masker pada wajah. Hal ini dapat membantu mengencangkan dan memperlancar sirkulasi darah pada otot wajah. Setelah 30 menit, masker dapat dibasuh menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat.

Ternyata tak hanya lezat dikonsumsi setiap hari. Madu mampu membantumu menangani berbagai masalah pada kulit wajah agar terlihat segar dan cantik. Untuk hasil yang cepat dan optimal, gunakan masker secara rutin dan cukupi asupan buah-buahan setiap hari.