Minggu, Desember 9berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

14 Buah Buahan Penurun Asam Urat Tinggi

Nettcyber.com | 14 Buah Buahan Penurun Asam Urat Tinggi. Tingginya kadar asam urat di dalam darah disebabkan oleh produksi asam urat yang belebihan. Jika dibiarkan maka asam urat akan berlanjut menjadi peradangan atau nyeri sendi.

14 buah buahan untuk menurunkan asam urat tinggi hd

Salah satu upaya pencegahan penyakit asam urat ini adalah dengan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi. Yuk mari kita simak buah apa-apa saja yang dapat menurunkan asam urat.

Buah-buahan Yang Dapat Menurunkan Asam Urat Tinggi

1. Pisang

Buah satu ini memang adalah salah satu yang terbaik karena selain mampu menjadi makanan pembakar lemak, pisang juga mampu menjadi salah satu makanan pelancar BAB. Lebih dari itu, manfaatnya sebagai penurun kadar asam urat juga sangat luar biasa tinggi sehingga bisa dimasukkan ke dalam menu diet Anda.

Konsumsilah setiap harinya 8-9 buah pisang karena pisang sangat berkhasiat dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi ketika mengalami radang sendi. Mengonsumsinya secara rutin dengan porsi tersebut akan membuat kadar asam urat yang tinggi menjadi turun lebih cepat. Hanya dalam waktu 4 hari, kadar asam urat bisa langsung turun dan Anda bisa membuktikannya.

2. Ceri

Buah ceri yang merah, kecil, tapi segar tersebut biasanya dijadikan topping untuk kue, namun Anda bisa mengonsumsinya setiap hari secara langsung. Ini karena buah ceri mengandung antosianin yang masih tergolong zat anti-inflamasi. Antosianin ini merupakan zat baik yang mampu membuat kadar asam urat turun secara alami.

Untuk menurunkan kadar asam urat, Anda bisa mengonsumsi buah mungil ini seharinya minumal 200 gram supaya hasil yang dirasakan dapat maksimal. Hanya saja, jangan juga terlalu berlebihan dalam mengonsumsi. Anda bisa memilih konsumsi secara langsung atau membuat jus ceri jika mungkin Anda bosan memakannya langsung.

3. Apel

Buah dapat dikonsumsi siapa saja dan mampu memberikan segudang manfaat kesehatan bagi manusia ini jangan sampai ketinggalan. Di dalam buah ini ada kandungan asam malat tinggi yang memang dapat membantu penderita asam urat untuk menjadi jauh lebih baik dan sehat. Ketika dikonsumsi rutin, otomatis asam malat itulah yang kemudian secara otomatis menetralkan kembali asam urat yang tinggi.

Baca Juga : 20 Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi dan Asam Urat 

Ketika asam urat berhasil menjadi netral kembali, maka rasa nyeri dan juga radang yang ditimbulkan olehnya bakal berkurang juga. Untuk menurunkan kadar asam urat tinggi, silakan makan buah apel 1 saja setiap harinya supaya Anda mampu memperoleh khasiatnya. Boleh juga dikonsumsi bersama air putih dan 3 sendok teh cuka apel.

4. Jeruk Nipis

Kalau biasanya jeruk nipis merupakan buah yang dikonsumsi ketika sedang batuk dan paling kerap dijadikan obat batuk alami yang ampuh, kali ini berbeda. Jeruk nipis bisa bermanfaat juga bagi yang sedang menderita penyakit asam urat dan juga penyakit radang sendi yang diakibatkannya.

Asam sitrat di dalam jeruk nipis cukup tinggi kandungannya dan oleh karena itulah Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan mengonsumsinya supaya asam urat larut oleh asam sitrat. Cukup dengan meminum perasan jeruk nipis sebanyak 2 kali setiap harinya secara teratur, kadar asam urat dijamin menurun dan Anda pun terhindar dari radang sendi.

5. Buah Naga

Bagi Anda yang tak hanya menderita asam urat tinggi tapi juga bermasalah dengan kolesterol tinggi, buah naga bisa menjadi solusi. Buah yang aslinya berasal dari Amerika Tengah ini sudah cukup populer di tanah air sebagai obat herbal yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Buah naga adalah jenis buah yang kaya akan kandungan air sehingga inilah yang menawarkan khasiat dnegan melarutkan zat purin penyebab kadar asam urat naik dan tinggi. Setelah telarutkan, otomatis kemudian nanti zat purin tersebut akan dibuang bersama cairan tubuh, yakni melalui keringat dan juga air seni.

6. Tomat

Buah sekaligus jenis sayur satu ini biasanya dikenal sebagai buah yang baik untuk tekanan darah karena mampu menjadi obat hipertensi yang efektif. Selain bisa menurunkan tekanan darah tinggi, Anda dapat mengonsumsi tomat ketika diketahui bahwa kadar asam urat Anda melebihi normal. Keuntungan tomat adalah bahwa buah ini bisa Anda masak, konsumsi langsung, atau meminumnya.

Baca Juga : Gejala Asam Urat Dilutut Yang Jarang Diketahui Orang 

Jenis buah ini bisa Anda masak sesuai dengan menu dan selera Anda, tapi juga bila ingin mengonsumsinya langsung ketika masih dalam kondisi segar juga bisa. Bahkan membuat jus tomat merupakan ide yang bagus dan akan jauh lebih menyegarkan sekaligus juga bermanfaat menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

7. Stroberi

Buah beri juga diketahui merupakan penangkal ampuh bagi yang menderita asam urat tinggi. Stroberi sendiri adalah buah dengan segudang khasiat bagi kesehatan dan untuk menurunkan kadar asam urat, Anda bisa mengonsumsinya langsung setiap hari atau bisa juga dengan dibuat jus. Di dalam 8 buah stroberi atau segelas jus stroberi ada kandungan 50 kalori sehingga aman bagi tubuh.

8. Jambu Biji

Buah satu ini adalah jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi sekaligus juga berkandungan pektin serta serat. Anda bisa minum jus jambu biji 2 jam setiap sehabis makan untuk menurunkan kadar asam urat tinggi secara alami dan maksimal.

Tak hanya baik bagi penderita asam urat, untuk Anda yang menderita kolesterol tinggi dan gangguan pencernaan, jus jambu biji atau buahnya langsung akan membantu mengatasi masalah kesehatan tersebut. Sediakan jambu biji matang dan blenderlah dengan ditambah ½ gelas kecil air putih, setelah jadi bisa Anda minum teratur menurut yang sudah dianjurkan tadi.

9. Bengkoang

Buah satu ini biasanya memang paling enak dibuat rujak, tapi sebenarnya Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai obat asam urat. Buatlah jus bengkoang yang ditambah dengan madu atau juga jenis sayuran lainnya untuk meningkatkan manfaat yang didapat oleh tubuh. Memakan buahnya langsung juga bisa memberikan efek baik bagi penurunan kadar asam urat.

10. Alpukat

Banyak yang mengira alpukat ini hanya baik untuk merawat kulit karena kandungan vitamin E yang tinggi. Sementara itu, alpukat dianggap buruk bagi kesehatan karena memiliki kandungan lemak yang sebenarnya merupakan lemak baik. Untuk asam urat, alpukat akan menjadi buah bermanfaat, terutama bila Anda menjadikannya smoothie dingin.

11. Semangka

Pasti bisa membayangkan betapa segar dan menggiurkannya buah semangka merah atau jus semangka dingin. Ketika hawa sedang panas, semangka bisa menjadi pelipur dahaga, tapi semangka pun bisa dimanfaatkan oleh para penderita asam urat untuk menurunkan kadarnya yang tinggi. Buatlah jus semangka dan konsumsilah setiap hari; dicampur dengan stroberi lebih disarankan.

12. Melon

Selain mampu menurunkan tekanan darah tinggi, melon adalah buah berkandungan air tinggi yang siap menurunkan juga kadar asam urat dalam darah Anda. Baik dimakan langsung atau dibuat jus, tentunya tak akan menurunkan efektivitasnya. Ditambah dengan sesendok makan jeruk nipis akan jauh lebih berkhasiat lagi.

13. Sirsak

Buah satu ini rupanya juga mampu menurunkan kadar asam urat tinggi secara aman dan tanpa efek samping. Sediakan buah sirsak matang dan buatlah minuman jus dari sirsak yang dicampurkan dengan 1 buah apel segar. Tak hanya mengenyangkan, jus sirsak plus apel ini akan membebaskan Anda dari bahaya asam urat tinggi.

14. Belimbing

Buah belimbing juga dapat menjadi penyelamat bagi Anda yang mengalami masalah asam urat tinggi. Buah ini dapat Anda konsumsi langsung maupun dijus, bahkan juga bisa dicampur dengan potongan buah markisa. Supaya lebih segar dan berkhasiat, Anda bisa menambahkan juga 1 sendok air perasan jeruk keprok di mana akan mengurangi rasa sakit jika sudah meradang.

Demikian buah yang dapat menurunkan asam urat tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.