Kamis, Desember 13berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

20 Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Dan Asam Urat Yang Sehat

NettCyber.com | 20 Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Dan Asam Urat. Banyak orang yang kurang bisa menjaga keseimbangan pola hidup mereka mulai dari aspuan hingga kebiasaan hidup yang membuat mereka banyak menderita sakit. Beragam penyakit termasuk didalamnya adalah hipertensi dan asam urat menjadi gejala penyakit yang banyak ditemui.

jenis sayuran yang dapat menurunkan asam urat hd 320 makanan untuk penderita darah tinggi dan asam urat hd

Bagi penderita penyakit hipertensi ataupun asam urat tentu harus berhati-hati dalam menjaga asupan mereka karena jika salah makan, akibatnya bisa memperburuk penyakit yang diderita.

Dampak buruk dari penyakit ini memang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit stroke, penyakit mata, penyakit ginjal bahkan penyakit jantung.

Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Dalam mengkonsumsi makanan anda perlu berhati-hati karena beberapa makanan mengandung zat berbahaya bagi para penderita darah tinggi. Dalam hal ini tentu pengetahuan akan asupan makanan yang dianjurkan bagi para penderita darah tinggi harus diketahui secara jelas sehingga anda dapat menyediakan makanan yang baik bagi kesehatan anda dan tidak beresiko membuat darah tinggi anda semakin naik.

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan seledri merupakan sayuran yang memiliki kandungan kalium yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. tidak hanya itu saja, bayam juga dapat digunakan sebagai sumber makanan yang mengandung magnesium dan potasium yang bagus untuk menjaga kestabilan darah.

Baca Juga : Gejala Asam Urat Dilutut Yang jarang Diketahui 

Sayuran merupakan makanan yang mengandung serat tinggisehingga bagus untuk dikonsumsi penderita asam urat. Sayangnya sayuran daun melinjo tidak bagus untuk penderita asam urat.

2. Bawang putih

Bawang putih bukan hanya sekedar menjadi penyedap makanan melainkan juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penebalan pembuluh darah, pembekuan darah, serta untuk menghilangkan penyumbatan pada organ  penting manusia yaitu jantung.

3. Gandum

Gandum menjadi makanan pengganti nasi yang direkomendasikan bagi para penderita darah tingggi. Gandum bisa menjadi penurun darah tinggi yang cukup efektif jika dikonsumsi secara rutin.

4. Minyak Zaitun

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan sehat berupa anti oksidan yang baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah serta kesehatan jantung. Minyak zaitun ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan misalnya saja bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering.

5. Susu Skim

Susu skim merupakan susu yang bebas dari lemak dengan kandungan vitamin D serta kalsium yang tinggi. Kedua jenis nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

Baca Juga : Penyebab Asam Urat Dilutut dan Cara Mengatasinya

6. Tomat

Di dalam sebutir tomat terdapat banyak zat penting yang baik bagi kesehatan seperti vitamin C, vitamin E, dan magnesium. Bagi penderita darah tingggi sebaiknya memasukkan tomat sebagai menu sehat harian anda.

7. Kedelai

Kedelai yang dibuat menjadi susu atau diolah dengan cara dimasak merupakan makanan baik yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kedelai merupakan sumber kalium dan magnesium yang sangat baik.

8. Pisang

Pisang menjadi salah satu pilihan tepat bagi para penderita tekanan darah tinggi karena memiliki sumber kalium yang cukup tinggi. Tidak hanya buah pisang namun buah-buahan segar lainnya seperti mengkudu, zaitun, tomat dan alpukat merupakan makanan sehat bagi para penderita darah tinggi. Bukan  hanya vitamin, namun kandungan mineral dalam buah-buahan tersebut bagus untuk melawan tekanan darah tinggi.

9. Kentang Putih

Kentang putih memiliki kandungan sehat berupa magnesium yang cukup tinggi. Kalium dan magnesium dapat membuat aliran darah menjadi sehat dan lancar.

10. Biji Bunga Matahari

Camilan super yang satu ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah serta kesehatan jantung anda. Biji bunga matahari juga kaya akan magnesium yang bagus untuk menjaga peredaran darah tubuh supaya tetap lancar.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab berbagai jenis penyakit kronis lainnya seperti stroke, serangan jantung, asteroklerosis, dan lain-lain. Untuk terbebas dari penyakit darah tingggi dan jenis penyakit komplikasi lainnya, anda sebaiknya memperhatikan konsumsi anda sehari-hari serta cukupi konsumsi air putih anda dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari.

Makanan untuk Asam Urat

Sama seperti hipertensi, penderita asam urat juga harus memperhatikan asupan mereka sehari-hari supaya terhindar dari derita asam urat yang semakin parah. Memperhatikan asupan anda sehari-hari menjadi pilihan tepat terutama agar dapat menyediakan menu harian sehat bagi tubuh anda.

1. Perbanyak Buah Apel

Di dalam buah apel, terdapat kandungan berupa asam malat yang berguna untuk menetralkan asam malat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda bisa mengonsumsi apel sebanyak satu buah pada tiap harinya.

2. Makanan yang Mengandung Banyak Serat

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, makanan dengan kandungan serat yang tingi, dapat membuat kadar asam urat dalam tubuh menjadi berkurang. Serat mampu menyerap kadar asam urat yang berlebih pada aliran darah sehingga membuat kelebihan asam urat dari tubuh anda dibuang melalui ginjal. Ada banyak makanan dengan kandungan serat yang tinggi mulai dari seledri, mentimun, serat akasia, barley, Oats, brokoli, apel dan lain-lain.

3. Pisang

Buah yang satu ini menjadi favorit bagi banyak orang. Buah pisang yang dikonsumsi sebanyak 8 hingga 9 buah pada tiap harinya dapat mengurangi terjadinya pembengkakan serta peradangan akibat asam urat.

4. Ikan Salmon

Ikan salmon berguna untuk mengurangi terjadinya peradangan serta pembengkakan pada sendi yang diakibatkan oleh asam urat. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki kandungan yang berupa omega 3 yang baik bagi kesehatan anda.

5. Teh Hijau

Minuman sehat yang satu ini dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk keperluan mengontrol kadar asam urat pada tubuh.

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan sehat yang bernama teobromin yang dapat menjaga kadar asam urat pada tubuh anda.

7. Buah dengan Kandungan Vitamin C

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C  seperti jeruk nipis, jmbu, kiwi serta lemon merupakan buah-buahan sehat yang berguna untuk para penderita asam urat. Kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh untuk kemudian dibuang melalui urin. Jeruk nipis sendiri bisa dijadikan salah satu solusi mengatasi asam urat dengan cara diminum setiap hari sebanyak 2 kali untuk hasil yang maksimal.

8. Cuka Apel

Dalam menggunakan cuka apel untuk mengurangi derita asam urat dapat dilakukan dengan cara menyiapkan 3 sendok teh cuka apel lalu campur dengan 8 ons air. Minum 2 hingga 3 kali dalam sehari.

9. Ekstrak Biji Seledri

Pengobatan yang satu ini banyak dipilih oleh mereka yang terkena gangguan asam urat.

10. Kacang Panjang Perancis

Kacang panjang perancis dapat dibuat menjadi menjadi jus yang bagus bagi kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yang bagus.

Ada banyak makanan sehat yang dianjurkan bagi para penderita asam urat untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Selain berbagai jenis makanan dan minuman di atas ada pula sayuran berdaun hijau yang bagus manfaatnya bagi para penderita asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.