Senin, Maret 25berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Ini Efek Samping Dan Bahaya Madu DiKonsumsi Berlebihan

NettCyber.com | Bahaya madu dikonsumsi berlebihan. Sesuatu yang berlebihan memang tak baik untuk tubuh. Hal itu juga berlaku bagi Anda yang gemar mengkonsumsi madu setiap hari. Bukan rahasia lagi bahwa madu mempunyai manfaat bagi kesehatan.

Madu memiliki rasa manis yang relatif sama dengan gula pada umumnya. Dengan kata lain, jumlah aman untuk mengonsumsi madu seharusnya sama dengan jumlah aman ketika mengonsumsi gula.

bahaya madu

Meski begitu bukan berarti Anda bisa meminumnya setiap hari. Ada sedikit kekhawatiran jika madu terlalu banyak dikonsumsi, terutama bagi bayi dan orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Bahaya jika madu dikonsumsi berlebihan

Beberapa efek yang akan timbul jika Anda mengonsumsi madu secara berlebihan, antara lain:

1. Efek jangka pendek yang akan timbul akibat mengonsumsi madu secara berlebihan adalah menyebabkan masalah lambung, seperti kram perut, kembung, dan diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan fruktosa pada madu yang akan menyebabkan terganggunya kemampuan usus untuk menyerap nutrisi sehingga dapat menyebabkan nyeri perut yang berkelanjutan.

2. Efek jangka panjang yang akan terjadi jika Anda secara konsisten mengonsumsi madu secara berlebihan adalah timbulnya masalah pada saluran pencernaan Anda. Di samping itu, terganggunya kemampuan usus untuk menyerap nutrisi juga akan terjadi secara permanen. Dan yang lebih berbahaya adalah terjadinya ketidakpekaan insulin yang bisa menyebabkan jumlah gula dalam darah meningkat.

Baca Juga : Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan

Selain itu efek samping  terjadi pada tubuh bila kebanyakan minum madu

1. Bahaya Madu Dapat Menyebabkan Meningkatnya kadar gula darah

Karena madu memiliki sejumlah besar karbohidrat, madu cenderung menaikkan kadar gula darah. Pada orang sehat, produksi insulin dapat menetralkan kenaikan kadar gula darah, tetapi untuk penderita diabetes, seseorang bisa mengalami kenaikan abnormal pada levelnya. Oleh karena itu, madu tidak disarankan bagi penderita diabetes.

2. Bahaya Madu Dapat Menyebabkan Masalah gigi

Menurut USDA National Nutrient Database, sekitar 82 persen madu terdiri dari gula dan dapat dengan mudah meningkatkan kerusakan gigi. Meskipun madu memiliki gula alami sebagai komponennya, namun dengan mudah menempel pada berbagai bagian mulut Anda, terutama gigi, karena viskositasnya yang tinggi.

Madu membantu bakteri di dalam mulut membentuk asam yang pada gilirannya menyebabkan erosi email gigi, sehingga mendorong kerusakan gigi. Jadi, lebih baik menggunakan madu secukupnya dalam makanan.

3. Bahaya Madu Dapat Menyebabkan Penambahan berat badan

Madu mempromosikan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Pelakunya adalah fruktosa yang hadir dalam makanan manis ini. Terlalu banyak fruktosa  bisa menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan terkait kadar gula yang tinggi. Meski alami, konsentrasi gula yang tinggi bisa mempengaruhi hati kita.

4. Bahaya Madu Dapat Menyebabkan Mempengaruhi saluran gastrointestinal

Madu yang sedikit asam bisa mengikis lapisan perut, kerongkongan dan usus, sehingga menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga bisa menyebabkan penyakit yang disebut acid reflux.

5. Bahaya Madu dapat Menyebabkan Sembelit dan masalah perut

Konstipasi adalah masalah kesehatan lain yang timbul dari makan terlalu banyak madu. Konsentrasi tinggi fruktosa kembali menjadi alasan untuk hal ini. Efek samping lainnya adalah kembung dan diare. Diare bisa jadi akibat ketidakmampuan perut mencerna gula dalam madu.

6. Bahaya Madu Dapat Menyebabkan Tekanan darah rendah

Madu memiliki bahan yang diperlukan untuk menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, akan ada risiko pada orang dengan tekanan darah rendah jika memiliki terlalu banyak madu, karena akan semakin berkurang, sehingga menyebabkan kerusakan fungsi jantung yang serius. Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang baik mengenai jumlah asupan madu.

Selain itu, anda juga harus cermat memilih jenis madu yang anda konsumsi. Pilihlah madu Murni yang baik untuk kesehatan dan mengandung rendah gula.