Jumat, Agustus 23berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kenali 11 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Yang Utama Dan Penting

NettCyber.com | Manfaat kunyit untuk kesehatan –  Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di Indonesia, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Tidak heran karena manfaat tanaman / rempah ini tidak hanya untuk masakkan melainkan juga untuk kesehatan.

manfaat kunyit bagi kesehatan hd 1

Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah dan menghilangkan flek hitam pada kulit. Kunyit memiliki sejumlah kandungan seperti minyak atsiri, zat warna kurkumunoid, mineral, dan beberapa zat penting lainnya.

Kandungan inilah yang membuatnya memiliki manfaat dan banyak dicari dan dibudidayakan. Khasiat kunyit tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan kulit dan rambut. Di era seperti sekarang tidak sulit untuk mencari tumbuhan berumbi ini. Anda bisa menemukan dipasar dalam bentuk serbuk atau instan untuk memudahkan dalam mengonsumsi.

1. Kandungan nutrisi / gizi didalam kunyit

Energi63 kkal
 Protein2 gr
 Lemak2,7 gr
 Karbohidrat9,1 gr
Kalsium 24 mg
Fosfor78 mg
Zat Besi 3 mg
 Vitamin A 0 IU
 Vitamin B10,03 m
 Vitamin C 1 mg

Baca Juga : Kandungan Nutrisi dan Gizi Kunyit Lengkap

2. Manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Tumit Retak

Bagi yang mengalami tumit retak, kunyit dapat mengatasi hal tersebut. Gunakan satu sendok teh minyak kelapa dengan satu sendok bubuk kunyit. Oleskan campuran ini pada tumit retak 10 menit sebelum mandi.

2. Manfaat kunyit Untuk Mencegah kanker

Penyakit kanker menempati posisi tiga besar penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini muncul akibat perubahan atau mutasi gen yang terjadi dalam tubuh. Sel kanker tumbuh tidak terkendali dan menyebar pada organ lain. Kanker disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola hidup yang tidak sehat, infeksi virus atau bakteri serta radikal bebas. Senyawa radikal bebas seperti Hidrogen peroksida dapat memicu kerusakan gen dalam sel dan memicu munculnya sel kanker.

Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kunyit dapat mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit mampu membunuh sel kanker dan meningkatkan efektifitas obat-obatan konvensional yang digunakan dalam pengobatan kanker.

 3. Manfaat kunyit Untuk Meredakan maag

Maag adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran cerna atau yang lebih dikenal dengan tukak atau radang lambung.

Maag dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya pola makan yang tidak teratur dan infeksi bakteri yang melukai dinding lambung yang menimbulkan infeksi. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung.

Selain itu, senyawa curcumin juga mampu menghambat produksi asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada penderita maag. Mengkomsunsi kunyit secara rutin dapat membantu menyembuhkan luka pada lambung sekaligus meningkatkan nafsu makan.

4. Manfaat Kunyit Untuk Melancarkan ASI

ASI memang salah satu kebutuhan bayi sebagai sumber makanan. Jika sampai kekurangan ASI, bayi akan kekurangan gizi dan mengganggu tumbuh kembangnya. Maka dari itu, ASI harus tetap lancar untuk memenuhi kebutuhan bayi. Mengkonsumsi kunyit secara rutin  dapat membantu melancarkan asi.

Baca Juga : Klasifikasi Ilmiah Kunyit serta Morfologinya

5. Manfaat kunyit Untuk Mencegah Alzheimer

Dalam kunyit terdapat kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, sebuah penyakit yang akan bermasalah dengan ingatan dan cara berfikir.

6. Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Tifus

Anda bisa membuat obat tifus dengan kunyit, caranya yakni dengan menumbuk 2 rimpang kunyit yang dicampurkan dengan 1 bonggol sere dan 1 lembar daun sambiloto. Setelah halus tambahkan 1 gelas air matang, saring dan minum ramuan tersebut selagi masih hangat.

manfaat kunyit bagu kesehatan hd

7. Manfaat kunyit Untuk Mencegah kanker

Antioksidan yang terkandung dalam kunyit bermanfaat untuk mencegah kerusakan dan mutasi sel. Selain itu terdapat juga kandungan kurkumin, dimana kandungan ini bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker perut, kanker usus, dan kanker kulit.

8. Manfaat kunyit Untuk Mengurangi resiko diabetes

Kandungan curcumin dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin. Sehingga membuat kandungan kadar glukosa dalam darah anda bisa dikendalikan, dengan begitu anda akan terhindar dari diabetes.

9. Manfaat kunyit Untuk Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit kurangnya sel darah merah. Salah satu penyebab anemia yakni kurangnya zat besi, karena zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan sel darah merah tersebut. Untuk menghindari anemia anda bisa mengkonsumsi kunyit secara rutin.

10. Manfaat Kunyit Untuk Melancarkan pencernaan

Kandungan minyak atsiri dan curcumin dalam kunyit bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

11. Manfaat kunyit Untuk Mengurangi mual

Ada banyak kondisi kesehatan yang bisa jadi penyebab timbulnya rasa mual, seperti stress, dehidrasi, atau bahkan infeksi pada pencernaan. Jika mual yang dirasakan disebabkan oleh masalah pencernaan, kunyit sebagai rempah alami bisa mengurangi rasa mual pada pencernaan. Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berfungsi untuk menghadirkan antioksidan di tubuh yang berfungsi memerangi racun sehingga mual Anda bisa diredakan.

Nah itulah 11 manfaat kunyit untuk kesehatan, semoga bermanfaat.