Senin, Oktober 14berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Daun Binahong

NettCyber.com | Cara Mengobati Asam Urat Dengan Daun Binahong. Mungkin belum banyak yang tahu tanaman ini,  Nama tanaman atau daun binahong mungkin masih sedikit terasa asing disebagian masyarakat Indonesia. Padahal bisa saja tanaman menjalar yang satu ini tumbuh di sekitar rumah Anda. Bentuk dari daun ini sendiri mirip sekali dengan bentuk love, sehingga terkadang memberikan kesan romantis.

cara mengobati asam urat dengan daun binahong hd 1

Tanaman ini juga termasuk ke dalam tanaman yang berumur panjang dan memiliki tangkai yang cukup pendek. Daunnya memiliki ujung yang runcing dan pangkalnya berlekuk dan tentu saja bisa dimakan.

Fakta lain yang juga perlu Anda tahu mengenai daun ini ialah ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak. Namun sayangnya memang masih sedikit orang yang menyadari manfaat daun binahong ini.

Manfaat Daun binahong akhir-akhir banyak menjadi buah bibir karena kegunaannya yang semakin populer untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Daun binahong seperti terdengar asing di telinga, namun sebenarnya tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman herbal, terlebih lagi pada bagian daunnya.

Berbagai penyakit dapat menggunakan daun binahong, untuk pengobatan alternatif. Pengobatan dengan tanaman herbal memang relatif lebih lama sembuh, namun akan lebih murah jika dibandingkan dengan obat dokter.Sebelum kita bahas tentang manfaat daun binahong untuk kesehatan, kita lihat dulu kandungan nutrisi daun binahong  yang bermanfaat bagi tubuh kita.

cara mengobati asam urat dengan daun binahong hd 2

Bagi Anda yang mengalami asam urat Anda dapt memanfaatkan daun binahong sebagai obat alami untuk menyembuhkan asam urat. Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun binahong ini sangat bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Kandungan Nutrisi Daun Binahong

Daun binahong memiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan berupa zat zat yang bermanfaat untuk tubuh antara lain adalah saponin, polifenol, alkanoid, minyak Atsiri, dan juga asam oleanik.

1. Saponin

Saponin adalah salah satu zat yang terkandung di banyak tumbuhan, saponin memiliki sifat yang menimbulkan buik ketika dikocok bersama air.

Sifat saponin ini tentu saja bermanfaat pada tubuh manusia seperti untuk membersihkan usus manusia. Selain itu untuk saponin memiliki sifat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga :  Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan 

Selain itu juga menghambat penyerapan lemak dalam tubuh sehingga merngurangi potensi penyakit kolesterol dan juga mengurangi potensi penyakit jantung.

Selain itu saponin yang dikandung dalam konsentrasi tertentu akan mengurangi potensi penyakit kanker usus besar.

Saponin juga merupakan zat yang bisa anda gunakan untuk antioksidan, menyembuhkan penyakit prostat, dan memiliki sifat mengunci aktifitas anti mikroba.

2. Polifenol

Polifenol adalah salah satu bahan kimia yang terbentuk dari kumpulan beberapa zat kimia yaitu fenol. Polifenol bisa anda dapatkan pada banyak tumbuhan salah satunya adalah daun binahong.

Polifenol dalam tumbuhan ada banyak jenisnya salah satu jenis polifenol yang terkenal adalah flavanoid. Flavanoid adalah polifenol yang bisa anda dapatkan di banyak tumbuhan salah satunya adalah buah kokoa.

Polifenol memiliki sifat anti oksidan yang secara aktif meningkatkan anti inflamasi tubuh dan juga kekebalan tubuh.

Selain itu polifenol juga di percaya mampu mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak banyak sel sel dalam tubuh dan merupakan penyebab utama terjadinya kanker dan terjadinya penuaan dini.

Selain itu polifenol juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem peredaran darah sehingga menjaga peredaran darah tetap lancar dan juga jantung anda tetap dalam keadaan sehat.

3. Alkaloid

Jika anda memiliki bakat dari keluarga untuk terserang penyakit diabetes hal ini bisa menjadi masalah dikemudian hari. Oleh karena itu mengkonsumsi daun binahong akan membantu anda mengurangi resiko diabetes.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang memiliki sifat hipoglikemi yang bisa berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga secara otomatis akan mengurangi resiko diabetes anda.

4. Minyak Atsiri

Minyak atsiri merupakan minyak yang mudah menguap, minyak ini baik untuk digunakan untuk perawatan kulit seperti untuk pengobatan kurap, untuk mengobati saluran pernapasan, serta untuk melakukan perawatan kulit.

5. Asam Oleanik

Salah satu kandungan dari daun Binahong yang sangat baik adalah asam oleanik. Asam oleanik merupakan sebuah asam yang berguna sebagai anti oksidan serta anti inflamasi.

Asam oleanik akan mampu melindungi sel sel yang ada ditubuh supaya tidak ada bakteri dan juga racun yang masuk ke dalam sel.

Keberadaan perlindungan ini menjadi jaminan bahwa sel tubuh akan terlindungi dari bakteri bakteri jahat yang menyebabkan pengrusakan sel. Asam oleanik bersifat toksin yang kuat bagi bakteri sehingga bakteri dapat mati jika bertemu dengan asam ini.

Asam oleanik juga memiliki kemampuan memperbaiki sel sel rusak sehingga tubuh menjadi lebih sehat karena perlindungan dan perbaikan sel oleh asam oleanik.

Cara Mengobati Asam Urat Dengan Daun Binahong

Cara pertama:

  • Siapkan 20 lembar daun binahong yang masih muda.
  • Air yang sudah matang sekitar 8 gelas.
  • Bersihkan daun binahong terlebih dahulu dengan air lalu remas daun itu sampai keluar lendir.
  • Lalu, rebuslah 20 lembar daun binahong tersebut dengan air yang sudah disiapkan tadi dengan nyala api yang tidak terlalu kencang.
  • Rebus daun binahong tersebut sampai mendidih, dan biarkan sampai airnya berkurang sebanyak 3 gelas.
  • Setelah itu, angkat dan dinginkan air rebusan daun binahong kemudian air rebusannya dan air tersebut siap untuk diminum.

Cara kedua:

  • Siapkan 15 gram daun binahong dan madu secukupnya.
  • Siapkan juga air secukupnya.
  • Bersihkan daun binahong dengan air sampai bersih.
  • Masukkan daun binahong ke dalamnya lalu biarkan sampai mendidih.
  • Setelah itu saring ramuan dan biarkan sampai dingin
  • Air ramuan daun binahong siap diminum.

Baca juga : Cara mengobati asam Urat Dengan Buah Mengkudu 

Cara ketiga:

  • Siapkan 15 gr daun binahong yang masih bagus.
  • Siapkan oven.
  • Bersihkan daun binahong sampai bersih.
  • Kemudian jemur daun itu sampai benar-benar kering, dianjurkan untuk menjemurnya selama 1 hari penuh.
  • Setelah kering potong-potong daun lalu bubukkan.
  • Gunakan oven yang sudah disiapkan tadi untuk mengeringkan serbuk binahong.
  • Gunakan suhu oven sekitar 50 derajat celcius, lalu biarkan hingga daun kering dan tak bersisa sampai tersisa 10% kandungan air yang masih ada di dalam daun.
  • Kemudian masukkan ke dalam kantong yang biasa digunakan untuk teh celup.
  • Setelah itu seduh kantong teh tersebut seperti saat anda membuat teh.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengobati asam urat dengan daun binahong. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda. Selamat mencoba!