Senin, Desember 10berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Cara Mengobati Asam Urat Yang Membengkak

NettCyber.com | Cara Mengobati Asam Urat Yang Membengkak. Asam Urat mempunyai gejalan nyeri yang tak tertahankan, bengkak, dan terasa merah serta panas dipersendian. Bagian yang paling sering terkena adalah sendi pergelangan tangan dan kaki.

cara mengobati asam urat yang membengkak hd 4

Rasa sakit persendian dikarenakan adanya tusukan kristal tajam di sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Makanan yang mengandung asam urat tinggi adalah jeroan, hidangan laut, dan daging merah.

Orang-orang dengan obesitas, diabetes, dan hipertensi serta penyakit ginjal kronik juga meningkatkan risiko terkena asam urat. Penanganan yang dapat dilakukan dirumah:
1. Kompres kaki yang sakit dengan air es, hindari kontak langsung es dengan kulit.
2. Hindari makanan yang tinggi asam urat seperti jeroan, melinjo, kangkung, dll.

Cara Mengobati Asam Urat Yang Membengkak

Berikut adalah cara menghilangkan bengkak asam urat paling ampuh serta dapat menurunkan kadar asam urat:

1. Mengkonsumsi daun sidaguri

Khasiat sidaguri untuk asam urat sudah tidak perlu diragukan lagi. Daun ini memiliki beberapa kandungan manfaat seperti kalsium, asam amini, saponi, fenol, tannis, oksalat, alkaloid, minyak astirin, lubrikan dan juga zata phlegmatic.

Baca Juga : Cara mengobati Asam Urat Dengan Minyak Zaitun

Untuk mengkonsumsi sidaguri agar mengurangi pembengkakan, Anda bisa meminum rebusan sidaguri atau mengoleskan tumbukan sidaguri pada bagian yang bengkak.

2. Mengkonsumsi daun salam

Daun salam juga dapat menjadi salah satu obat tradisional yang dapat mengurangi pembengkakan. Kandungan yang adala pada daun salam dan dinilai mampu menurunkan kadar asam urat, seperti tannin, minyak astiri, polifenon dan juga flavonoid.

cara mengobati asam urat yang membengkak

Cara mengobati asam urat dengan daun salam, Anda bisa meminum rebusan daun salam dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari yaitu, pada pagi dan mala hari.

3. Mengkonsumsi daun kumis kucing

Obat herbal untuk asam urat lain yang dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat adalah dengan menggunakan daun kumis kucing. Tanaman ini diyakini dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dengan bertahap dan cepat, sehingga akan menghilangkan pembengkakan karena penumpukan asam urat.

cara mengobati asm urat yang membengkak

Kumis kucing mempunyai sifat diuretic dan memiliki kandungan kalium cukup tinggi. Untuk mengkonsumsi kumis kucing, Anda dapat mengolah 10 gram kumis kucing dengan campuran 10 gram jahe, 10 gram menis dan juga 10 gram kapulaga. Campukan semua bahannya, kemudian Anda dapat merebusnya. Hasil dari air rebusan nya bisa Anda konsumsi dengan rutin.

4. Mengkonsumsi daun bidara

Cara menghilangkan bengkak asam urat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi daun bidara. Kandungan pada daun ini adalah kalsium, alkalin, natrium, flavonoid, keton dan aldehid. Daun ini dinilai mampu secara efektif menurunkan kadar purin yang terlalu berlebihan di dalam tubuh. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin akan menyembuhkan pembengkakan asam urat pada bagian persendian. Anda dapat mengkonsumsi air rebusan bidara pada pagi, siang dan juga malam hari.

5. Mengkonsumsi daun pare

Masih masuk dalam kategori obat tradisional dan bisa di olah sendiri yaitu daun pare. Tidak hanya pada buahnya saja, daun pare juga diyakini dapat meringankan pembengkakan akibat asam urat. Kandungan daun pare yang mempunyai manfaat seperti elasterol, glikosida, alkaloid, asam folat, polipeptida, vitamin A, B1, B12, C dan E. Anda dapat mengkonsumsi ramuan ini 3 kali sehari, walaupun rasanya sangat pait tapi akan sangat bermanfaat untuk penurunan kadar asam urat Anda.

Baca Juga : Jenis Sayuran Yang Dapat Menurunkan Asam Urat

6. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potassium

Makanan yang mempunyai kandungan potasium tinggi sangat bermanfaat untuk menghilangkan adanya pengendapat purin yang sangat mengganggu pada bagian persendian. Makanan yang mempunyai kandungan potassium seperti pisan dan juga yoghurt. Anda juga sebaiknya perbanyak mengkonsumsi vitamin C, agar potassium dan vitamin C dapat bersama-sama meluruhkan endapatn purin yang ada pada daerah persendian.

7. Jagalah tubuh Anda agar terhindar dari resiko dehidrasi

Anda juga sebaiknya tetap menjaga tubuh agar terhindar dari resiko dehidrasi. Untuk mengurangi resiko tersebut, Anda di anjurkan untuk mengkonsumsi air putih secukupnya. Air putih yang Anda konsumsi dapat membantu mengatasi pembengkakan disebabkan asam urat dengan cara membawa endapat purin dan mengeluarkannya lewat air urin. Sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih tidak kurang dari 2 liter per harinya.

8. Bergeraklah atau berolahraga ringan

Saat kaki Anda mengalami pembengkakan disebabkan adanya penumpukan asam urat, sebaiknya Anda tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Bergeraklah agar kaki yang mengalami pembengkakan tidak mengalami rasa kaku yang akan membuat Anda kesulitan bergerak. Atau Anda juga bisa melakukan olahraga yang ringan seperti memutarkan pergelangan kaki, atau berlari santai dan berjalan-jalan. Teruslah latih kaki Anda agar pengendapan asam urat yang menyebabkan bengkak tidak berlanjut hingga tahap yang lebih parah.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat yang membengkak. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda yang mengidap penyakit asam urat.