Selasa, November 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Mengkonsumsi Bawang Putih

NettCyber.com | Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Mengkonsumsi Bawang Putih. Darah tinggi adalah salah satu penyebab terbesar kematian setiap tahun. Hal ini karena sebagian besar hubungannya terhadap penyakit kardiovaskular yang mengarah ke jantung. Oleh karena itu, darah tinggi harus segera mendapat perhatian yang serius. Karena jika tidak, panyakit ini bisa terus meningkat pada level yang membahayakan.

Cara Menurunkan Tekanan Darah tinggi dengan mengkonsumsi bawang putih hd

Banyak obat yang diresepkan khusus untuk menangani hipertensi, namun penggunaan bahan alami dan perubahan diet akan sangat membantu dalam penanggulangan. Hampir sebagian orang memilih cara alami. Hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa cara alami lebih aman dan dapat memperpanjang usia. Benarkah bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut penjelasanya

Studi menemukan bahwa konsumsi bawang putih sebanyak 1,8 miligram setiap hari terbukti dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sebesar 10 persen. Meski demikian, dalam penelitian lebih lanjut ditemukan bahwa bawang putih tak bisa membuat tekanan darah kembali normal.

Jadi, memang benar bahwa bawang putih mentah bisa mengobati hipertensi. Namun obat hipertensi dari dokter juga tetap harus diminum dengan teratur, karena bawang putih tidak dapat diandalkan sebagai satu-satunya pengobatan untuk penderita hipertensi.

cara menurnkan tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi bawang putih hd 1

Cara mengolah Bawang Putih Untuk Menurunkan Darah Tinggi

1. Kukus

Salah satu tips cara mengolah bawang putih untuk darah tinggi yang mudah adalah dengan cara dikukus. Bawang putih yang telah dikupas kulitnya dapat dikukus lalu dikonsumsi langsung 2 kali sehari masing masing 1 siung.

2.Rebus

Merebus adalah cara mengolah bawang putih untuk darah tinggi yang terbukti aman tanpa efek samping bagi usia dewasa dan porang tua.  Bawang putih dapat direbus kurang lebih 5 menit saja untuk kemudian dimakan bersama nasi atau dikunyah langsung bersama sedikit garam agar rasa getirnya berkurang.

Baca Juga : 14 buah buahan penurun Asam Urat tinggi 

3. Jus

Bukan buah atau sayuran saja yang bisa dibuat menjadi jus. Tetapi bawang putih pun dapat dibuat menjadi jus sehat  yang dikonsumsi 1 kali sehari.  Cara mengolah bawang putih untuk darah tinggi melalui pembuatan jus. Yaitu  ambilah 2 siaung bawang putih yang telah dikupas kulitnya lalu potonglah menjadi beberapa bagian lalu tambahkan beberapa daun seledri dan air matang secukupnya lalu blenderlah untuk kemudian diminum.

4. Seduh

Tips cara mengolah bawang putih untuk darah tinggi yang bisa dikonsumsi pria dan wanita sebelum tidur malam adalah seduhlah 1 siung bawang putih kedalam segelas air panas yang sebelumnya telah ditumbuk kasar atau digeprak. Aduk dan biarkan hingga air berubah menjadi hangat, Untuk kemudian minuman sehat tersebut bisa diminum.

5. Makan langsung

Menyantap langsung bawang putih mentah tanpa proses perebusan atau pengukusan terlebih dahulu dapat dipilih menjadi salah satu cara mengolah bawang putih untuk darah tinggi. Gunakan bawang putih secara bijak (tidak lebih dari 1 siung ukuran sedang dalam satu hari), Karena bahaya bawang putih mentah yang dimakan langsung secara berlebihan atau jangka panjang  dapat mencederai dinding saluran usus,  lambung atau organ tubuh lain  sehingga dapat menimbulkan masalah keluhan kesehatan lain.

Baca Juga : 9 makanan untuk menurunkan kolestrol dan Asam Urat 

Bawang putih dan masakan sehari hari

Untuk mendapatkan kondisi peredaran darah yang selalu lancar supaya senantiasa terhindar dari munculnya tekanan darah sistolik dan diastolik yang bisa mengacu pada munculnya gejala darah tinggi, Maka komsumsilah bawang putih setiap hari melalui masakan yang diolah sehari hari dengan jumlah yang sedikit ditingkatkan tetapi tidak berlebihan. Yaitu tidak lebih dari 2 siung.

Perlu diwaspadai bahwa efek samping bawang putih bagi kesehatan yang dikonsumnsi secara berlebihan maka beresiko menyebabkan penyempitan pembuluh darah darah yang nantinya hanya akan memperparah kondisi gejala darah tinggi yang sudah ada.
Nah, sudah tahu kan jika mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan darah tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.