Senin, Desember 10berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Efek Samping Buah Tomat Jika Dikonsumsi Berlebihan

NettCyber.com | Efek Samping Buah Tomat Jika Dikonsumsi Berlebihan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi memang baik untuk kesehatan. Namun, tidak selamanya mengkonsumsi makanan yang baik itu juga akan berefek baik jika dilakukan secara berlebihan. Apapun itu jika dilakukan secara berlebihan malah akan membahayakan tubuh.

efek samping tomat jika dikonsumsi berlebihan hd 3

Begitu juga buah tomat, buah tomat memang mengandung banyak nutrisi, dan nutrisi itu sangat bermanfaat bagi tubuh. Bukan berarti dengan mengkonsumsi tomat berlebihan akan berefek baik, tidak..! Mengkonsumsi tomat secara berlebihan hanya akan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Efek Samping Buah Tomat Jika Dikonsumsi Berlebihan untuk Kesehatan

Berikut beberapa efek samping buah tomat jika dikonsumsi berlebihan yang perlu anda waspadai.

1. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Kekebalan Tubuh Yang Tidak Seimbang

Elemen yang utama ditemukan dalam tomat segar adalah pigmen karotenoid ‘lycopene’ mentah. Ini adalah senyawa kimia yang seharusnya untuk menjaga kanker. Tetapi asupan berlebihan dari fitokimia ini dapat mengganggu kegiatan rutin dari sistem kekebalan tubuh kita dan memperlambat sistem kekebalan tubuh.

efek samping tomat jika dikonsumsi berlebihan hd 2

Sebagai akibatnya, tubuh kita kehilangan kemampuan untuk melindungi dirinya sendiri dari beberapa mikroba (bakteri, jamur dan virus) penyakit umum. Pada saat yang sama juga tubuh menjadi tidak mampu memperbaiki kerusakan fisik.

2. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Masalah Pencernaan

Tomat ini banyak mengandung asam. Sehingga, mengkonsumsi tomat secara berlebihan memicu berbagai gangguan pencernaan. Gastroesophageal refluks penyakit (GERD), yang dikenal sebagai ‘acid reflux’, adalah gangguan umum pada usus.

efek samping tomat jika dikonsumsi berlebihan hd 1

Penyakit ini menimbulkan tingkat asam pencernaan dalam perut kita menjadi meningkat. Secara bertahap, asam yang mencapai dinding kerongkongan akan menyebabkan sensasi terbakar di dalamnya. Asam dari tomat dapat membuat kondisi buruk ini dan bahkan dapat membuat Anda merasa mulas.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Tomat

Jadi, jika Anda telah didiagnosa dan mengidap GERD atau masalah lain seperti pencernaan, batasilah asupan tomat anda sesegera mungkin.

3. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Gangguan Sindrom Iritasi Usus

Kandungan Likopen tomat dapat mengakibatkan beberapa masalah usus yang serius, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS). Hal ini ditandai oleh rasa sakit akut dan ekstrim ketidaknyamanan di perut bersama dengan kebiasaan usus yang berubah.

Selain itu, Anda juga dapat mengalami beberapa masalah-masalah usus yang moderat seperti perut kembung, gangguan pencernaan, dll, jika Anda mengkonsumsi sebanyak 30 mg Likopen sehari,mungkin akan menimbulkan gejala seperti mual, muntah, diare dll.

4. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Sayuran Tomat, terutama bijinya, kaya senyawa kalsium dan oksalat. Jika Anda sudah menderita masalah ginjal kecil, itu akan benar-benar sulit bagi tubuh Anda untuk mencerna elemen-elemen ini. Dalam kasus tersebut, mengkonsumsi sejumlah besar tomat akan berbahaya bagi Anda.

5. Efek Samping Buah Tomat Dapat Memburuknya Divertikulitis

Divertikulitis adalah suatu kondisi medis di mana lapisan permukaan dalam usus besar menjorok melalui lapisan otot eksternal dan ‘divertikula’ atau kantong kecil ini menjadi meradang karena infeksi. Menurut ilmuwan, biji tomat berukuran yang kecil, bisa terjebak dalam kantung ini dan memperburuk kondisi usus.

6. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Memburuknya Kanker Prostat

Penelitian telah menunjukkan bahwa lycopene hadir dalam biji sayuran ini, dan dapat menyebabkan kelainan dalam kelenjar prostat laki-laki. Mempengaruhi sistem reproduksi, kelainan ini menyebabkan rasa sakit parah, disfungsi ereksi, kesulitan dalam buang air kecil, dll. Kadang-kadang dapat menyebabkan kanker prostat.

7. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Overdosis Vitamin

Tomat adalah sayur kaya vitamin. Mengkonsumsi tomat berukuran sedang menyediakan 1,025 IU Vitamin a dan 17 mg Vitamin c, yang merupakan setengah dan sepersepuluh dari kebutuhan harian tubuh. Efek samping dari makan terlalu banyak tomat dalam sehari dapat mengakibatkan overdosis vitamin dalam tubuh kita. Akibatnya dapat menyebabkan masalah seperti sakit kepala, mual, sakit ginjal, dll.

8. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Kekurangan Gizi

Sementara anda mendapatkan banyak vitamin dari tomat, Anda mungkin akan berakhir mengurangi nutrisi penting lainnya. Kerusakan ini menyebabkan tubuh Anda menjadi tidak mampu untuk melaksanakan aktivitas fisik anda secara efisien.

Baca Juga : Manfaat Susu kambing Untuk Kesehatan  

9. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Reaksi Alergi

Lycopene berlebihan dapat memberikan kita reaksi alergi juga. Beberapa gejala alergi lycopene termasuk  gatal-gatal, penyempitan dada, bibir bengkak, pembakaran sensasi di mata, dan sebagainya.

10. Efek Samping Buah Tomat Dapat Menyebabkan Perubahan Warna Kulit

Mengkonsumsi Toman secara dapat mengubah warna kulit Anda. Mungkin akan menyebabkan kulit anda sedikit berwarna oranye!

Nah, sudah tahu kan efek samping buah tomat jika dikonsumsi berlebihan yang perlu Anda waspadai. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.