Selasa, September 17berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Efek Samping Pete Dikonsumsi Berlebihan

NettCyber.com | Efek samping pete jika dikonsumsi berlebihan. Pete dengan nama latin Parkia Speciosaternyata mempunyai banyak manfaat bagi yang mengkonsumsinya. Namun jika dikonsumsi dengan cara yang berlebihan akan memberikan dampak negatif sebagai efek samping pete.

efek samping pete jika dikomsumsi berlebihan

Pete memiliki bentuk yang memanjang serta bulat pipih. Asam amino pada pete yang mengandung unsur sulfur tersebut yang menimbulkan adanya bau pete. Karena adanya kandungan ini yang membuat pete mempunyai bau khas.

Efek Samping Pete

Meskipun pete berbau yang tidak enak, di Indonesia pete sangat disukai saat dijadikan sebagai lalapan. Dibalik itu semua pete sendiri memiliki kandungan gizi tinggi dan juga banyak sekali manfaat pete terhadap kesehatan. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa efek samping pete  jika dikonsumsi berlebihan :

1. Efek Samping Pete Dapat Menyebabkan Bau Mulut

Efek samping dari petai yang pertama adalah menyebabkan bau mulut. Perlu diketahu bahwa pete merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki aroma sangat luar biasa. Tentu saja mengkonsumsi petai secara berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami bau mulut yang tidak sedap.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi dan Gizi Pete

Bau mulut ini pun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena bau mulut dapat menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri dan banyak orang lain merasa tidak nyaman akibat bau mulut. Selain itu, bau mulut juga akan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, serta membuat diri sendiri merasa tidak nyaman.

2. Efek Samping Pete Dapat Menimbulkan Gangguan Ginjal 

Bahaya lain dari konsumsi petai adalah menyebabkan gangguan pada organ ginjal. Organ ginjal merupakan salah satu organ yang dapat mengalami gangguan apabila seseorang mengonsumsi petai, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

efek samping pete

Hal ini disebabkan karena petai memiliki kandungan asam amino yang sangat tinggi. Asam amino yang tinggi ini dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan pada organ ginjal. Oleh karena itu, bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit ginjal dan juga tidak mau mengalami gangguan kesehatan pada organ ginjal, disarankan untuk tidak mengonsumsi petai atau menjaga asupan petai dengan tidak terlalu banyak mengonsumsinya.

3. Efek Samping Pete Dapat Meningkatkan Kadar Asam Urat

Petai dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan purin dari petai yang tergolong tinggi. Kadar asam urat tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan gejala yang tentu saja sangat mengganggu aktivitas, karena gejala yang ditimbulkan adalah rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian.

efek samping pete

Rasa sakit pada persendian ini terjadi akibat proses kristalisasi pada bagian persendian sehingga ketika bagian persendian tersebut bergerak, akan terasa menusuk-nusuk sehingga akan terasa sangat perih, sakit, dan juga menyiksa.

Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam urat, maka ada baiknya petai masuk ke dalam daftar makanan yang tidak boleh konsumsi sehari-hari, karena dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Efek Samping Pete Dapat Menyebabkan Rematik

Sama seperti asam urat tinggi, rematik juga dapat sangat mengganggu aktivitas. Hal ini disebabkan karena rematik mengakibatkan rasa sakit dan juga menyiksa sehingga membuat seseorang tidak dapat beraktivitas dengan optimal setiap harinya.

Baca Juga : Manfaat Pete Untuk Kesehatan

Petai merupakan salah satu makanan yang dapat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan rematik pada diri seseorang. Hal yang perlu diperhatikan apabila seseorang terlalu banyak mengkonsumsi petai adalah gejala rematik yang dirasakan.

Tentu saja bagi seseorang yang sudah mempunyai riwayat penyakit rematik ini, petai juga harus dimasukkan ke dalam daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi agar rematik tidak kambuh dan mengganggu.

5. Efek Samping Pete Dapat Menyebabkan Pusing dan Sakit Kepala

Efek samping lainnya dari konsumsi petai yang berlebihan adalah menyebabkan munculnya gangguan berupa pusing dan juga sakit kepala. Petai memiliki kandungan alami yang mampu menstimulasi munculnya hal tersebut. Apabila seseorang mengonsumsi petai secara berlebihan dan tidak terkontrol, maka hal ini meenyebabkan seseorang dapat mengalami pusing dan juga mengalami sakit kepala yang tentu saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.