Minggu, Desember 9berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Jenis Sayuran Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat

NettCyber.com | Jenis Sayuran Yang Dilarang Bagi Penderita Asam Urat Tinggi. Asam urat dapat disebabkan oleh konsumsi bahan makanan yang mengandung purin secara berlebihan. Apabila kadar asam urat dalam tubuh tinggi, berdampak pada ginjal yang tak mampu lagi mengeluarkannya lewat urin dan akan menumpuk di persendian.

jenis sayuran yang dilarang bagi penderita asam urat hd 1

Dampaknya akan terjadi pembengkakan pada sendi dan menimbulkan nyeri. Anda yang menderita penyakit asam urat, sebaiknya lebih menjaga konsumsi makanan dan lebih baik mengetahui jenis-jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi bagi seseorang yang mengidap sakit asam urat.

Mari kita simak jenis sayuran apa-apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bagi seorang yang mengidap penyakit asam urat.

Jenis Sayuran Yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Asam Urat

1. Kembang kol

Dengan rasa yang cukup unik, kandungan gizi yang baik dan fleksibilitasnya untuk menjadi berbagai masakan, kembang kol seringkali menjadi pilihan untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun seperti bayam, kandungan purine yang tinggi dalam kembang kol menyebabkan kembang kol dianggap sebagai salah satu sayuran yang menyebabkan asam urat.

2. Asparagus

Asparagus dianggap sebagai salah satu sayuran yang memiliki cita rasa premium dan terkesan mewah, harga sayuran asparagus pun memang tidak murah. Asparagus seringkali menjadi pilihan bagi kaum kelas atas untuk menjadi sayuran pelengkap protein seperti steak.

Sayangnya, asparagus juga dianggap memiliki kandungan purine yang tinggi sehingga tidak baik untuk anda yang menderita asam urat.

3. Buncis

Buncis merupakan salah satu makanan favorit dunia, dengan tekstur yang renyah dan cita rasa yang unik, buncis seringkali melengkapi menu makan kita untuk dijadikan lalap ataupun ditumis. Kandungan gizi buncis sangatlah lengkap, dengan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, C, dan dilengkapi dengan banyak serat, buncis sangat baik bagi kesehatan.

Baca Juga : Jenis Sayuran Yang Dapat menurunkan Asam Urat

Namun kabar buruk untuk anda penderita asam urat, buncis juga memiliki kadar purine yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat.

4. Jamur kuping

Dari berbagai jenis jamur yang bisa dikonsumsi, jamur kuping merupakan salah satu yang difavoritkan karena memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang mewah. Jamur kuping sangat baik untuk mencegah iritasi, mencegah anemia dan dapat pula menurunkan tingkat kolestrol.

Namun bagi penderita asam urat, konsumsi jamur kuping tidak dianjurkan karena jamur kuping dapat memperburuk kondisi asam urat anda.

5. Kangkung

Sebagai salah satu sayuran favorit orang Indonesia, kangkung seringkali dipilih menjadi menu utama pengisi sayur mayor dalam konsumsi sehari hari. Dengan harga yang sangat ekonomis dan rasa yang sangat enak. Kangkung menjadi pilihan tepat bagi masyarakat menengah kebawah untuk melengkapi konsumsi nutrisi vitamin sehari hari.

Baca Juga : Cara Mengobati asam Urat Yang membengkak

Kangkung memang dianggap memiliki beberapa pengaruh buruk seperti menyebabkan kantuk. Selain itu, kangkung juga dianggap buruk bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purine yang tinggi.

Itulah beberapa jenis sayuran yang perlu Anda hindari bagi Seseorang yang mengidap penyakit asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.