Selasa, September 17berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

NettCyber.com | Kandungan dan manfaat jeruk nipis bagi ksehatanJeruk Nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, jeruk nipis tersebar di beberapa negara seperti India, Mexico, dan Florida. Di indonesia juga dikenal sebagai jeruk pecel. Di Indonesia tanaman ini hidup di wilayah dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut.

kandungan dan manfaat jeruk nipis
Karakteristik pohon dan buah jeruk nipis

Pohon Jeruk Nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum.

Buah Jeruk Nipis bulat, berwarna hijau sampai kuning. Kulit buah tipis dan mengandung banyak minyak atsiri. Daging buahnya berwarna putih kehijauan, memiliki rasa sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat.

Buah Jeruk Nipis sering digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut.

 

Klasifikasi ilmiah jeruk nipis

Kerajaan: Plantae
Divisi: magnoliophyta
Kelas: Magnaliopsida
Ordo: sapindales
Famili: rutanceae
Genus: citrus
Spesies: C. Aurantifolia

 

Kandungan senyawa Kimiawi dan Nutrisi

Jeruk Nipis memiliki kandungan senyawa kimiawi sebagai berikut :

  • Asam sitrat,
  • Asam amino=>triptofan dan  lisin,
  • Minyak atsiri => sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid.
  • Damar,
  • Glikosida,
  • Asam sitrun,
  • Lemak,
  • Kalsium,
  • Fosfor,
  • Zat besi,
  • Belerang

 

jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi dan gizi jeruk nipis per 100 gram adalah sebagai berikut :

  • Vitamin C , sebesar 27 mg
  • Vitamin B1, sebesar 0.04 mg
  • Protein , sebesar 0.9 gram
  • Lemak , sebesar 0.2 gram
  • Karbohidrat, sebesar 11.4 gram
  • Mineral , sebesar 0.5 gram
  • Kalsium , sebesar 33 mg
  • Fosfor , sebesar 23 mg
  • Zat besi , sebesar 0.4 mg
  • Asam askorbat, sebesar49 mg
  • Energi , sebesar 51 kal
  • Sisanya Air ,sebanyak 86 gram

 

Manfaat dan khasiat alami jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya dengan begitu Jeruk Nipis sangat baik bagi kesehatan. Oleh sebab ituJeruk Nipis sering digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit secara alami. Adapun beberapa penyakit yang mampu diobati dan menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alternatif alami obatnya adalah sebagai berikut:

 Jeruk nipis dapat membantu melancarkan pencernaan

Buah Jeruk Nipis yang memiliki aroma khas ini dapat membuat rongga mulut menghasilkan air liur yang secara aktif sehingga membantu proses pencernaan makanan. Mengingat semua makanan tentu pertama kali mengalami proses pencernaan awal secara mekanik yakni melalui gigi di dalam mulut.

Selain itu itu, senyawa flavonoid yang terkandung pada jeruk nipis mampu merangsang sistem pencernaan serta membantu meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan membantu perangsangan gerak peristaltik usus.

Jeruk nipis mengurangi peradangan pada kantung kemih

Jeruk Nipis mengandung flavanoid dan antioksidan yang dapat membersihkan darah dari senyawa atau racun yang berbahaya dalam tubuh sebagai penyebab infeksi pada saluran kemih khususnya kandung kemih. Peradangan kantung kemih disebabkan karena adanya infeksi bakteri maupun efek senyawa berbahaya yang tidak tersaring oleh ginjal dan ikut masuk ke dalam urin yang melewati kantung kemih.

Jeruk nipis mengurangi resiko penyakit diabetes

Ternyata buah Jeruk Nipis sejak dahulu dikenal sebagai buah yang sangat baik bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang cukup tinggi pada jeruk nipis dapat membantu dalam proses pengaturan penyerapan gula ke dalam aliran darah dan secara efektif.

Selain itu jeruk nipis mampu mengurangi resiko lonjakan kadar gula dalam darah secara tiba tiba. Pada dasarnya Jeruk nipis mempunyai indeks glikemik yang cukup rendah dengan demikian dimaknakan bahwa jeruk nipis ini tidak akan menjadi sebab terhadap melonjaknya kadar glukosa dalam darah.

Jeruk nipis mencegah dan mengatasi sariawan

Pada Jeruk Nipis mengandung vitamin c dalam jumlah yang sangat banyak. Kadar vitamin c pada jeruk nipis setara pada jeruk lemon sehingga secara langsung dapat mengatasi masalah sariawan.

Jeruk nipis mencegah flu

Kadar vitamin yang ada pada Jeruk Nipis jumlahnya sangat banyak sehingga. Vitamin c ini mampu melindungi tubuh dari serangan virus influenza. Bedasarkan penelitian kandungan vitaminc dan antioksidan padaJeruk Nipis mampu menangkal infeksi virus influenza dan mencagah virus bereplikasi di dalam tubuh.

Jeruk nipis mencegah kanker

Vitamin c dan antioksidan pada jeruk nipis dapat mencegah radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dimuat pada jounal of food chemistry dimana senyawa antioksidan dalam Jeruk Nipis dapat merangsang proses apoptosis sel kanker. Apoptosis adalah mekanisme binih diri yang dilakukan sel jika tubuh menganggap sel tersebut bisa berbahaya bagi tubuh.

Jeruk nipis mengatasi penyakit maag

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa Jeruk Nipis memiliki senyawa flavanoid dan termasuk senyawa limonin glukosida yang bersifat anti bakteri  dan ati inflamasi yang setara dengan antibiotik. Senyawa limonin glukosida pada jeruk nipis mampu melindungi lambung dari infeksi bakteri helicobacter pylori dan mempercepat penyembuhan radang yang terjadi di dalam lambung.

Jeruk nipis mampu melindungi mata dari kerusakan

Antioksidan yang terkandung pada Jeruk Nipis dapat membantu mempertahankan kesehatan penglihatan mata dan melindungi sel-sel mata dari efek radikal bebas. Selain itu jJeruk Nipis dapat melindungi mata dari penuaan dan mencegah timbulnya katarak atau penebalan lensa mata yang terjadi di usia lanjut.

Jeruk nipis membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dan asam sitrat dalam Jeruk Nipis dapat membantu membakar lemak pada tubuh dan membantu meningkatkan kecepatan metabolisme.

Jeruk nipis meredakan demam

vitamin c pada jeruk nipis dapat menurunkan suhu tubuh yang diakibatkan oleh demam. Demam pada umumnya terjadi akibat adanya peradangan atau infeksi yang terjadi didalam tubuh.

Jeruk nipis dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Pada dasarnya Jeruk Nipis mengandung Serat larut yang tak hanya sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah. Namun Serat larut pada jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi adanya kolesterol LDL pada tubuh manusia dan mengurangi resiko peradangan yang seringkali terjadi pada pembuluh darah yang berdampak pada serangan jantung dan stroke.

jeruk nipis dapat meredakan gangguan pernapasan dan Asma

Jeruk Nipis juga dimanfaatkan sebagai pereda gangguan pernapasan, yakni dengan menghirup aroma yang ada pada buah tersebut. Dalam ilmu pengobatan, Jeruk Nipis juga banyak difungsikan sebagai bahan dasar obat-obatan anti-kongestif (alat penguap, inhaler, dan balm).

Selain itu ada sebuah penelitian yang dilakukan dan dimuat dalam world journal of pharmacy an pharmacheutical. Dimana pada penelitian tersebut menjelaskan bahwa hasil ekstrak Jeruk Nipis dapat mencegah timbulnya asma sekaligus meredakan asma.

Hal ini disebabkan oleh jeruk nipis mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengurangi kontraksi otot ahalus pada sistem pernafasan khususnya pada saluran bronkus

Jeruk nipis mengatasi radang sendi

Secara umum buah jeruk jerukan dan jenis lainnya mempunyai sifat anti inflamasi yang bermanfaat bagi segala jenis keluhan peradangan, terutama terhadap radang sendi. Mengonsumsi jeruk nipis secara dipercaya membantu meredakan radang sendi dan mencegahnya.

selain itu ada beberapa penyakit yang menggunakan jeruk nipis sebagai bagian dari pengobatannya antara lain adalah sebagai berikut :

jeruk nipis Meredakan penyakit ambeien

Jeruk nipis mengatasi nyeri haid

Jeruk nipis mengatasi perut mules

Jeruk nipis mengatasi terlambat datang bulan 

Jeruk nipis mengatasi sakit gigi

Jeruk nipis mengatasi rambut rontok dan kotombe

Jeruk nipis mengatasi kurap dan panu

Jeruk nipis mengatasi batuk

 

Efek samping jeruk nipis bagi tubuh

Selain banyaknya manfaat Jeruk Nipis bagi kesehatan ternyata Jeruk Nipis juga memberikan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh. Secara khusus bagi seseorang yang memiliki intolerance atau ketidakmampuan tubuh menerima asam yang terkandung pada jeruk nipis.

Efek samping yang dirasakan adalah rasa mual, muntah dan diare apabila dikonsumsi secara berlebihan.