Sabtu, Januari 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Manfaat Minyak Zaitun Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

NettCyber.com | Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan – Sejauh ini, Anda pasti sudah banyak yang tahu jika Minyak zaitun mempunyai sejuta manfaat untuk kulit. Minyak zaitun yang sejatinya merupakan lemak bebas dibandingkan dengan minyak lainnya, bisa mengatasi iritasi pada kulit. Minyak zaitun juga bisa membantu mengobati kulit kering, bibir pecah pecah.

Namun tidak hanya dengan segala manfaatnya, ternyata ada juga efek samping yang bisa ditimbulkan oleh Minyak zaitun tersebut. Minyak zaitun yang Anda beli, mungkin saja mengandung beberapa bahan kimia di dalamnya. Oleh karena itu, Anda juga harus menyadari bahaya minyak zaitun pada kulit, agar Anda bisa mencegahnya.

manfaat minyak zaitun

Gizi yang terdapat disetiap 100 gram Minyak zaitun terdapat sejumlah :

  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Omega-3 lemak (<1,5 g)
    – Omega-6 leak (3,5-21 g)
  • Protein – 0 g
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Berikut ini pemanfaatan Minyak zaitun untuk kecantikan dan juga kesehatan. Kita dapat membagi khasiatnya untuk kecantikan kulit hingga untuk kesehatan tubuh.

1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada Minyak zaitunini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :

  • Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitu
  • Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan Minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam Minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Kandungan antioksidan yang kaya pada Minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada :

  • kacang hijau
  • buah anggur

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan Minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar Minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Anti Inflamasi

Di dalam Minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa Minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

5. Mengontrol Tekanan darah

Menambahkan Minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah seperti manfaat ketimun. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau menghilangkannya sama sekali. Namun, jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

6. Kolesterol Baik

Minyak zaitun masuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

7. Pencegahan Kanker

Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi Minyak zaitun untuk ini, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

8. Pencegahan Stroke

Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi Minyak zaitun lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari, daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

9. Lotion Rambut Alami

Rambut yang sering mengalami pengeritingan, pelurusan atau bersinggungan dengan bahan kimia seperti obat rebounding, dapat menimbulkan kerusakan rambut. Minyak zaitun dapat bekerja memberi pertahanan pada rambut, seperti lotion rambut . Caranya :

  • Oleskan Minyak zaitun pada kulit kepala
  • Beri sedikit pijatan supaya meresap ke kulit kepala
  • Kemudian tutplah rambut dengan handuk selama 10 menit

Kombinasikan pemakaian Minyak zaitun, dengan manfaat kuning telur atau dengan manfaat madu sebagai masker, untuk mencegah kerontokan.

10. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun juga dapat membantu problem rambut yang membutuhkan nutrisi untuk melebatkannya. Manfaat alpukat yang dibuat menjadi masker rambut alami, bersama Minyak zaitun menjadikan rambut lebat yang luar biasa. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup oleskan masker pada rambut, kemudian diamkan sebentar hingga meresap lalu di bilas.

Efek samping minyak zaitun untuk kesehatan

Namun, di balik banyaknya khasiat yang dikandungnya, ternyata minyak zaitun juga memiliki efek samping. Terutama apabila digunakan dalam jumlah banyak. Berikut beberapa efek samping minum minyak zaitun‌.

1. Menyebabkan Alergi

Minyak zaitun bagi sebagian orang bisa menimbulkan alergi semacam gatal-gatal dan kemerahan di beberapa bagian tubuh seperti di tangan dan leher, terlebih jika dikonsumsi dengan takaran yang tidak wajar. Hal ini bisa terjadi saat seseorang mengonsumsinya secara langsung maupun penggunaannya pada tubuh bagian luar seperti sabun atau lotion.

 2. Mengundang Penyakit Terkait Lemak Trans

Minyak zaitun sering terhidrogenasi di bawah panas tinggi dan tekanan. Proses tersebut dapat menyebabkan berubahnya struktur molekul yang terkandung dalam buah zaitun. Proses tersebut juga berpengaruh pada kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan menurunnya kolesterol baik dan meningkatnya kolesterol jahat. Jangka panjangnya, dikhawatirkan akan menimbulkan beragam penyakit.

 3. Menurunkan Gula Darah

Minyak ini dianggap dapat menurunkan gula darah di bawah ambang normal. Bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi, mengonsumsi Minyak zaitun memang dapat menjadi solusi. Namun, bagi yang normal cenderung kurang, hal tersebut tidak berlaku. Minyak zaitun membuat jalan untuk resistensi insulin meningkat. Itulah pengaruh utama terhadap kadar gula darah. Mengonsumsinya secara berlebih dapat membuat seseorang rentan terhadap beberapa penyakit atau gangguan kesehatan, seperti berkeringat, gemetar, lemas, dll.

 4. Menurunkan Tekanan Darah

Minyak zaitun diketahui bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, peneliti beranggapan bahwa mengonsumsi minyak zaitun secara berlebih bisa menyebabkan turunnya tekanan darah. Hal ini diyakini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan secara keseluruhan. Kita menjadi rentan terhadap masalah kesehatan seperti pusing kepala, struk, dan gagal ginjal.

 5. Mengakibatkan Penyumbatan Kantung Empedu

Salah satu efek samping yang serius dari kelebihan konsumsi minyak zaitun yaitu penyumbatan kantung empedu atau menyebabkan batu empedu. Ketika tubuh kita mengalami kelebihan lemak dari minyak (termasuk minyak zaitun), cairan empedu yang dihasilkan oleh hati yang tersimpan ini mulai mengeluarkan emulsi lemak. Hal ini pada akhirnya akan mengakibatkan penyumbatan pada kantung empedu sehingga bisa menyebabkan batu empedu yang tentu berbahaya bagi tubuh.

 6. Menyebabkan Diare

Kandungan lemak tinggi minyak zaitun dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan memicu masalah pencernaan seperti diare. Kita semua tahu sifat pencahar yang kuat dari minyak zaitun. Jadi ketika mengkonsumsinya dalam jumlah besar, sistem kita menjadi tidak mampu mencerna sepenuhnya. Sebagai akibatnya, terjadilah diare ringan hingga menengah.

 7. Tinggi Kalori

Minyak zaitun yang dikonsumsi berlebih juga dapat menambah berat badan, seperti halnya minyak dan lemak lainnya, yang merupakan sumber utama kalori. Setiap 16 ons minyak zaitun mengandung kalori yang sama dengan kebutuhan kalori selama dua hari (4.000 per pon), bahkan jauh lebih banyak daripada olahan yang mengandung gula (1,725 kalori per pon).

8. Belum Jelasnya Pengaruh Minyak Zaitun Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Meskipun dikenal bermanfaat bagi kesehatan, tapi belum diketahui dengan jelas bagaimana pengaruhnya bagi ibu hamil dan menyusui. Sebab seperti yang kita tahu bahwa ibu hamil dan menyusui memang begitu sensitif pada beberapa bahan makanan yang dikonsumsi ataupun bahan-bahan kimia yang terdapat pada suatu produk, karena dikhawatirkan akan berpengaruh pada kandungan atau bayi yang disusuinya. Jadi, usahakan agar tidak mengonsumsinya secara berlebih, cukup sebatas yang terkandung dalam makanan.