Senin, Maret 25berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Mengatasi Bekas Jerawat dan Noda Hitam Menggunakan Jeruk Nipis

NettCyber.com | Mengatasi Bekas Jerawat dan Noda Hitam menggunakan Jeruk Nipis – Apabila Memiliki noda bekas jerawat diwajah membuat seseorang tampil kurang menawan, dan mengurangi rasa percaya diri hal tersebut disebabkan oleh bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam akibat dari proses penyembuhan dan perbaikan sel-sel kulit setelah terkena jerawat.

cara mengatasi bekas jerawat menggunakan jeruk nipis

Proses perbaikan sel-sel dan jaringan baru dapat berjalan lancar maka kulit harus memproduksi kolagen dalam jumlah yang cukup. Produksi kolagen ini tidak boleh kurang atau lebih. Apabila jumlah kolagen kurang dapat menyebabkan lubang pada pori-pori kulit menjadi membesar. Namun sebaliknya apabila jumlah kolagen berlebih akan menyebabkan flek hitam pada kulit bekas jerawat tersebut.

Bintik bekas jerawat bukanlah masalah yang serius didalam dunia kesehatan. Namun dari segi penampilan dan kecantikan dampak dari flek hitam tersebut akan sangat menganggu dan membuat wajah seseorang terlihat kusam dan kurang menarik.

Ada beberapa cara mengatasi bekas jerawat secara alami dan sehat namun pada artikel ini akan dibahas mengenai cara mengatasi bekas jerawat secara alami dengan menggunakan jeruk nipis.

Sekilas mengenai jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) adalah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di India, Mexico, dan Florida dikenal akrab juga di indonesia sebagai jeruk pecel.

Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3-6 meter, pohonya memiliki cabang banyak dan berduri, daunnya lonjong, tangkai daun bersayap kecil.

Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam. Pada jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat.

Di Indonesia jeruk nipis sangat sering digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan. Bahkan ada juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut serta manfaatnya juga dapat mengatasi bekas jerawat.

Untuk lebih lengkap mengenai manfaat apa saja dari jeruk nipis dapat dibaca pada artikel “Kandungan dan manfaat jeruk nipis

Cara  mengatasi bekas jerawat dan noda hitam menggunakan jeruk nipis adalah dengan membuat masker alami dari pencampuran jeruk nipis dan putih telur. Masker ini memiliki kandungan protein cukup tinggi yang diperoleh dari putih telur.  Putih telur sangat baik bagi regenerasi sel-sel kulit baru dan mengangkat sel kulit mati penyebab flek hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Adapun cara mengatasi bekas jerawat dan noda hitam menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut :

  1. Yang perlu dilakukan pertama sekali yaitu siapkan 1 buah jeruk nipis segar dan 1 butir telur ayam yang masih baru untuk dibuat masker.
  2. Iris jeruk nipis tersebut menjadi 2 bagian dan peras dalam sebuah wadah penampung. Kemudian campurkan perasan tersebut dengan putih telur ayam tadi sampai merata.
  3. Sebelum mengoleskan campuran jeruk nipis dengan putih telur sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat. Agar pori-pori terbuka dan siap menyerap kandungan nutrisi dari masker tersebut.
  4. Kemudian oleskan masker hasil pencampuran jeruk nipis dan putih telur keseluruh bagian wajah. Namun hindari bagian mata, dan jerawat sebab akan menyebabkan rasa perih.
  5. Setelah selesai dioleskan menyeluruh, diamkan masker menempel di wajah selama kurang lebih 1 jam. Lalu akhiri dengan membilas masker tersebut menggunakan air dingin sampai bersih.
  6. Penggunaan masker campuran jeruk nipis dan putih telur ini secara rutin sehari sekali dapat membuat bekas jerawat hilang dan flek hitam menghilang serta membuat kulit menjadi kencang dan terbebas dari jerawat.