Kamis, Juli 18berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Ternyata Ini Dia 9 Penyebab Asam Urat Tinggi

NettCyber.com | Ini Dia 9 Penyebab Asam Urat Tinggi – Penyebab asam urat tinggi selain makanan juga bisa dari faktor eksternal yang tidak bisa anda duga sebelumnya. Asam urat berlebih ditandai dengan rasa nyeri umumnya di bagian kaki. Jika kondisi sudah lumayan parah nyeri tersebut makin tak tertahankan, timbul pembengkakan, dan terkadang diikuti rasa panas menyengat di persendian.

ternyata ini dia 9 penyebab asam urat tinggi hd 3

Organ tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah persendian tangan, lutut, pergelangan kaki, dan juga jari kaki, mengingat di bagian tubuh tersebut biasanya tempat menumpuknya kandungan asam urat berlebih yang banyak berasal dari makanan dengan kadar asam urat tinggi.

Umumnya asam urat menyerang usia dewasa, apalagi pada wanita paling banyak terjadi setelah menopause, namun saat ini banyak juga anak muda pria maupun wanita baru berusia sekitar 30 tahunan yang menderita penyakit ini.

Rasa sakit akibat asam urat paling banyak terjadi malam dan pagi hari bangun tidur dan bisa berlangsung selama 4-11 hari. Bahkan jika tidak segera ditangani sendi yang bengkak akan diikuti dengan warna kulit yang memerah dan sulit untuk bergerak karena rasa nyeri yang teramat menyiksa. Berikut kita akan bahas apa-apa saja penyebab asam urat tinggi.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat Yang Membengkak

Cara Mengetahui Kadar Asam Urat Tubuh Normal Atau Tidak

Cara mengetahui kadar asam urat dalam tubuh adalah dengan melakukan tes sample darah yang diambil dari vena yang terletak di bagian dalam siku atau bagian belakang tangan. Nilai normal kadar asam urat dalam tubuh pria berkisar antara 3,5 dan 7,2 mg / dL, sedang pada wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl.

ternyata ini dia 9 penyebab asam urat tinggi hd 1

Kadar asam urat yang lebih tinggi dari normal, mungkin dikarenakan beberapa hal seperti asidosis, alkoholisme, efek samping kemoterapi, kencing manis, olahraga yang berlebihan, encok, hipoparatiroidisme, keracunan timbal, leukemia, penyakit ginjal kistik medula, nefrolitiasis, polisitemia vera, diet kaya purin, gagal ginjal, toxemia kehamilan.

Sedangkan kadar asam urat yang lebih rendah dari normal, kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal seperti sindrom fanconi, diet rendah purin, Syndrome of inappropriate antidiuretic hormone (SIADH) secretion, penyakit wilson.

Gejala Asam Urat

Gejala gangguan asam urat diantaranya :

  • Daerah persendian terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan terjadi pembengkakan serta peradangan berwarna kemerahan.
  • Rasa nyeri pada sendi biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur maupun pada malam hari.
  • Rasa nyeri terjadi secara berulang-ulang
  • Pada kasus yang lebih parah, daerah persendian akan terasa sakit saak digunakan untuk bergerak.
  • Organ tubuh yang biasanya terserang adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan, maupun siku.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab asam urat tinggi sebenarnya ada banyak, Seseorang yang memiliki tingkat asam urat yang tinggi dapat disebabkan ketika tubuh menghasilkan asam urat yang baik maupun ketidakmampuan organ ginjal untuk menghilangkan asam urat dengan cepat.

ternyata ini dia 9 penyebab asam urat tinggi hd 2

Tingkat asam urat tinggi dapat menyebabkan serangan semakin sering gout, atau mungkin tidak pernah menimbulkan masalah. Tingkat asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan beberapa orang untuk mengembangkan batu ginjal atau gagal ginjal. Dan beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi juga mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung atau penyakit ginjal kronis.

Baca Juga : Jenis Sayuran Yang Dilarang bagi penderita Asam Urat

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam darah Anda meliputi :

1. Jenis kelamin

Pria memiliki resiko lebih besar mengalami gejala serangan asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena hormon esterogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuangannya melalui ginjal. Kadar asam urat di dalam tubuh pria meningkat selama masa puber.

2. Faktor usia

Sebagian besar gangguan asam urat terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40 hingga 50 tahun. Pada wanita, penyakit ini umumnya terjadi setelah mengalami masa menopause.  Gangguan asam urat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja.

3. Riwayat keluarga

Seseorang yang mengalami gangguan asam urat lebih memungkinkan mewariskan hal yang sama bagi keturunannya kelak.

4. Minum terlalu banyak alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dengan dosis sedang hingga tinggi sebanyak dua gelas per hari untuk pria, atau satu gelas perhari untuk wanita, dapat meningkatkan potensi resiko asam urat. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat. Bahaya alkohol juga dapat menyebabkan penyakit paling mematikan di dunia seperti jantung dan kanker.

5. Diet

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi seperti : daging merah, jeroan (hati, ginjal), ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol, kacang, dan jamur dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

6. Paparan timbal.

Paparan timbal dalam tingkat tinggi juga dipercaya dapat mengembangkan resiko gangguan asam urat.

7. Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan seperti obesitas, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, kolesterol yang tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik, serta gangguan ginjal memungkinkan memiliki resiko lebih besar untuk terserang gangguan asam urat.

8. Konsumsi minuman yang terlalu manis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman ringan yang terlalu manis  atau pun minuman yang mengandung fruktosa tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit asam urat. Fruktosa adalah zat gula alami yang ditemukan pada buah-buahan.

9. Mandi malam

Penyebab asam urat tinggi salah satunya adalah mandi malam. Dari jaman dahulu memang telah dipesan oleh orang tua agar jangan mandi terlalu malam, bahaya mandi malam memang ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Terlepas dari faktor-faktor tersebut, beberapa orang yang memiliki kadar asam urat tinggi dalam darah mereka tidak ditemukan pembentukan kristal-kristal natrium urat pada persendian mereka.

Nah, sudah tahu kan apa-apa saja penyebab terjadinya asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.