Sabtu, Januari 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Waspada, Ini 12 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam Urat Tinggi

NettCyber.com | 12 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Asam urat Tinggi – Asam urat adalah nyeri sendi karena asam urat di dalam darah sudah terakumulasi di sekitar sendi dan membentuk kristal. Tidak ada makanan penyebab asam urat yang pasti, tetapi jika kadar asam urat Anda sudah tinggi, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan berikut ini.

12 makanan yang dapat menyebabkan asam urat tinggi hd

Di dalam tubuh ada zat yang disebut purin. Zat ini terbentuk alami. Selain itu, purin juga dapat ditemukan pada beberapa makanan. Ketika perlu memecah purin, tubuh memproduksi asam urat untuk melakukan hal tersebut. Semakin banyak kadar purin yang harus dipecah, semakin banyak pula kadar asam urat yang diproduksi oleh tubuh.

Baca Juga : Jenis Sayuran Yang Dilaran bagi Penderita Asam Urat 

Berikut ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan asam urat tinggi.

Jenis Makanan Yang Menyebabkan Asam Urat Tinggi

1. Daging merah 

Tidak semua daging memiliki kandungan purin yang sama, selain daging merah, daging putih sebenarnya lebih baik dikonsumsi dan menyehatkan. Mengkonsumsi daging merah sebaiknya dalam jumlah wajar dan cukup sesekali saja.

2. Kalkun

Kalkun memiliki kadar asam urat yang tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya, oleh karena itu tidak disarankan membatasi frekuensi makan daging kalkun.

3. Jeroan sapi

Jeroan sapi mengandung kolesterol yang tinggi, namun jika dikonsumsi tidak berlebihan jeroan bermanfaat bagi tubuh. Manfaat jeroan adalah sebagai penghasil karbohidrat vitamin dan mineral. Kandungan vitamin yang terdapat dalam jeroan adalah vitamin B1 dan B12 yang harus dipenuhi dalam kebutuhan nutrisi manusia.

Jeroan sapi juga bermanfaat untuk mengatasi anemia karena kandungan asam folat pada jeroan berfungsi untuk metabolisme inti sel darah merah.

Baca Juga : 9 Penyebab Asam Urat tinggi 

4. Hati sapi

Hati sapi mengandung vitamin A dan vitamin B12, namun tidak disarankan mengkonsumsi hati sapi terlalu sering bagi penderita kolesterol. Hati sapi merupakan organ penyaring racun dalam tubuh hewan sehingga sangat rentan tercemar zat beracun.

5. Daging domba

Daging domba memiliki kandungan zat purin yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan makan terlalu banyak daging domba. Bagi seseorang yang bergolongan darah A dapat menimbulkan kanker usus.

6. Dada ayam dan kulit ayam

Zat purin pada dada ayam berjumlah 175mg/100g sehingga dapat menjadi makanan penyebab asam urat, jika dikonsumsi berlebih.

7. Daging ayam

Daging ayam memiliki kandungan lemak yang tinggi, juga kandungan zat purin sebesar 169mg/100g. Mengkonsumsi daging ayam setiap hari berisiko meningkatkan asam urat.

8. Daging angsa

Daging angsa mengandung zat purin yang tinggi sekitar 165mg/100g. Kandungan purin pada daging angsa menyebabkan resiko asam urat tinggi.

9. Lidah sapi

Kandungan vitamin pada lidah sapi yakni vitamin B12 yang berfungsi untuk mengatasi anemia. Sama dengan limpa dan hati sapi, dianjurkan tidak mengkonsumsi lidah sapi terlalu sering karena lidah sapi memiliki zat purin penyebab asam urat yang cukup tinggi.

10. Daging kuda

Daging kuda mengandung zat purin yang cukup tinggi yaitu 200mg/100g sehingga menyebabkan peningkatan asam urat.

11. Daging bebek

Daging bebek mengandung 2 macam serat yaitu serat merah 84% dan serat putih 16%. Serat merah mempunyai kadar protein yang rendah serta kadar lemak yang tinggi. Oleh sebab itu kadar lemak yang tinggi menyebabkan obesitas.

12. Hati Ayam

Terdapat kandungan kolesterol yang tinggi pada hati ayam sehingga menyebabkan penyakit asam urat dan jantung. Selain itu didalam hati ayam terkandung bakteri campylobacter. Untuk menghindari tubuh tercemar bakteri tersebut dianjurkan agar proses masaknya dilakukan sampai matang.

itulah beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari untuk asam urat tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.