Senin, Oktober 14berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Waspadai Asam Urat Rendah Dan Cara Mengatasinya

NettCyber.com | Waspadai Asam Urat Rendah Dan Cara Mengatasinya. Gejala kolesterol dan asam urat memiliki perbedaan, akan tetapi dua penyakit tersebut sering sekali terjadi secara bersamaan. Gejala asam urat biasanya dianggap sebagai gejala penyakit ringan yang tidak perlu diwaspadai karena biasanya yang dirasakan oleh penderita asam urat hanya rasa nyeri yang nantinya akan hilang dengan sendirinya.

waspada asam urat rendah dan cara mengatasinya hd 1

Padahal sebenarnya jika tidak kunjung diobati, asam urat akan semakin berbahaya. Bahkan ada banyak pantangan kolesterol dan asam urat yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh para penderita penyakit tersebut, tetapi tetap dilakukan.  Asam urat merupakan hasil metabolisme zat purin.

Sebenarnya asam urat bukanlah sebuah penyakit. Namun, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti hipertensi, batu ginjal, gagal ginjal, peradangan sendi, dan lain-lain.

Tapi tahukah Anda? Selain penyakit asam urat tinggi, ada juga orang yang memiliki kadar asam urat sangat rendah dalam tubuhnya. Kadar normal asam urat untuk perempuan adalah 2.4-6.0 mg/dL, sedangkan untuk laki-laki 3.5/7.0 mg/dL dan untuk anak-anak 2.0-5.5 mg/dL. Jika kadarnya kurang dari angka tersebut maka sudah di anggap memiliki kadar asam urat yang rendah. Mari kita simak mengenai penyebab dan bahaya asam urat rendah dan cara mengatasi nya.

Penyebab asam urat rendah dalam tubuh

Jika asam urat tinggi dipengaruhi oleh peningkatan kadar purin yang terlalu berlebihan, maka akan berbeda dengan asam urat rendah. Beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi nya seperti:

1. Pola diet rendah purin yang terlalu ekstrim

Pola diet rendah purin yang paling disarankan adalah hanya dalam waktu 1 minggu. Ini sama saja seperti orang yang melakukan diet penurunan berat badan, ketika terlalu berlebihan maka akan berdampak buruk pada kesehatan nya. Begitu juga pada kadar asam urat, jika terlalu berlebihan di turunkan maka bukannya stabil, malah akan mengalami penurunan sangat drastis.

2. Efek dari obat penurunan asam urat

Penyebab dari turunnya kadar asam urat dalam tubuh yang terlalu rendah bisa disebabkan karena efek samping mengkonsumsi obat penurunan asam urat. Sebenarnya tidak bermasalah jika masih dalam pengawasan dan resep dokter guna menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Namun biasanya ada saja orang yang menggunakan obat ini tanpa ada resep dokter sehingga penurunan kadar asam urat nya akan sangat menurun hingga di bawah kadar normal tubuh.

3. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan kondisi dimana kadar hormon tiroksin yang ada dalam tubuh menjadi sangat tubuh. Hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar tiroid dan memiliki manfaat untuk dapat berbagi saat melakukan proses metabolisme. Adanya gangguan hiperteroidisme juga bisa mempengaruhi pada kestabilan kadar asam urat dalam tubuh menjadi berkurang sangat drastis.

4. Idiopatik

Idiopatik adalah salah satu kondisi medis yang belum benar-benar diketahui apa penyebabnya. Asam urat rendah juga biasanya ada yang belum bisa diketahui pasti apa yang menyebabkan bisa mendapatkan penurunan sangat drastis tersebut.

5. Genetik

Genetik adalah hal yang biasanya diturunkan oleh keluarga terdekat, misalnya orang tua. Asam urat rendah atau asam urat tinggi bisa dipengaruhi oleh faktor ini. Biasanya jika sudah disebabkan faktor genetik akan sulit di atasi.

6. Defisiensi mineral

Defisiensi mineral adalah kekurangan zat mineral pada tubuh. Mineral merupakan salah satu zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan sangat berkaitan dengan proses tumbuh kembang manusia. Mineral juga dapat membantu memulihkan kesehatan otot, saraf, jantung dan juga mengatur tekanan osmotik pada tubuh. Kondisi kekurangan mineral juga bisa menjadi salah satu penyebab yang mengakibatkan kondisi kadar asam urat dalam tubuh menjadi sangat rendah.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat dengan jeruk nipis 

Sebagian besar orang yang mengalami kondisi asam urat rendah adalah karena idiopatik, sehingga tidak membutuhkan pengobatan khusus. Namun untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya ada baiknya Anda melakukan beberapa tes seperti tes darah, urin dan yang lainnya yang dapat mengetahui penyebab pasti dari rendahnya kadar purin.

Cara mengatasi purin rendah

1. Konsumsi makanan yang tinggi purin

Ibarat orang yang telah kehilangan berat badan banyak dan kekurangan gizi sehingga harus mengkonsumsi banyak makanan bergizi. Begitu juga dengan orang yang memiliki kadar asam urat rendah dan telah kehilangan jumlah nya dalam angka yang banyak sekali, sehingga cara pertama yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi makanan yang biasanya menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat.

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

Anda dapat mengkonsumsi beberapa makan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging, ikan, asparagus dan yang lainnya.

2. Penuhi asupan mineral tubuh

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kekurangan kadar asam urat juga bisa dipengaruhi oleh tidak terpenuhi asupan mineral dalam tubuh. Sehingga untuk cara mengatasinya sebaiknya Anda mengkonsumsi banyak buah-buahan yang mengandung mineral tinggi seperti, semangka, jeruk, melon, manggis, delima, anggur, pisang, pir dan banyak lagi.

3. Batasi obat penurunan asam urat

Anda juga sebaiknya mulai membatasi obat penurunan asam urat. Jika memang tidak disarankan dokter, sebaiknya jangan memakannya. Tanyakan dulu berapa dosis yang harus dikonsumsi agar tidak berpengaruh pada kadar asam urat dalam tubuh terlalu rendah.

Itulah artikel mengenai bahaya asam urat rendah dan cara mengatasinya. Pastikan Anda selalu mengontrol kadar asam urat Anda pada dokter agar masih dalam keadaan yang stabil. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi Anda.