Sabtu, Januari 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Dan Nutrisi Bawang Putih

Nettcyber.com | kandungan nutrisi dan gizi Bawang putih – Pada artikel berikut ini akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan gizi bawang putih.  Dengan segudang manfaat bawang putih yang terkandung didalamnya tentu membuat bawang putih menjadi lebih familiar dikalangan masyarakat.

bawang putih full hd 4

Selain digunakan untuk bumbu masakan bawang putih juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan pengobatan alternatif.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Bawang Putih

Namun apakah kandungan yang terdapat didalam bawang putih sehingga bawang putih menjadi sangat banyak manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan Gizi per 100 gr yang terdapat pada bawang putih :

·      Energi 623 kJ (149 kcal)
·      Karbohidrat 33,06 g
·      Gula 1.00g
·      Diet serat 2,1 g
·      Lemak 0,5 g
·      Protein 6,39 g
·      Beta-karoten 5 mg (0%)
·      Thiamine (Vit. B1)0,2 mg (15%)
·      Riboflavin (Vit. B2)0,11 mg (7%)
·      Niacin (Vit. B3)0,7 mg (5%)
·      Asam pantotenat (B5)0,596 mg (12%)
·      Vitamin B6 1,235 mg (95%)
·      Folat (B9 Vit.)3 mg (1%)
·      Vitamin C 31.2 mg (52%)
·      Kalsium 181 mg (18%)
·      Zat Besi 1,7 mg (14%)
·      Magnesium 25 mg (7%)
·      Fosfor 153 mg (22%)
·      Kalium 401 mg (9%)
·      Sodium 17 mg (1%)
·      Seng 1,16 mg (12%)
·      Mangan 1,672 mg
·      Selenium 14.2 mg

 

*Sumber: USDA Nutrient database 

Klasifikasi ilmiah Bawang Putih

Setalah kita mengetahui sejarah dan kandungan gizi dari bawang putih maka selanjutnya akan dibahas mengnai klasifikasi ilmiah bawang putih. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bawnag putih dengan segenap manfaat yang sudah dikenal dari jaman dahulu. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah bawang putih :

 

·         Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
·         Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
·         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
·         Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
·         Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
·         Sub Kelas: Liliidae
·         Ordo: Liliales
·         Famili: Liliaceae (suku bawang-bawangan)
·         Genus: Allium
·         Spesies: Allium sativum L.

Dari klasifikasi ilmiah tersebut dapat dilihat bahwa bawang putih merupakan dari jenis bawang bawang dengan nama spesies Allium Sativum L. nah berikut ini akan diulas mengenai morfologi Bawang putih sebagai berikut :

Morfologi bawang putih

bwang putih full hd 2

Setiap tumbuhan bawang putih memiliki akar, batang, daun, bunga, tandan bunga, dan umbi.

Batang Bawang putih

Batang bawang putih berukuran kecil (corpus) dengan ukuran 0.5 – 1 cm dan memiliki tinggi rata rata 30-70 cm. batang bawang putih berdiri tegak dan menjulang keatas dan terbentuk dari pelepah pelepah daun.

Akar Bawang Putih

Dasar tumbuhan bawang putih adalah akar walaupun tumbuhan bawang putih ini memiliki dan berjenis umbi namun tetap saja bawang putih memiliki akar. Akar yang dimiliki bawang putih adalah akar serabut yang berbentuk sabut sabut kecil yang banyak.

Daun Bawang Putih

Daung yang terdapat pada bawang putih berbentuk sperti pita dengan lebar sekitar 0.4 – 1.5 cm dan pajang rata rata deun adalah 60 cm. daun pada bawang putih bergaris, datar dan kompak serta daun tersebut tepi daun rata ujungnya meruncing. Pada pangkal pelepah terdapat umbi yang berbentuk bulat melebar yang dibungkus oleh selaput putih serta bagian atas daun berbentuk semu.

bwang putih full hd

Bunga Bawang putih

Bunga bawang putih tersusun secara majemuk dalam bentuk payung sederhana yang muncul pada setiap anak umbi dimana bunga tersebut memiliki 1-3 pelindung berupa daun berbentuk seperti selaput.

Tandan Bunga Bawang putih

Tandan Bungan bawang putih memiliki 6 daun letaknya di pangkal atau bebas, berbentuk memanjang dan meruncing. Warna tandan Bungan bawang putih kehijauan hingga putih kekuningan.

bwang putih full hd 1

Umbi Bawang Putih

Umbi bawang putih merupakan umbi majemuk yang berbentuk hamper bundar dengan garis tengah sekitar 4 – 6 cm.  umbi bawang putih tersebut terdiri dari 8 – 20 siung bawang putih yang diselimuti oleh 3 -5 selaput putih tipis sperti kertas bewarna agak putih kekuningan. Setiap suing bawang putih bentuknya bulat pada bagian punggungnya dan samping nya berbentuk rata dan tersudut. Aroma bawang putih dikenal khas dan rasanya cukup pedas dan terasa getir apabila dimakan secara mentah.