Senin, Oktober 14berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Nutrisi Buah Naga

NettCyber.com | Kandungan Nutrisi Buah Naga – Buah naga adalah buah yang terkenal akan begitu manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari. Karena keindahan bunganya. Bunga buah naga dijuluki moonflower atau Queen of the night.

Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga di budidayakan di negara negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.  Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Australia utara dan Tiongkok selatan. Bunga Buah Naga hanya mekar pada malam hari.

nutrisi buah naga

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Morfologi Buah Naga

Buah naga mempunyai 2 jenis warna yakni warna merah dan putih. Buah ini memiliki ciri-ciri bentuk tekstur yang unik bersisik, kulit buahnya berwarna merah muda dan daun-daunnya tampak seperti duri-duri pada durian. Rasa dari buah ini adalah segar dan manis sehingga cocok dikonsumsi di siang hari. Buah naga bisa dikonsumsi secara langsung dan bisa dijadikan jus. Selain itu bisa juga dijadikan untuk pewarna makanan alami, karena buah ini memiliki kandungan zat betalain.

Buah naga merah dikenal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi namun berkalori rendah, dalam 100 gram buah naga merah hanya terkandung 60 kkal. Hal ini menjadikan kita merasa kenyang lebih lama tanpa perlu asupan kalori yang tinggi sehingga tidak terjadi penumpukan kalori yang berlebihan dalam tubuh. Karena pada dasarnya diet adalah mengatur pola makan bukan mengurangi porsi makan.Berikut akan dijelaskan kandungan apa saja yang aja didalam buah naga dan sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Kandungan nutrisi yang buah naga

Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%.

Buah Naga Sumber Vitamin C

Buah naga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga yang dikeringkan terbukti mengandung 10 kali lebih banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Buah Naga Sumber Vitamin B1 (tiamin)

Vitamin lain dalam buah naga adalah Vitamin B1 atau tiamin. Fungsinya untuk memproses karbohidrat degnan cepat dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Buah Naga Sumber Vitamin B3 (niacin)

Buah naga ampuh menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin B3 atau niasin di dalamnya. Vitamin ini juga mampu membuat kulit terlihat halus dan bercahaya secara alami dari dalam.

Buah Naga Sumber Vitamin B12

Buah Naga Kandungan vitamin B12 membuat buah ini menjadi perangsang nafsu makan yang baik. Terutama bagi orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan, buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Buah Naga Kaya Serat

Buah naga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

Buah Naga Kaya Mineral

Mineral yang terkandung dalam buah naga adalah fosfor dan kalsium. Keduanya memiliki peran dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel.

Buah Naga mengandung Antioksidan

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk mencegah dari serangan radikal bebas yang menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Buah Naga Mengandung Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk hormon, enzim, dan senyawa lain. Jagalah kadar protein dalam tubuh dengan mengonsumsi secara teratur buah ini.

Buah Naga Rendah lemak

Terdapat banyak biji-biji kecil dalam buah naga. Rupanya, biji ini merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan karena menurunkan kolesterol baik dan menghilangkan kolestrol jahat

Buah Naga Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, buah ini paling baik dikonsumsi untuk mengontrol gula darah agar tetap seimbang.