Senin, Desember 10berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Alpukat

Nettcyber.com | kandungan nutrisi dan gizi Buah alpukat – Pada artikel berikut ini akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan gizi buah alpukat.  Dengan segudang manfaat buah alpukat yang terkandung didalamnya tentu membuat buah alpukat menjadi lebih familiar dikalangan masyarakat.

kandungan nutrisi dan gizi buah alpukat hd

Selain digunakan untuk bumbu masakan buah alpukat juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan pengobatan alternatif.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah alpukat

Namun apakah kandungan yang terdapat didalam buah alpukat sehingga buah alpukat menjadi sangat banyak manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan Gizi per 100 gr yang terdapat pada buah alpukat :

 

jenis Nutrisi / GiziKandungan
Kalori160 kal
Karbohidrat8,5g
Air73%
Protein2g
Gula0,7g
Serat6,7g
Lemak14,7g
Vitamin A7µg
Vitamin C10mg
Vitamin D0µg
Vitamin E2,07mg
Vitamin K21µg
Vitamin B1 (Thiamine)0,07mg
Vitamin B2 (Riboflavin)0,13mg
Vitamin B3 (Niacin)1,74mg
Vitamin B5 (Panthothenic acid)1,39mg
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,26mg
Vitamin B9 (Folat)81µg
Vitamin B120µg
Cholin14,2mg
Kalsium12mg
Zat Besi0,55mg
Magnesium29mg
Fosfor52mg
Potassium (Kalium)485mg
Sodium7mg
Seng (Zinc)0,64mg
Tembaga (Copper)0,19mg
Manganese0,14mg
Selenium0,4µg

Klasifikasi ilmiah Buah alpukat

Setalah kita mengetahui sejarah dan kandungan gizi dari buah alpukat maka selanjutnya akan dibahas mengnai klasifikasi ilmiah buah alpukat. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah alpukat dengan segenap manfaat yang sudah dikenal dari jaman dahulu. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah buah alpukat :

KingdomPlantae ( Tumbuhan )
SubkingdomTrachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super divisi Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )
Sub kelasMagnoliidae
OrdoLaurales
FamiliLauraceae
Genus Persea
SpesiesPersea americana. Mill

Dari klasifikasi ilmiah tersebut dapat dilihat bahwa buah alpukat merupakan dari jenis Persea dengan nama spesies Persea americana. Mill. Nah berikut ini akan diulas mengenai morfologi Buah alpukat sebagai berikut :

 Morfologi buah alpukat

1. Akar

Tanaman alpukat memiliki sistem perakaran tunggang, yang memiliki panjang mencapai 5-10 meter bahkan lebih tergantung dengan varietes. Perakaran ini juga menyebar luas di permukaan tanah dengan panjang mencapai 5 – 6 meter bahkan lebih. Perakaran ini berguna untuk menyerap media air yang ada di dalam tanah.

kandungan nutrisi dan gizi buah alpukat

2. Batang

Tanaman alpukat memiliki batang berbentuk bulat memanjang dengan panjang mencapai 5-10 meter, berwarna kecoklatan, memiliki perkulitan keras dan batang yang keras. Batang tanaman ini juga memiliki percabangan atau ranting yang banyak yang menyokong daun tanaman alpukat.

3. Daun

Daun tanaman ini adalah tunggal dan simetris, yang memiliki tangkai dengan panjang 1-1,5 cm. Biasanya daun ini terletak pada bagian ujung ranting, daun ini berbentuk bulat telur atau oval yang memiliki tebal hampir seperti kertas. Pangkal daun meruncing, dengan bagian tepu merata  dan juga menggulung keatas. Permukaan daun halus dengan pertulangan yang menyirip, lebar daun ini 3-10 cm dengan rata – rata panjang 10-20 cm berwarna kemerahan hingga kehijauan.

4. Bunga

Bunga alpukat termasuk bunga majemuk, yang mempunyai bentuk hampir menyerupai bintang dan memiliki kelamin ganda. Bunga ini tersusun dari beberapa malai yang muncul pada ketiak  daun atau tanting berwarna kekuningan dan kehijauan. Biasanya dalam penyerbukan bunga ini dibantu dengan angin maupun binatang yang ada disekitarnya.

5. Buah

Buah alpukat ini hampir sama dengan buah buni, memiliki bentuk bulat oval dengan panjang 10-20 cm berwarna kehijauan atau kekuningan. Buah alpukat ini juga memiliki bercak atau bintik halus berwarna keunguan, memiliki daging lunak, ketika sudah matang dan biji tunggal berwarna putih berbentuk bulat.

6. Biji

Biji buah alpukat ini berbentuk bulat oval atau telur dengan diameter 2,5-5 cm dan berwaran keputihan. Perkembangbiakan biji alpukat ini termasuk keda;am tuipe hipogeasl, yaitu perkecambahan yang tumbuh diberada didalam tanah