Selasa, November 20berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Kemangi

Nettcyber.com | kandungan nutrisi dan gizi Daun kemangi– Pada artikel berikut ini akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan gizi daun kemangi.  Dengan segudang manfaat daun kemangi yang terkandung didalamnya tentu membuat daun kemangi menjadi lebih familiar dikalangan masyarakat.

Kandungan Nutrisi dan gizi daun kemangi hd

Selain digunakan untuk bumbu masakan daun kemangi juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan pengobatan alternatif.

 

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun kemangi

Namun apakah kandungan yang terdapat didalam daun kemangi sehingga daun kemangi menjadi sangat banyak manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan Gizi per 100 gr yang terdapat pada daun kemangi:

Jenis Nutrisi / GiziKandungan
Energi46 kkal
Protein4.0 gram
Lemak0.5 gram
Karbohidrat8.9 gram
Kalsium8.9 miligram
Fosfor75 miligram
Besi2.0 miligram
Vitamin A750 RE
Vitamin B0.08 miligram
Vitamin C50 miligram
Air85 gram

Klasifikasi ilmiah Daun kemangi

Setalah kita mengetahui sejarah dan kandungan gizi dari daun kemangi maka selanjutnya akan dibahas mengnai klasifikasi ilmiah daun kemangi. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa daun kemangi dengan segenap manfaat yang sudah dikenal dari jaman dahulu. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah daun kemangi:

KingdomPlantae
DivisiMagnoliophyta
ClassisMagnoliopsida
OrdoLamiales
FamiliLamiaceae
GenusOcymum
SpesiesOcymum basilicum

 

Dari klasifikasi ilmiah tersebut dapat dilihat bahwa daun kemangimerupakan dari jenis Ocymum dengan nama spesies Ocymum basilicum. Nah berikut ini akan diulas mengenai morfologi Daun kemangisebagai berikut :

Morfologi daun kemangi

Tanaman kemangi mempunyai tinggi 60â70cm; batang halus dengan daun pada setiap ruas; daun berwarna hijau muda, bentuk oval. 3-4cm panjang, berambut halus di permukaan bagian bawah; bunganya berwarna putih, kurang menarik, tersusun dalam tandan, bila dibiarkan berbunga, maka pertumbuhan daun lebih sedikit dan tanaman cenderung cepat menua dan mati.