Senin, Maret 25berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Nutrisi dan Gizi Jahe

Nettcyber.com | kandungan nutrisi dan gizi Jahe – Pada artikel berikut ini akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan gizi jahe.  Dengan segudang manfaat jahe yang terkandung didalamnya tentu membuat jahe menjadi lebih familiar dikalangan masyarakat.

Selain digunakan untuk bumbu masakan jahe juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan pengobatan alternatif.

kandungan nutrisi dan gizi jahe

Kandungan Nutrisi dan Gizi Jahe

Namun apakah kandungan yang terdapat didalam jahe sehingga jahe menjadi sangat banyak manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan Gizi per 100 gr yang terdapat pada jahe :

Jenis Nutrisi / GiziKandungan
Kalori80kcal
Karbohidrat17,77g
Air78,89g
Protein1,82g
Gula1,7g
Serat1,7g
Lemak0,75g
Vitamin A0µg
Vitamin C5mg
Vitamin D0µg
Vitamin E0mg
Vitamin B1 (Thiamine)0,025mg
Vitamin B2 (Riboflavin)0,034mg
Vitamin B3 (Niacin)0,75mg
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,203mg
Vitamin B9 (Folat)11µg
Kalsium16mg
Zat Besi0,6mg
Magnesium43mg
Fosfor34mg
Potassium (Kalium)415mg
Sodium13mg
Seng (Zinc)0,34mg

*Sumber: USDA Nutrient database 

Baca Juga : Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Klasifikasi ilmiah Jahe

Setalah kita mengetahui sejarah dan kandungan gizi dari jahe maka selanjutnya akan dibahas mengnai klasifikasi ilmiah jahe. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jahe dengan segenap manfaat yang sudah dikenal dari jaman dahulu. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah jahe :

DivisiSpermatophyta.
Sub-divisiAngiospermae.
KelasMonocotyledoneae.
OrdoZingiberales.
FamiliZingiberaceae.
GenusZingiber.
SpeciesZingiber officinale

 

Dari klasifikasi ilmiah tersebut dapat dilihat bahwa jahe merupakan dari jenis zinger dengan nama spesies Zinger Officinale. nah berikut ini akan diulas mengenai morfologi Jahe sebagai berikut :

Morfologi jahe

Tanaman jahe merupakan tanaman tahunan, berbatang semu, dan berdiri dengan tegak dengan ketinggian mencapai 0,75 m. secara umumnya tanaman jahe terdiri dari atas akar, rimpang, batang, dauan, dan bunga.

1. Akar Jahe

Tanaman ini memiliki akar tunggal yang semakin membesar sesuai dengan pertumbuhannya atau umurnya, hingga membentuk rimpang serta tunas yang akan tumbuh menjadi tanaman baru. Akar tanaman tumbuh dari bagian rimpang sedangkan tunas tumbu dari bagian atas rimpang. Akar tanaman ini memiliki warna kecoklatan jika sudah menjadi rimpang menjadi kemerahan atau sesuai dengan variaetes.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi dan Gizi Bawang Merah

2. Batang Jahe

Tanaman jahe memiliki batang semu yang tumbuh tegak, berbentuk bulat pipih, tidak memiliki cabang  terseusun ruas, dan pelapah daun saling menutup sehingga membentuk seperti batang. Bagian luar batang licin dan mengkilap, serta banyak mengandung air, berwrna hijau pucatm bagian pangkal berwarna kemarahan.  Batang bagian bawah tanah berdagingm bernas , berbuku-buku, dan memilki struktur yang bercabang.

3. Rimpang jahe

Tanaman jahe memiliki rimpang jahe yang tidak beraturan, bagian luar di tutupi dengan daun yang terbentuk sisik tipis, tersusun melingkar. Rimpang merupakan bagian tanaman jaeh yang memiliki manfaat yang besar dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Rimpang tanaman jahe memiliki warna yang sangat bervariasi dan beragam berupa warna putih, kemerahan dan kekuningan. Tergantung dengan varietes.

4. Bunga

Tanaman jahe memiliki bunga yang terletak di bagian ketiak daun pelindung. Bentuk bungan jahe sangat bervariasi : panjang, bulat telur, lonjong, runcing atau tumpul dan lainnya. Bunga ini memiliki ukuran 2-2.5 cm dan lebar 1-1.5 cm. Bunga tanaman jaeh memiliki panjang 30 cm berbentuk spika, bungan berwrna putih kekuningan dengan bercak ungu merah.

 

Artikel Nutrisi Lainnya :

a. Kandungan Nutrisi dan Gizi Bawang Putih

b. Kandungan Nutrisi dan Gizi Jeruk Nipis

c. Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Naga

d. Kandungan Nutrisi dan Gizi Kunyit

e. Kandungan Nutrisi dan Gizi Nanas