Senin, November 19berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Nutrisi dan Gizi kopi

Nettcyber.com | kandungan nutrisi dan gizi Kopi – Pada artikel berikut ini akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan gizi kopi.  Dengan segudang manfaat kopi yang terkandung didalamnya tentu membuat kopi menjadi lebih familiar dikalangan masyarakat.

kandungan nutrisi dan gizi kopi full hd 5

Selain digunakan untuk bumbu masakan kopi juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan pengobatan alternatif.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Kopi

Namun apakah kandungan yang terdapat didalam kopi sehingga kopi menjadi sangat banyak manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan Gizi per 100 gr yang terdapat pada kopi :

jenis Nutrisi / GiziKandungan
Energi Kopi 352 kkal
Protein Kopi17,4 gr
Lemak Kopi 1,3 gr
Karbohidrat Kopi69 gr
Kalsium Kopi296 mg
Fosfor Kopi368 mg
Zat Besi 4 mg
Vitamin A Kopi0 IU
Vitamin B1 Kopi0 mg
Vitamin C Kopi0 mg

Klasifikasi ilmiah Kopi

Setalah kita mengetahui sejarah dan kandungan gizi dari kopi maka selanjutnya akan dibahas mengnai klasifikasi ilmiah kopi. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kopi dengan segenap manfaat yang sudah dikenal dari jaman dahulu. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah kopi :

KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Super Divisi Embryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
OrdoGentinales
FamilRubiaceae
GenusCoffe L.

 

Dari klasifikasi ilmiah tersebut dapat dilihat bahwa kopi merupakan dari jenis zingerberales dengan nama spesies Curcuma Longa. Nah berikut ini akan diulas mengenai morfologi Kopi sebagai berikut :

Morfologi kopi

1. Akar

Tanaman kopi termasuk tanaman berkeping dua (dikotil). Perakaran kopi Arabika relatif dalam dibandingkan dengan perakaran kopi Robusta hal tersebut menyebabkan kopi Arabika lebih tahan kekeringan dibandingkan dengan kopi Robusta (Raharjo 2012).

Baca Juga : Manfaat kopi Untuk Kesehatan 

Lebih dari 90% dari berat akar terdapat pada lapisan tanah 0-30 cm, sehingga kopi Arabika responsif terhadap kandungan bahan organik, perlakuan tanah dan persaingan gulma.

kandungan nutrisi dan gizi kopi full hd 3

Akar kopi menghendaki banyak oksigen, oleh karena itu struktur fisik tanah yang baik sangat diperlukan untuk pertumbuhan optimum kopi (Yahmadi 1972). Tanaman kopi berakar tunggang, lurus ke bawah dan kuat dengan panjang 45-50 cm. Akar tunggang tersebut terdapat 4-8 akar samping dengan panjang 1-2 m.

2. Batang

Batang yang tumbuh dari biji disebut batang pokok, beruas-ruas dan tampak jelas pada saat tanaman itu masih muda. Pada tiap ruas tumbuh sepasang daun yang berhadapan dan tumbuh dua macam cabang yaitu cabang orthotrop dan cabang plagiotrop.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Kelor 

Cabang orthotrop merupakan cabang yang tumbuh tegak lurus atau vertikal dan dapat menggantikan kedudukan batang jika batang patah atau terpotong. Cabang plagiotrop merupakan cabang atau ranting yang tumbuh horizontal.

kandungan nutrisi dan gizi kopi full hd1

Cabang tersebut merupakan cabang tempat tumbuhnya bunga atau buah. Tidak terdapat banyak perbedaan antara batang kopi Arabika dibandingkan dengan batang kopi Robusta.

3. Daun

Daun merupakan salah satu organ yang dapat digunakan untuk membedakan jenis tanaman kopi. Daun kopi umumnya berbentuk bulat seperti telur, bergaris ke samping, bergelombang, berwarna hijau pekat dan meruncing di bagian ujungnya.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Apel 

Daun tumbuh dan tersusun secara berdampingan di ketiak batang, cabang dan ranting. Sepasang daun terletak di bidang yang sama di cabang dan ranting yang tumbuh mendatar.

Daun tanaman kopi Arabika bertekstur kurus memanjang, tebal, berwarna hijau kuat pekat, dan bergaris gelombang seperti talang air.

4. Bunga

Bunga kopi terbentuk pada akhir musim hujan dan akan menjadi buah hingga siap petik pada awal musim kemarau. Setelah terjadinya penyerbukan, kopi akan menghasilkan kuntum bunga.

Setiap ketiak daun menghasilkan 2-4 kelompok bunga, selanjutnya setiap kelompok bunga menghasilkan 4-6 kuntum bunga, sehingga di setiap ketiak daun menghasilkan 8-24 kuntum bunga.

Kuntum bunga kopi berukuran kecil yang tersusun dari kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, tangkai putik, dan bakal buah. Kelopak bunga berwarna hijau. Mahkota bunga terdiri atas 3-8 helai daun. Benang sari terdiri atas 5-7 helai. 4 Tangkai putik terdiri atas dua sirip berukuran kecil yang panjang.

5. Buah

Buah sebagian besar terdapat pada cabang primer dan sekunder. Waktu yang dibutuhkan bunga sampai menjadi buah masak memerlukan 9-10 bulan.

Buah kopi mentah berwarna hijau muda, kuning setelah masak dan berwarna merah atau merah tua setelah matang (ripe). Ukuran buah kurang lebih 1.5 cm x 1.0 cm dan bertangkai pendek. Buah kopi memiliki dua keping biji.

Biji tersebut memiliki dua bidang yaitu, bidang datar (perut) dan bidang cembung (punggung). Tidak semua bakal buah bisa menjadi buah sampai masak melainkan ada yang gugur setelah berumur 8-10 minggu (masa kritis) karena kelembaban tinggi atau buah mengering karena kekurangan air.

6. Biji

Bentuk biji kopi Arabika agak memanjang, bidang cembung tidak terlalu tinggi. Bagian ujung biji lebih mengkilap, tetapi jika dikeringkan berlebihan akan terlihat retak atau pecah.

Celah tengah (center cut) di bagian datar (perut) tidak lurus memanjang ke bawah, tetapi berlekuk. Biji yang sudah dipanggang (roasting) pada bagian celah tengah terlihat putih.