Rabu, April 24berita dan informasi seputar kesehatan, teknologi dan sport

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Lidah Buaya

 NettCyber.com | Kandungan Nutrisi dan gizi Lidah BuayaPada artikel berikut ini akan mengulas mengenai kandungan nutrisi dan gizi Lidah Buaya.  Dengan segudang manfaat Lidah Buaya yang terkandung didalamnya tentu membuat Lidah Buaya menjadi lebih familiar dikalangan masyarakat.

Selain sudah digunakan sejak jaman dahulu lidah buaya juga sering digunakan untuk bahan pengobatan tradisional dan pengobatan alternatif.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Lidah Buaya

Namun apakah kandungan yang terdapat didalam Lidah Buaya sehingga lidah buaya menjadi sangat banyak manfaatnya. Berikut ini adalah kandungan Gizi per 100 gr yang terdapat pada lidah buaya

 1. Kandungan Nutrisi dan Gizi Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.  Dengan kandungan gizi lidah buaya yang sangat baik tentu tidak heran jika lidah buaya sering sekali menjadi bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh dan kesehatan.  Adapun kandungan gizi lidah buaya per 100 gramnya adalah sebagai berikut :

Kandungan gizi lidah buaya per 100 gram :

·      Energi4,00 kal
·      Protein0.10 g
·      Lemak0.20 g
·      Serat0.30 g
·      Abu0.10 g
·      Kalsium85.00 mg
·      Fosfor186.00 mg
·      Besi0.80 mg
·      Vitamin C3,476 mg
·      Vitamin A4,594 iu
·      Vitamin B 10,01 mg
·      Kadar Air99,20 g

 

2. Klasifikasi ilmiah Lidah Buaya

Setalah kita mengetahui sejarah dan kandungan Lidah Buaya maka selanjutnya akan dibahas mengenai klasifikasi ilmiah Lidah Buaya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Lidah buaya dengan segenap manfaat yang sudah dikenal dari jaman dahulu. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah Lidah Buaya :

– Kingdom: Plantae
– Subkingdom: Tracheobionta
– Super Divisi: Spermatophyta
– Divisi: Magnoliophyta
– Kelas: Liliopsida
– Ordo: Asparagales
– Famili: Asphodelaceae
– Genus: Aloe
– Spesies: Aloe vera L.

 

Dari klasifikasi ilmiah tersebut dapat dilihat bahwa lidah buaya merupakan dari jenis aloe dengan nama spesies Aloe Vera L. nah berikut ini akan diulas mengenai morfologi Bawang putih sebagai berikut :

3. Morfologi Lidah Buaya

1. Batang

Batang tanaman Lidah Buaya berserat atau berkayu. Pada umumnya sangat pendek dan hampir tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam dalam tanah. Namun, ada juga beberapa species yang berbentuk pohon dengan ketinggian 3-5m. Species ini dapat dijumpai di gurun Afrika Utara dan Amerika. Melalui batang iniakan tumbuh tunas yang akan menjadi anakan.

2. Daun

Seperti halnya tanaman berkeping satu lainya, daun Lidah Buaya berbentuk tombak dengan helaian memanjang. Daunnya berdaging tebal tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin dipermukaan; serta bersifat sukulen, yakni mengandung air, getah, atau lendir yang mendominasi daun. Bagian atas daun rata dan bagian bawahnya membulat (cembung). Di daun Lidah Buaya muda dan anak (sucker) terdapat bercak berwarna hijau pucat sampai putih. Bercak ini akan hilang saat lidah buaya dewasa. Namuntidak demikian halnya dengan tanaman lidah buaya jenis kecil atau lokal. Hal ini kemungkinan disebabkan faktor genetiknya. Sepanjang tepi daun berjajar gerigi atau duri yang tumpul dan tidak berwarna.

3. Bunga

Bunga Lidah Buaya berbentuk terompet atau tabung kecil sepanjang 2-3cm, berwarna kuning sampai orange, tersusun sedikit berjungkai melingkari ujung tangkai yang menjulang keatas sepanjang sekitar 50-100cm.

4. Akar

Lidah buaya mempunyai sistem perakaran yang sangat pendek dengan akar serabut yang panjangnya bisa mencapai 30-40cm.